Intip 8 Cara Hemat Uang Bagi Kamu yang Boros


Banyak dari kita merasa sulit dalam mengelola keuangan, terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa. Apalagi, semakin bertambahnya usia, maka makin besar pula pengeluaran yang harus dikeluarkan. 

Tak hanya memikirkan biaya untuk kebutuhan pokok saja, tidak bisa dipungkiri sebagai manusia yang bersosialisasi, kita juga harus menyisihkan sedikit uang guna memenuhi gaya hidup.

Selain itu, naiknya harga kebutuhan pokok yang tidak menentu juga menjadi salah satu alasan besarnya pengeluaran.

Advertisement

Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menahan keinginan agar bisa tetap menabung guna keperluan lainnya dengan cara belajar menghemat uang.

Dari hal sederhana yaitu dengan menyisihkan uang, kemudian gunakan dengan bijak dan jelas pengeluarannya agar tetap terkendali.

Melansir laman Regions.com, Kamis (3/11/22) berikut tips yang dapat dicoba untuk menghemat uang kamu agar tidak ada lagi pengeluaran berlebih dan bisa menabung:

1. Hilangkan Kebiasaan Utang

Tips pertama jika kamu mencoba menghemat uang tetapi masih menanggung beban utang yang besar, maka mulailah dengan utang.

Jika ragu, kamu bisa mencoba hitung berapa besar biaya yang dikeluarkan setiap bulannya untuk membayar utang. Kamu pun bisa lihat berapa besar pengeluaran utangmu.

Kemudian, setelah bebas membayar bunga utang, maka uang itu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tabungan.

2. Tetapkan Tujuan Tabungan

Lalu, salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah kamu harus menentukan tujuan tabungan yang dibuat.

Dengan begitu, maka kamu bisa ingat selalu apa tujuan menabung dan membuang jauh-jauh hal-hal yang mungkin membuatmu lupa untuk menyisihkan uang. 

Kamu juga bisa membuat motivasi diri dengan tetapkan target menabung beserta timeline agar lebih mudah menabung.

Misalkan ingin membeli rumah dalam tiga tahun dengan uang muka 20 persen, maka sekarang kamu memiliki target dan tahu apa yang perlu disimpan setiap bulan untuk mencapai tujuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman


Memotong Uang Otomatis hingga Liburan Singkat

3. Memotong Uang Otomatis

Cara lainnya adalah dengan menyiapkan debet otomatis ke rekening khusus tabungan kamu saat gajian tiba setiap bulannya. Berapa pun besarannya, kamu harus menyisihkan uang.

Jangan sampai kamu tidak menyisihkan uang tersebut agar tabungan jangka panjang tetap berjalan lancar.

4. Berhenti Merokok

Bagi kamu yang merokok, bisa mulai mengurangi. Mengingat susahnya langsung berhenti merokok, maka kamu dapat mengurangi intensitasnya.

Misalnya kamu bisa menghabiskan satu bungkus rokok dalam satu hari, maka cobalah menjadi dua hari. Dengan begitu, kamu pun perlahan bisa menyisihkan uang rokokmu untuk menjadi tabungan.

5. Luangkan Waktu Untuk Staycation

Istilah staycation belakangan ini marak terdengar. Staycation sendiri berarti menginap di hotel atau villa untuk liburan tapi tidak pergi kemana-mana.

Daripada mengeluarkan uang banyak untuk naik pesawat dan liburan jauh ke luar kota, kamu bisa memanfaatkannya dengan staycation di kotamu saja. Liburan singkat yang menyenangkan, bisa membuat pikiran jernih kembali.


Membawa Bekal hingga Anggaran Keuangan

6. Bawa Bekal Sendiri

Tips penghematan uang lainnya adalah dengan membawa bekal makan kamu sendiri, baik itu yang masih sekolah, kuliah, atau pun sudah bekerja.

Sebagai contoh, jika kamu bisa menghabiskan Rp50.000 untuk beli makan siang, dengan membawa bekal sendiri, kamu mungkin akan mengeluarkan uang lebih sedikit.

7. Buat Akun Berbunga

Bagi kebanyakan dari kita, menjaga tabungan terpisah dari rekening giro dapat membantu kamu mengurangi kecenderungan untuk meminjam dari tabungan dari waktu ke waktu.

Jika ingin tabungan bersifat jangka panjang, kamu bisa simpan uang di deposito. Deposito tersebut dibuat berjangka dan tidak akan bisa kamu ambil sebelum waktunya.

8. Buat Anggaran Pengeluaran

Jika ingin benar-benar tertata, kamu bisa membuat anggaran pendapatan dan pengeluaran kamu dalam jangka panjang sekaligus.

Dengan begitu, akan terlihat jelas berapa uang yang kamu butuhkan untuk keperluan, memenuhi gaya hidup, maupun menabung.

4 dari 4 halaman


Alasan Penting Menabung

Menabung merupakan salah satu alternatif agar kamu selalu memiliki uang untuk disimpan yang digunakan untuk keadaan darurat atau bekal masa depan.

Melansir dari laman MyMoneyCoach, berikut sederet alasan mengapa kamu harus menabung:

1. Mandiri Secara Finansial

Advertisement

2. Membeli Barang Sesuai Pilihan

3. Beli Rumah

4. Beli Mobil

5. Keluar dari Utang

6. Bisa Kehilangan Pekerjaan Kapan Pun

7. Memiliki Kehidupan yang Baik


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *