25 Cara Menghemat Listrik agar Tagihan dapat Berkurang


Tagihan listrik terus membengkak setiap bulannya? Kesal dan bingung gimana cara menghemat listrik jika ada banyak alat elektronik di rumah kita? Jangan khawatir! Ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kebutuhan listrik dan menekan tagihan listrik di rumah. 

Selain itu, ternyata dengan menghemat listrik, kita juga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida dari pembakaran energi yang tidak bersih. 

Bagaimana Cara Hemat Listrik Paling Mudah?

Menghemat listrik di rumah ternyata tidak sulit dilakukan, lho. Asalkan, kita bisa menerapkan kebiasaan baru, seperti berikut ini.

1. Gunakan listrik prabayar

Cara Menghemat Listrik dengan Listrik Prabayar

Dengan menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar ini, kamu dapat mengatur sendiri seberapa penggunaan listrik di rumahmu agar tetap hemat.

2. Matikan alat elektronik saat tidak digunakan

Menghemat listrik dengan mencabut kabel

Mematikan semua alat elektronik yang tidak digunakan di rumah merupakan cara yang sangat ampuh untuk menghemat listrik dan mengurangi tagihan secara signifikan.

Jangan biarkan peralatan elektronik kamu tetap terhubung dengan stop kontak listrik jika sudah selesai menggunakannya. Mulailah membiasakan diri untuk selalu mencabut kabel yang tidak terpakai.

3. Cabut steker pengisi daya baterai

Menghemat listrik dengan mencabut steker pengisi baterai

Siapa nih yang setelah mengisi daya baterai ponsel hingga penuh lalu membiarkan kabelnya tetap terhubung dengan stop kontak ? 

Stop melakukan hal itu ya, Ruppers! Kabel yang masih terhubung dengan stop kontak saat tidak terpakai tetap akan mengalirkan arus listrik loh. Jadi, jika ingin menghemat listrik, hindari kebiasaan ini ya.

4. Gunakan perangkat yang hemat daya atau low watt

Banyak peralatan elektronik saat ini yang sudah memiliki fitur khusus untuk menghemat penggunaan listrik, seperti pada AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Biasanya akan ada keterangan yang dapat memudahkan kamu mencari alat elektronik mana yang memiliki watt kecil atau low watt.

5. Gunakan lampu LED

Menghemat listrik dengan lampu led
Dapatkan lampu led berkualitas hanya di Ruparupa.com

Walaupun harga lampu LED sedikit lebih mahal dibandingkan yang biasa, tetapi lampu ini memiliki banyak sekali keunggulan loh.

Pemakaian lampu LED dapat menghemat listrik hingga 90 persen. Lampu LED dapat mengeluarkan cahaya yang lebih terang, dan tahan lama daripada lampu biasa. Hal ini dapat menjadi salah satu cara menghemat listrik yang efektif. 

6. Gunakan lampu seperlunya

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan tagihan listrik adalah menyalakan lampu di siang hari atau saat tidak berada di rumah. 

Di siang hari, akan lebih baik jika mematikan lampu-lampu di rumah dan memanfaatkan sinar atau cahaya matahari yang masuk.

7. Gunakan kipas angin

Kipas angin membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan AC, sehingga dapat menjadi salah satu solusi jika merasa panas di suatu ruangan, tetapi ingin tetap menghemat listrik.

Berikut ini kami punya rekomendasi kipas angin yang bisa kamu gunakan.

Kris Kipas Angin 3 In 1 40 Cm
Kris Kipas Angin 3 In 1 40 Cm beli di Ruparupa.com

Beli di sini

8. Maksimalkan pintu dan jendela

menghemat listrik dengan Cahaya dari jendela
Sumber : unsplash.com

Semakin banyak udara dan cahaya yang masuk melalui pintu atau jendela tentunya akan membantu kamu untuk menghemat listrik, khususnya di siang hari.

Sinar matahari yang masuk melalui pintu ataupun jendela akan cukup untuk menerangi rumahmu, sehingga tidak perlu menyalakan lampu lagi. Selain itu, dengan banyaknya ventilasi udara yang ada, rumahmu akan menjadi lebih sejuk.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *