25 Cara Menghemat Uang yang Bisa Kamu Coba


Kamu suka boros sampai nggak bisa nabung? Berarti kamu berada di artikel yang tepat guys, karena kali ini Telkomsel bakal membahas cara menghemat uang yang bisa kamu coba. 

Sebenarnya kalau dirangkum, ada beberapa cara ini nih, yang bisa kamu coba buat menghemat uang:

Nah, kalau kamu melihat poin di atas, salah satunya adalah mencari aplikasi yang bisa membantu keuangan kamu. Urusan ini kamu nggak perlu khawatir guys, karena ada banyak banget aplikasi yagn bisa membantu kamu.

Salah satu aplikasinya adalah Telkomsel REDI. Bareng Telkomsel REDI ini, kamu bisa mengatur transaksi di semua akun-akun bank kamu cuma dari satu aplikasi. 

Hal ini bakal bikin kamu semakin mudah buat melihat pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Jadi, kamu bisa ‘rem’, nih kalau pengeluaran dirasa udah berlebihan. 

Mau tahu cara lainnya? Yuk, langsung baca dan cari tahu di bawah ini. 

Baca Juga: 7 Cara Menabung untuk Beli Rumah Sendiri Sebelum Usia 30

Cara Menghemat Uang

Nggak perlu cara yang ribet-ribet, kamu bisa mulai dari 25 cara sederhana ini buat mulai menghemat uang. 

Menghemat uang harus kamu lakukan sedini mungkin lho, agar masa tua kamu nantinya akan lebih terjamin. Nggak apa kok, mengenyampingkan kesenangan semata di masa muda demi masa depan yang lebih baik. 

Tanpa berlama-lama lagi, ini nih, beberapa cara yang bisa kamu coba:

  1. Stop Scrolling Buat Belanja Online BerlebihanKecanduan scrolling e-commerce bisa bikin kamu jadi boros, lho. Yes, setelah scrolling biasanya kamu jadi mau belanja online, ujung-ujungnya gagal menghemat, deh.  Boleh kok, belanja online, tapi tentukan skala prioritas dan kebutuhannya, ya.  
  2. Batasi Penggunaan Kartu KreditPenggunaan kartu kredit ini memang membantu banget buat hidup kita, tapi pastikan kamu udah melakukan perhitungan yang pas, ya. Jangan lupa juga batasi penggunaannya agar nggak jadi boros. 
  3. Utamakan Kebutuhan Daripada KeinginanMasih sering tergiur keinginan dibanding kebutuhan? Stop kebiasaan ini ya, guys! Coba deh, mulai beli produk yang memang kamu butuhkan agar nggak jadi sia-sia.  
  4. Membuat Skala PrioritasMembuat skala prioritas ini bisa membuat pengeluaran kamu jadi lebih terarah, lho. Dengan demikian, kamu juga bakal jadi lebih hemat, deh.  
  5. Membawa Bekal SendiriDaripada uang kamu habis buat jajan nggak jelas, coba deh, mulai membawa bekal sendiri. Lumayan banget lho, uang yang bisa kamu hemat buat jajan bila digantikan dengan bekal sendiri.  
  6. Riset Sebelum Melakukan PembelianNggak ada salahnya nih, kamu riset dan mencari tahu harga terhemat dengan produk terbaik yang bisa kamu beli. Riset terlebih dahulu ini bakal membantu kamu banget.  
  7. Usahakan Belanja dengan CashBelanja dengan cash bakal bikin kamu lebih aware terhadap jumlah pemakaian uangmu, lho. Kamu jadi bisa lebih hemat dan menghitung pengeluaran yang dilakukan dengan cash, deh.  
  8. Membuat Catatan PengeluaranKamu bisa membuat catatan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu sehingga uangmu lebih terlacak, lho.  
  9. Mencari Promo dengan Harga TerbaikBiasanya promo-promo bakal diadakan pada hari-hari khusus seperti Natal, Tahun Baru, hingga Idul Fitri. Siap-siap aja ya, guys. 
  10. Membuat List Sebelum BelanjaMembuat list sebelum belanja ini bakal bikin kamu lebih aware terhadap jumlah uang yang bakal dikeluarkan buat belanja.  
  11. Menanam Tanaman SendiriBanyak lho, tanaman hydroponic yang bisa kamu tanam sendiri dan menjadi sumber makanan. Selain fresh, kamu juga hemat! 
  12. Bekerja Paruh WaktuMau dapat penghasilan tambahan dan menambah tabungan? Kerja paruh waktu bisa kamu jadikan pilihan.  
  13. Sedia Selalu Tas KainSelain ramah lingkungan, sedia tas kain juga menghemat pengeluaranmu karena nggak perlu bayar lebih buat beli plastik. 
  14. Sisihkan Gaji Buat DitabungUsahakan buat menyisihkan gaji buat ditabung terlebih dahulu di setiap bulannya, ya. 
  15. Buat Dana DaruratNggak kalah penting, dana darurat juga bisa kamu siapkan agar lebih siap di masa depan. 
  16. Siapkan Dana PensiunNggak apa-apa lho, guys, menunda keinginan kamu buat menyimpan dana pensiun yang berguna di hari tua nanti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *