Tips Menjawab Pertanyaan Jebakan saat Interview

Pertanyaan interview kerja sangat sulit untuk diprediksi dan bisa bersifat menjebak. Anda harus sangat berhati-hati memilih jawaban ketika menjalani interview. Pertanyaan yang sepertinya sederhana bisa saja ternyata menjadi sebuah jebakan bagi Anda. Berikut adalah beberapa tips menjawab pertanyaan jebakan saat interview.

1. Pertanyaan tentang Gambaran Diri

Salah satu pertanyaan yang biasanya muncul saat interview kerja adalah pertanyaan tentang diri sendiri. Anda biasanya akan ditanya seperti apakah diri Anda? Anda akan diminta menunjukkan gambaran diri Anda. Pertanyaan semacam ini sebaiknya dijawab dengan singkat dan tepat sasaran.

Anda melamar pekerjaan untuk posisi tertentu. Coba cari tahu karakter seperti apa yang dibutuhkan untuk diterima di posisi tersebut. Sebutkan karakter diri Anda secara singkat seperti jujur, pekerja keras, tepat waktu, dan lain sebagainya. Namun, pastikan karakter yang Anda sebutkan ini benar-benar ada pada diri Anda.

2. Pertanyaan tentang Perusahaan

Salah satu contoh pertanyaan interview kerja yang mungkin muncul adalah apa yang Anda tahu tentang perusahaan tersebut. Pertanyaan ini diberikan untuk mengukur seberapa jauh Anda mengenal perusahaan ini. Pastikan Anda menyebutkan semua sisi positif dari perusahaan tersebut.

Saat menjawab pertanyaan ini, bicarakan hal-hal baik tentang perusahaan. Anda juga bisa menyebutkan semua keunggulan perusahaan. Jangan pernah membandingkan perusahaan tersebut dengan perusahaan yang lain.

3. Alasan Melamar di Perusahaan

Anda pasti akan ditanya alasan Anda melamar di perusahaan tersebut. Anda harus menyebutkan alasan terkuat Anda ingin bekerja di perusahaan yang Anda lamar ini. Pertanyaan ini bisa bersifat menjebak dan Anda harus memikirkan jawabannya dengan sangat hati-hati.

Sebaiknya, jawab pertanyaan ini dengan penjelasan mengenai keahlian yang Anda miliki. Katakan bahwa Anda ingin keahlian serta kemampuan Anda itu bisa memberi manfaat bagi perusahaan yang bersangkutan. Ungkapkan juga bahwa Anda memiliki passion di bidang pekerjaan yang anda lamar.

4. Pertanyaan tentang Keputusan Berhenti Kerja

Saat interview kerja, Anda mungkin akan ditanya mengapa berhenti bekerja di perusahaan sebelumnya. Pertanyaan ini bisa saja menjebak Anda. Anda mungkin akan menceritakan alasan pribadi Anda berhenti bekerja. Misalnya, karena sudah tidak cocok dengan lingkungan kerja. Jawaban seperti ini tidak sebaiknya Anda katakan.

Jika Anda ditanya tentang alasan berhenti kerja, jawablah dengan alasan yang bersifat profesional. Pastikan Anda tidak memperlihatkan alasan pribadi dan tidak menunjukkan adanya konflik dengan perusahaan sebelumnya. Sebut saja alasan Anda berhenti karena posisi di perusahaan sebelumnya kurang mendukung passion Anda.

5. Pertanyaan Gaji

Salah satu pertanyaan interview kerja yang seringkali muncul dan cukup sulit untuk dijawab adalah tentang gaji. Anda akan ditanya berapa gaji yang Anda harapkan jika bekerja di perusahaan tersebut. Tentu saja Anda tidak bisa memberi jawaban yang asal-asalan.

Sebelum mengikuti interview, coba cari tahu dulu berapa standar gaji di perusahaan yang akan Anda lamar. Anda perlu memperhitungkan banyak hal supaya bisa mengajukan ekspektasi gaji yang rasional. Katakan saja ekspektasi gaji Anda namun pastikan besarnya gaji tersebut masih standar perusahaan.

6. Pertanyaan tentang Kelemahan Diri Sendiri

Pada saat interview kerja, Anda pasti akan ditanya soal kelemahan diri Anda. Anda akan diminta untuk menyebutkan apa saja yang menjadi kelemahan Anda. Pertanyaan ini tentu sangat menjebak karena Anda diminta menyebutkan kelemahan yang seharusnya menjadi rahasia Anda.

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh Anda memahami batasan kemampuan diri sendiri. Jangan menjawab Anda tidak tahu apa kelemahan Anda. Sebutkan saja apa yang menjadi kelemahan Anda. Sebutkan juga bagaimana Anda mengetahui kelemahan tersebut dan apa yang dilakukan untuk mengatasinya.

Baca Juga :

7. Pertanyaan tentang Harapan dan Pengabdian Jika Diterima

Anda juga mungkin akan mendapat pertanyaan tentang harapan Anda jika berhasil diterima. Kira-kira apa yang Anda inginkan dari perusahaan dan apa yang akan Anda berikan jika diterima bekerja. Pertanyaan ini bisa menjebak Anda jadi pikirkan baik-baik jawaban Anda.

Jika Anda ditanya apa yang Anda inginkan dari perusahaan, maka jawablah Anda ingin lingkungan kerja yang positif. Jangan menyebutkan fasilitas, gaji, atau tunjangan. Selain itu, katakan bahwa Anda akan memberikan kemampuan terbaik Anda kepada perusahaan.

8. Pertanyaan tentang Cara Bertahan di Tengah Tekanan

Sibuk bekerja bisa membuat Anda merasa tertekan. Banyak tekanan yang bisa Anda rasakan saat bekerja. Mulai dari tekanan karena harus lembur, tekanan mendapat tugas baru, dan lain sebagainya. Biasanya Anda akan ditanya seperti apa cara Anda mengatasi perasaan tertekan ini.

Pastikan Anda menjawab dengan jelas apa saja yang akan dilakukan dalam menghadapi tekanan. Jawaban ini akan menunjukkan sebaik apa Anda bisa mengatasi masalah pada diri Anda sendiri.

Itulah tadi beberapa contoh pertanyaan interview yang bersifat menjebak bagi Anda. Pastikan Anda berhati-hati dan berpikir dulu sebelum memberi jawaban. Jangan sampai tergesa-gesa dan memberi jawaban yang malah menjatuhkan diri Anda sendiri.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *