Tips Hemat Ala Mahasiswa agar Tidak Krisis di Akhir Bulan

Mahasiswa yang belum bekerja dan memiliki pendapatan sendiri, uang saku bulanan menjadi satu-satunya sumber dana. Namun, uang saku bulanan tak selalu mencukupi kebutuhan, kerap kali uang tersebut habis sebelum waktunya. Guna menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips hemat ala mahasiswa agar uang saku tidak cepat habis.

Buat Daftar Pengeluaran

Krisis keuangan di akhir bulan yang kerap kali dialami mahasiswa umumnya disebabkan pengaturan keuangan yang kurang baik. Oleh sebab itu, ketika mendapatkan uang saku, buatlah daftar pengeluaran. Buat daftar sedetail mungkin dengan mengelompokkan pengeluaran berdasarkan kebutuhannya, seperti konsumsi, pulsa, biaya kuliah dan transport.

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan tak terduga, misalnya saja untuk fotokopi atau keperluan tak terduga lainnya. Pengaturan keuangan ini dapat membantu mencegah uang cepat habis, karena tidak ada pengeluaran yang tidak terkontrol.

Belanja Sesuai Kebutuhan

Tips hemat ala mahasiswa selanjutnya adalah usahakan hanya berbelanja sesuai kebutuhan. Kerap kali lapar mata saat berbelanja menyebabkan pengeluaran membengkak. Oleh sebab itu, sebelum pergi belanja buatlah daftar apa saja yang harus kamu beli. Usahakan juga untuk berbelanja sebulan sekali, guna terhindar dari lapar mata.

Manfaatkan juga promo yang ada di pusat perbelanjaan, misalnya beli satu gratis satu atau potongan harga yang cukup signifikan. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsanya, jika ada promo dari barang yang kamu butuhkan dan tanggal kedaluwarsanya masih lama, kamu bisa membeli lebih banyak untuk stok.

Manfaatkan KTM

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa dapat kamu manfaatkan untuk menghemat pengeluaran. Banyak sekali penawaran atau diskon bagi mahasiswa dengan syarat menunjukan KTM, mulai dari transportasi, makanan hingga hiburan.

Memasak Sendiri

Pengeluaran paling besar adalah biaya untuk konsumsi, salah satu cara meminimalisir pengeluaran ini adalah dengan memasak sendiri. Biaya yang harus kamu keluarkan ketika memasak sendiri tentu lebih kecil dibanding membeli makan setiap hari. Jika memang kamu tidak bisa memasak makanan, minimal masaklah nasi sendiri agar lebih hemat.

Jika kamu masih tinggal bersama orang tua, tak perlu malu untuk membawa bekal ke kampus. Hal ini tentu sangat membantu menghemat pengeluaran, uang yang harusnya digunakan untuk membeli makanan pun bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan lain atau di tabung.

Cermat Memilih Transportasi

Selain konsumsi, pengeluaran paling besar adalah biaya transportasi. Oleh sebab itu, tips hemat ala mahasiswa selanjutnya adalah mempertimbangkan pilihan transportasi. Jika kamu kos, usahakan memilih tempat yang tidak jauh dari kampus, sehingga biaya transportasi dapat diminimalisir.

Jika tidak, sebaiknya pertimbangkan pemilihan transportasi, kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Coba bandingkan biaya yang harus kamu keluarkan dan waktu tempuhnya, dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran tanpa harus mengganggu kegiatan kuliah.

Baca Juga :

Menabung

Tips hemat ala mahasiswa selanjutnya adalah menabung. Setiap bulan memang kamu akan mendapatkan uang saku, namun tidak berarti kamu harus menghabiskan uang saku bulan sebelumnya. Jika ada sisa uang saku, tabunglah uang tersebut untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga di kemudian hari.

Manfaatkan Fasilitas Kampus

Setiap kampus pasti memiliki fasilitas umum, mulai dari listrik, perpustakaan, fasilitas olahraga hingga Wifi. Meski terdengar sepele, Jika fasilitas ini bisa kamu manfaatkan secara maksimal dapat membuat pengeluaran kamu jauh lebih hemat.

Nah, itulah beberapa tips hemat ala mahasiswa guna menghindari krisis di akhir bulan. Jika memang uang saku kamu tidak mencukupi meski sudah dihemat sedemikian rupa, pertimbangkanlah untuk mencari pekerjaan sampingan guna meningkatkan pemasukan.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557