6 Tips Memilih Smartphone Murah Tapi Berkualitas

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan semua orang, tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi smartphone juga berguna untuk bisnis dan mendapatkan uang. Sekarang smartphone punya banyak jenis, bahkan harganya juga beda-beda, ada smartphone yang mahal, ada juga smartphone murah.

Nah, semuanya tergantung bagaimana cara anda memilih smartphone tersebut, karena harga smartphone tidak melulu menentukan kualitas. Lalu bagaimana tips memilih smartphone murah tapi berkualitas bagus? Yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Merk Smartphone
Anda harus tahu bahwa smartphone dengan harga yang sama tidak selalu memiliki spesifikasi sama pula. Kenapa begitu? Karena memang smartphone tersebut dikuasai oleh merk tertentu, misalnya saja smartphone merk A dengan harga 1 jutaan akan beda spesifikasinya dengan smartphone harga 1 juta merk B.

Semakin terkenal merk smartphone tersebut, maka semakin mahal harganya untuk spesifikasi tertentu. Karena itulah hal utama yang harus anda ketahui adalah memilih merk yang sekiranya terkenal murah.

2. Cek RAM
Smartphone dengan harga murah tentu saja menggiurkan, akan tetapi anda harus cek dulu berapa RAM yang dimiliki smartphone tersebut. Misalnya saja merk smartphone nya bagus, tetapi RAM nya hanya 500 MB misalnya.

Tentu saja kurang cukup cepat dan cenderung lemot kalau digunakan untuk bermain game atau lainnya. Karena itulah anda harus cek dulu RAM nya berapa? dan semakin besar kapasitas RAM nya, maka semakin cepat kinerja smartphone murah tersebut.

3. Kapasitas Penyimpanan
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini hal yang paling penting dari smartphone adalah bagaimana kapasitas penyimpanan smartphone tersebut. Makin besar kapasitas penyimpanan nya, maka makin mahal harganya.

Tetapi beberapa merk smartphone punya harga sama, tetapi kapasitas penyimpanan nya berbeda, karena itulah jika dirasa harganya murah, maka carilah yang kapasitas penyimpanan nya lebih besar, sehingga anda bisa menyimpan data dengan mudah.

4. Resolusi Kamera
Sekarang jaman nya camera, mulai dari camera depan maupun belakang harus bagus kualitasnya, bahkan camera depan lebih dibutuhkan. Karena itulah anda harus mencari smartphone yang resolusi foto yang dihasilkan itu bagus.

Cek berapa MP resolusinya, misalnya saja 13 MP untuk camera depan belakang, maka itu sudah jernih dan bagus. Jadi semakin besar MP nya, maka semakin jernih hasil foto yang bisa anda dapatkan nantinya, jadi cek dulu saja ya.

5. Memory Eksternal
Sekarang jarang orang yang menggunakan memory eksternal, tetapi jangan salah, karena jika memory internal anda hanya sedikit kapasitasnya, maka memory eksternal ini sangat anda butuhkan. Biasanya smartphone yang bagus sekarang ini sudah bisa menggunakan memory internal hingga 128 Gb.

Tentu saja pembelian memory eksternalnya juga cukup lumayan, akan tetapi smartphone yang tidak mendukung kapasitas sebesar itu tidak akan bisa dimasuki memory eksternal yang besar kapasitasnya. Karena itulah anda perlu mencari smartphone murah yang memory eksternalnya sudah mumpuni kapasitasnya.

6. Harga
Kalau bisa anda cari saja harga-harga promo yang biasanya dilakukan oleh market place, sehingga anda bisa mendapatkan harga terendah. Misalnya saja untuk jenis smartphone murah terbaru, di market place ada yang namanya flash sale, dimana harganya beda ratusan ribu dengan harga asli ketika peluncuran.

Anda bisa mengikuti promo-promo demikian agar bisa mendapatkan harga yang terjangkau, jadi meskipun smartphone murah, tetapi kualitas tidak murahan. Apalagi sekarang ini alat elektronik memang lagi naik daun dan cenderung murah harganya, jadi cari saja yang menurut anda sesuai dengan spesifikasi smartphone yang anda butuhkan, terima kasih.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557