Tahap Perkembangan Tumbuh Kembang Anak

Tahap-tahap perkembangan anak secara umum dibagi menjadi dua yaitu tumbuh dan berkembang. Tumbuh atau growth merupakan perubahan fisik yang bisa diukur, sedangkan berkembang atau development merupakan pertambahan kemampuan fungsi tubuh serta struktur yang lebih kompleks.

Pada masa balita atau anak-anak sering dianggap sebagai periode emas, karena pertumbuhan serta perkembangannya terjadi peningkatan yang begitu pesat.

Faktor yang Memengaruhi Perkembangan serta Pertumbuhan pada Anak

Perkembangan serta pertumbuhan dipengaruhi oleh berbagai faktor baik internal maupun eksternal. Untuk faktor internal seperti usia, jenis kelamin, perbedaan ras, genetik, serta kromosom. Sedangkan untuk faktor eksternal seperti keadaan lingkungan, ekonomi, sosial, stimulasi psikologis, serta nutrisi.

Usia 0 hingga 5 tahun merupakan periode emas si kecil. Karena pada usia ini merupakan fase awal perkembangan dan pertumbuhan yang akan berpengaruh pada fase berikutnya. Tahap-tahap perkembangan anak harus diperhatikan dengan cermat supaya hasil yang diperoleh lebih optimal serta untuk mencegah terjadinya kelainan.

Dalam memberikan stimulus untuk mendukung tumbuh kembang otak anak juga akan berpengaruh pada pertumbuhan otaknya. Jika semakin banyak stimulus yang diberikan, maka jaringan otak anak juga akan terus berkembang. Sebaliknya apabila anak anda tidak pernah diberi stimulus, maka jaringan otak akan mengecil sehingga fungsi otak juga akan semakin menurun.

Perkembangan serta pertumbuhan pada anak juga dapat dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk, anda dapat memberi anak anda nutrisi yang dapat diperoleh di Nutriclub. Pemberian nutrisi juga harus memperhatikan apakah anak anda menunjukkan gejala pantangan alergi atau tidak.

Karena walau bagaimanapun kecukupan nutrisi serta gizi sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak anda. Selain untuk membantu pertumbuhan, nutrisi serta gizi yang cukup dan membiasakan memakan makanan yang baik, dapat terhindar dari obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi.

Apabila nutrisi serta gizi yang diperoleh anak kurang maka dapat berpengaruh pada perkembangan intelektual si kecil.

Salah satu pertumbuhan yang dapat dilihat pada anak usia emas yaitu pertumbuhan giginya. Umumnya si kecil telah memiliki 6 gigi pada usia 12 bulan, dan total sebanyak 20 gigi susu pada usia anak 2,5 tahun.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557