10 Tips Belanja Bulanan Hemat, Kantong Jadi Gak Ambyar!


1. Buat Daftar Belanjaan Terlebih Dahulu

Agar bisa menghemat pengeluaran untuk kebutuhan belanja bulanan, Sayurfriends baiknya buat daftar belanjaan terlebih dahulu. Catat apa saja barang kebutuhan pokok dan barang kebutuhan bulanan lainnya. Dengan adanya catatan daftar belanjaan ini, Sayurfriends bisa terhindar dari kebiasaan membeli barang di luar kebutuhan, akibat lapar mata karena barang diskon dan sebagainya.

Tak hanya menghindarkan dari perilaku belanja konsumtif, membuat daftar belanjaan juga bisa membantu Sayurfriends dalam hal alokasi dana belanja bulanan. Jika misalnya alokasi dana kurang, Sayurfriends bisa keluarkan barang yang tak begitu urgent untuk dibeli atau memang masih ada stoknya di rumah. Dengan begini, belanja bulanan pun tak akan melebihi bujet yang disediakan.

2. Pilih Tempat Belanja yang Tepat

Jika ingin hemat bujet belanja bulanan, maka selisih harga di tempat Sayurfriends belanja harus menjadi perhatian. Pilihlah tempat belanja yang menawarkan harga terbaik, dengan kualitas barang yang sama bagusnya. Meskipun selisih harga untuk 1 barang sedikit, bayangkan berapa banyaknya jika selisih untuk semua barang yang dibeli tersebut dijumlahkan nantinya.

Ada banyak memang opsi tempat belanja di luar sana, mulai dari pasar tradisional, swalayan, minimarket, dan lain sebagainya. Nah, cermatlah memilih tempat belanja tersebut. Bagi barang-barang kebutuhan pokok bahan dapur misalnya, umumnya akan dijual dengan harga yang lebih murah di pasar tradisional jika dibandingkan dengan di minimarket atau supermarket.

3. Beli Barang yang Sedang Diskon

Barang diskon memang layak menjadi incaran saat belanja bulanan. Kecil atau besarnya potongan harga yang diberikan, tetap saja membuat Sayurfriends bisa menghemat sejumlah uang dari bujet semula yang dialokasikan. Oleh sebab itu, gak ada salahnya jika Sayurfriends belanja saat tempat belanja langganan memberikan diskon untuk barang yang dijualnya.

4. Manfaatkan Kartu Keanggotaan atau Member Card

Umumnya, tempat belanja yang terbilang cukup besar seperti swalayan atau minimarket, akan menawarkan member card bagi para pembelinya. Pemilik member card ini akan memperoleh beberapa privilege dibandingkan dengan yang tak memilikinya. Keuntungannya terbilang beragam sih, ada yang berupa potongan harga khusus anggota, hingga loyalty point.

Dengan adanya keuntungan yang diberikan melalui member card ini, pastikan Sayurfriends selalu membawanya saat belanja bulanan. Meskipun potongan harganya sedikit, tetap saja bakal bisa membuat Sayurfriends jadi lebih hemat. Bahkan jika loyalty point sudah mencukupi, bisa ditukar dengan barang atau produk tertentu, yang mana artinya Sayurfriends memperolehnya gratis.

5. Jangan Tergiur dengan Merek

Tips belanja bulanan hemat selanjutnya adalah dengan tidak mudah tergiur akan merek ternama suatu produk. Jika memang ada produk lain dari brand berbeda, namun memiliki kualitas yang sama dengan harga yang lebih murah dibanding dengan produk dari merek ternama, lebih baik pilih produk dari brand tersebut. Merek gak selalu jadi jaminan kualitas produk, loh!

6. Beri Barang Grosiran

Agar bujet belanja bulanan Sayurfriends bisa dihemat, Sayurfriends bisa coba belanja barang grosiran atau dalam jumlah banyak. Dibandingkan dengan barang yang dijual secara eceran, harga satuan barang yang dijual grosiran biasanya terbilang lebih murah. Tips satu ini bisa Sayurfriends aplikasikan saat membeli kebutuhan seperti bahan dapur, sampo, sabun, dan detergen.

7. Manfaatkan E-Wallet

Tips belanja bulanan hemat selanjutnya adalah membayar belanjaan dengan e-wallet. Dewasa ini, sudah banyak tempat perbelanjaan yang menerima pembayaran e-wallet, di samping pembayaran tunai, dengan kartu debit atau kredit. Biasanya, e-wallet menghadirkan promo khusus saat digunakan untuk membayar belanjaan, seperti diskon dan cashback.

8. Gunakan Kupon atau Voucher Belanja

Jangan biarkan kupon belanja yang Sayurfriends miliki terbuang sia-sia begitu saja. Manfaatkan kupon belanja tersebut untuk menghemat bujet yang dikeluarkan nanti saat belanja bulanan. Kupon belanja ini sendiri biasanya bisa didapatkan dari koran atau majalan, serta tersedia juga di beberapa laman situs resmi supermarket tertentu.

Baca juga: 7 Tips Bikin Scrambled Egg Enak dan Anti Gagal untuk Sarapan

9. Makan Dulu Sebelum Belanja

Percaya deh, belanja bulanan dalam kondisi perut kosong bakal membuat pengeluaran jadi bertambah. Jika tak mampir di warung atau restoran, biasanya makanan ringan atau siap saji menjadi incaran saat tengah atau sesuai berbelanja. Nah, untuk menghindari hal ini, biasakanlah untuk makan atau mengisi perut dulu hingga kenyang sebelum mulai belanja bulanan.

10. Belanja Sendirian

Belanja sendirian tak hanya menghemat waktu karena sudah memiliki daftar belanjaan di tangan, tapi juga menghindari pembelian barang di luar daftar belanjaan tersebut. Jika membawa si buah hati belanja misalnya, pasti ada saja jajanan atau mainan yang menggodanya, sehingga Sayurfriends akan sulit untuk menolaknya. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, belanjalah sendirian.

Nah, itulah tadi 10 tips belanja bulanan hemat yang bisa Sayurfriends terapkan di belanja bulanan selanjutnya. Biasakanlah untuk membuat daftar dan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, alih-alih tergoda membelinya karena lapar mata. Jika misalnya bujet belanja bulanan berlebih, Sayurfriends bisa alokasikan sisa bujet belanja bulanan untuk tabungan atau dana darurat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *