Tips Memilih Asuransi Syariah yang Berkualitas

Saat ini produk pembiayaan keuangan berbasis syariah sedang menggeliat. Misalnya saja  properti, perbankan, hingga asuransi syariah. Bahkan, jumlah pembeli polis asuransi syariah terus bertambah setiap tahunnya. Alasan utama masyarakat banyak memilih perlindungan dengan skema syariah ini adalah karena asas dari asuransi syariah, yaitu tolong-menolong dan jauh dari riba. Salah satu contoh perusahaan asuransi syariah terbaik di Indonesia adalah Allianz. Berbagai macam produk asuransi syariah yang berkualitas dapat Anda temukan dalam situs resmi Allianz.

Bila Anda berniat membeli asuransi syariah, tentunya sebelum memutuskan menggunakan produk dan perusahaan yang mana, perlu untuk mengetahui beberapa hal penting tentang mendapatkan asuransi syariah yang berkualitas. Untuk itu, simak ulasannya berikut.

1. Ketahui Kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan memilih sebuah asuransi syariah adalah kebutuhan. Ini penting dilakukan agar Anda tidak salah memilih produk asuransi. Tentukan lebih dulu jenis perlindungan apakah  yang paling Anda butuhkan: apakah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi lainnya.

2. Produk Perusahaan Asuransi

Setiap perusahaan asuransi yang berdiri saat ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebelum memilih sebuah perusahaan asuransi, pelajari lebih dahulu mengenai kualitas pelayanan, berapa lama perusahaan tersebut bergerak di bidang syariah, bagaimana pembayaran klaim, hingga pernahkah ada kendala terkait asuransi syariah atau tidak.

3. Dewan Pengawas Syariah

Setiap perusahaan asuransi pasti mempunyai Dewan Pengawas Syariah mandiri yang mana anggotanya mengerti benar mengenai ekonomi syariah. DPS ini mempunyai tujuan untuk mengatur, mengawasi, hingga menjamin produk asuransi syariah adalah benar-benar halal dan dijalankan sesuai syariat islam.

4. Detail Akad Asuransi

Periksa dan pahami semua hal yang memiliki hubungan dengan produk asuransi. Isi akad mempunyai peranan yang penting menyangkut premi polis asuransi. Akad asuransi syariah sendiri adalah bentuk kesepakatan perjanjian asuransi syariah.

5. Kebutuhan dan Manfaat

Setiap produk asuransi mempunyai manfaat masing-masing. Pelajari dan pilihlah produk yang kiranya memiliki manfaat lebih dan memberikan keuntungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan mengetahui semua manfaat dari masing-masing produk akan membuat Anda lebih mudah dalam memilih produk yang cocok.

6. Tarif Premi

Tarif premi setiap perusahaan asuransi syariah dapat berbeda. Pilihlah perusahaan dan produk yang memiliki tarif premi wajar, kompetitif, dan yang paling penting ialah sesuai dengan kemampuan  Anda.

7. Agen Asuransi

Pilihlah agen asuransi yang sudah resmi dan banyak dipercayai oleh masyarakat. Hal ini karena agen asuransi mempunyai tugas menjembatani antara perusahaan dan nasabah. Biasanya agen asuransi yang bagus akan memberikan penjelasan secara detail mengenai semua produk asuransi perusahaan sehingga Anda benar-benar memahami yang mana paling cocok.

Itulah cara memilih asuransi syariah berkualitas. Semoga bermanfaat!

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *