6 Tips Travelling Hemat Ala Mahasiswa Masa Kini

Apakah kamu seorang traveller? Perjalanan memang menyenangkan, terlebih untuk kegiatan refreshing dari kegiatan sehari-hari. Para mahasiswa umumnya menjelajah wisata hits untuk meredam penat. Kepenatan dapat diakhiri dengan mengunjungi beragam spot menarik. Mengenai bujet, banyak tips travelling hemat ala mahasiswa masa kini agar kamu tak perlu cemas.

1. Membuat Pos Dana
Bepergian ke suatu tempat sudah pasti membutuhkan dana. Persiapan bujet untuk travelling harusnya sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Dana yang disiapkan juga harus terukur, jangan asal pakai. Agar efisien dalam pemakaian dana travelling, kamu harus membuat pos dana untuk berbagai keperluan liburan. Tentukan juga range dana yang dibutuhkan.

Urutan kebutuhan dalam pos dana ini juga harus disesuaikan dengan dana yang tersedia agar pemakaiannya dapat menyeluruh. Sesuaikan jenis pengeluaran dengan jenis biaya yang dibutuhkan. Utamakan mendahulukan biaya transportasi, konsumsi, tiket objek wisata, akomodasi, dan bujet untuk keperluan lain seperti buah tangan, biaya parkir, sewa perlengkapan, dll.

2. Menggunakan Paket Wisata
Pemakaian paket wisata tentu dapat menekan biaya travelling. Kamu dapat memilih paket wisata yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Pilihlah paket dengan spot wisata yang kamu inginkan dan biayanya sesuai dengan pos dana. Umumnya, paket wisata memuat objek wisata, waktu, transportasi, dan akomodasi jika menginap.

Dengan memakai paket wisata, semua keperluan tersebut sudah diperhitungkan. Pemesanan dalam bentuk paket juga lebih murah karena sepaket perjalanan dan menggunakan satu pihak jasa. Perjalanan jadi lebih efektif dari segi waktu dan biaya.

3. Travelling Bersama
Selain lebih seru, ide travelling bersama akan menekan biaya pengeluaran. Biaya perjalanan akan lebih murah jika pergi bersama rombongan. Tiket masuk juga lebih murah karena terdapat diskon. Transportasi juga lebih murah karena dana yang tersedia untuk menyewa kendaraan lebih memadai. Pemilihan paket wisata meliputi konsumsi juga tersedia yang lebih murah jika bersama.

4. Membawa Bekal Makanan dan Minuman
Persiapan travelling tidak bisa tergesa-gesa, terutama jika pergi ke luar kota, bahkan ke luar negeri. Persiapan harus dilakukan secara matang, termasuk konsumsi. Berdasarkan tips travelling hemat, membawa bekal makanan dan minuman saat travelling akan menekan pengeluaran dari segi konsumsi. Kamu bisa membawa aneka camilan dan minuman selama liburan.

Baca Juga :

5. Memanfaatkan Tawaran Promo
Penawaran promo juga harus dimanfaatkan untuk menekan biaya liburan. Kamu dapat memanfaatkan promo yang ditawarkan seperti tiket masuk tempat wisata, biaya transportasi, dan biaya akomodasi.

Pengeluaran juga lebih kecil jika kamu menggunakan jasa tour untuk mendapatkan promo paket wisata. Inilah yang biasa dilakukan mahasiswa masa kini demi liburan hemat. Promo tersebut pada umumnya berupa potongan harga dan gratis pembelian.

Baca Juga :

6. Tidak Menginap di Hotel
Penginapan atau akomodasi merupakan suatu hal yang perlu dipikirkan jika ingin travelling untuk beberapa hari dan memang harus menginap. Biaya penginapan ini merupakan salah satu hal yang mempunyai pos dana yang lebih besar dibandingkan lainnya.

Jika ingin berhemat, menginaplah di tempat selain hotel. Umumnya, mahasiswa memilih menginap di homestay yang biayanya jauh lebih murah dibandingkan hotel. Meski memilih biaya yang murah, tetaplah memperhatikan kelayakan fasilitas yang disediakan.

Berbagai tips tersebut sangat efektif untuk diterapkan. Kamu dapat menghemat bujet demi lancarnya kegiatan travelling. Berwisata ke berbagai spot wisata bisa dilakukan dengan penghematan pengeluaran, seperti konsumsi, transportasi, akomodasi, dan tiket masuk. Kamu juga harus membuat range dalam pos dana. Semua itu adalah tips travelling hemat yang menyeluruh.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *