Tips Hemat Biaya Nikah Tanpa Merusak Momen Acara

Pernikahan merupakan momen penting dalam hidup. Namun, besarnya biaya pernikahan membuat kita harus pandai-pandai mengatur pengeluaran. Meski demikian tak berarti biaya tersebut tidak bisa ditekan. Berikut beberapa tips hemat biaya nikah tanpa merusak momen acara.

Membatasi Jumlah Tamu Undangan

Memang benar pernikahan merupakan momen yang sangat membahagiakan, sehingga ada rasa ingin berbagi kebahagiaan tersebut ke banyak orang. Namun, perlu dipertimbangkan juga tentang biaya yang harus dikeluarkan. Semakin banyak tamu undangan maka otomatis biaya yang dibutuhkan akan semakin besar.

Oleh sebab itu, guna menghemat biaya pernikahan, sebaiknya batasilah tamu undangan. Buatlah daftar prioritas tamu seperti keluarga dan teman-teman dekat. Tips hemat biaya nikah ini memberikan dampak yang cukup signifikan, terutama pada biaya katering.

Garden Party

Acara pernikahan tidak selalu berada di dalam ruangan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat konsep pernikahan garden party. Kamu bisa menggunakan taman atau halaman milik pribadi atau kerabat untuk menampung tamu undangan. Konsep ini jarang dilakukan oleh banyak orang, sehingga akan memberikan kesan acara pernikahan yang unik dan berbeda.

Menggunakan taman atau halaman sebagai tempat acara tentu menghindarkan kamu dari biaya sewa gedung yang mahal. Namun, ketika memilih konsep ini, pastikan kamu telah melakukan perhitungan matang tentang kemungkinan yang akan terjadi. Terutama perihal cuaca yang sulit ditebak, pastikan kamu sudah menyiapkan rencana lain jika cuaca berubah.

Pangkas Pengeluaran dengan Cara Kreatif

Tips hemat biaya nikah lainnya bisa kamu lakukan dengan cara yang kreatif. Misalnya, dari pada harus menyewa fotografer, lebih baik kamu menyiapkan photo booth yang unik dan kreatif. Photo booth memberikan kesan lebih personal dan hangat dibandingkan menggunakan jasa fotografer. Biaya untuk menyewa fotografer tentu bisa kamu alokasikan untuk hal lainnya.

Buat Undangan Digital

Peran undangan dalam acara pernikahan memang penting, tapi umumnya undangan yang dicetak hanya akan terbuang percuma dan menjadi sampah. Oleh sebab itu, kamu bisa mengakali hal ini dengan menggunakan teknologi digital. Penggunaan undangan digital dapat menekan biaya pernikahan tanpa menghilangkan fungsi utama dari undangan tersebut.

Pembuatan undangan digital pun tidak terlalu sulit, kamu bisa melihat tutorial di internet atau meminta bantuan teman. Buatlah undangan sekreatif mungkin agar menarik, bahkan kamu bisa membuat undangan dalam bentuk video yang dapat memberi kesan lebih personal.

Menu Hidangan

Perihal kualitas hidangan memang tidak bisa ditawar, jangan sampai karena ingin menghemat kamu mendapatkan hidangan yang tidak enak. Meski demikian, kamu bisa menghemat biaya tersebut dengan mengatur jenis makanan apa yang hendak kamu sediakan.

Pilihlah makanan yang sekiranya disukai banyak orang dan buatlah dalam porsi kecil siap makan. Hal ini dapat mencegah makanan terbuang karena porsi yang diambil berlebih. Selain itu, konsep seperti ini juga lebih nyaman bagi tamu karena bisa menyicipi lebih banyak makanan dan kamu pun tak perlu khawatir makanan terbuang.

Baca Juga : Inilah Alasannya Mengapa Kamu Harus Menikah Setelah Lebaran

Mintalah Bantuan Teman

Tips hemat biaya nikah selanjutnya adalah dengan meminta bantuan teman. Beberapa aspek dalam pernikahan mungkin bisa kamu gantikan dengan bantuan teman, misalnya fotografer. Dibanding mengeluarkan biaya untuk menyewa fotografer profesional, mengapa tidak meminta bantuan teman, dengan begitu kamu mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya.

Itulah beberapa tips hemat biaya nikah tanpa harus mengorbankan momen pentingnya. Pastikan juga kamu membuat daftar kebutuhan serta biaya yang dibutuhkan secara detail, dengan begitu kamu bisa mengontrol biaya pernikahan atau mungkin bisa menemukan hal lain yang bisa dihemat.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557