6 Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan Sibuk, Gak Menyita Waktu!

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan tak menjamin pendapatannya akan cukup untuk memenuhi kebutuhan. Makanya, banyak karyawan yang sudah sibuk sekalipun di tempat kerjanya, masih mencari kerja sampingan lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika kamu juga berada di situasi ini, kamu bisa coba untuk menjalankan usaha sampingan karyawan sibuk berikut ini.

1. Mengelola Blog atau Situs Pribadi (Blogger)

Bagi kamu yang punya hobi menulis, hobimu itu bisa kamu jadikan sebagai ladang uang, loh! Kamu bisa bebas mengekspresikan idemu di laman situs atau blog pribadi milikmu. Tema tulisanmu sama sekali tak dibatasi, boleh pengalaman pribadimu ataupun artikel informatif lainnya. Semakin banyak pengunjung yang membaca tulisanmu di blog, tentu akan semakin bagus.

Dengan jumlah pengunjung blog yang terbilang melimpah, maka kamu bisa memasang iklan di blog tersebut. Dari iklan yang terpasang inilah, kamu akan memperoleh pendapatan tambahan. Jika tulisanmu dianggap menarik oleh vendor tertentu, kamu juga akan bisa diajak kerja sama untuk memasarkan produk mereka. Terdengar asyik bukan jika kamu menjalankan hobi yang dibayar?

2. Menjadi Freelance Writer

Tak hanya menulis untuk blog pribadi, kamu yang suka menulis juga bisa memasarkan jasamu di situs penyedia jasa freelancer. Selain itu, sekarang ini juga sudah banyak situs penyedia berita atau informasi menarik dan terkini, yang bersedia membayar penulis lepas atas artikel yang ditulisnya. Jika kamu tekuni pekerjaan sampingan yang satu ini, kamu bisa dapat hingga jutaan rupiah per bulannya.

3. Mengajar Les Privat

Contoh usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya yang bisa kamu tekuni adalah mengajar les privat. Les privat tentu tidak membutuhkan bangunan khusus untuk bisa dijalankan, jumlah muridnya tak begitu banyak, serta yang penting durasinya hanya beberapa jam saja. Dengan begini, pekerjaan utamamu pun juga tak akan terganggu. Kamu bisa berikan les untuk mata pelajaran atau keterampilan.

4. Menjadi Fotografer

Usaha Sampingan Menjadi Fotografer dan Videografer

Walau kerjanya terkesan sepele, namun upah yang diberikan bagi seorang fotografer terbilang besar, loh! Nah, kamu yang punya dalam bidang memotret ini bisa menawarkan jasamu di waktu luang, misalnya saat weekend atau pun hari libur. Kamu bisa mengkhususkan jasa fotografimu misalnya untuk keperluan foto pre wedding, pernikahan, ulang tahun, serta perayaan lainnya.

5. Berjualan Camilan di Kantor

Siapa sih yang tak suka camilan? Camilan seperti gorengan terbilang laris manis saat dijajakan. Nah, jadikan ini sebagai usaha sampingan karyawan sibuk sepertimu. Buat dan jual saja camilan yang terbilang mudah dibuat dan tak membutuhkan modal yang besar. Jika diperbolehkan, kamu bisa menjual camilan tersebut pada teman sekantor atau dititip ke warung terdekat di rumah atau kantormu.

6. Menjadi Makeup Artist (MUA)

Pekerjaan sebagai MUA atau Makeup Artist saat ini memang begitu tinggi pamornya. Jasanya terutama sekali paling banyak digunakan oleh para pengantin. Honornya jangan ditanya lagi, bisa mencapai jutaan rupiah hanya untuk sekali merias saja. Pekerjaan sebagai makeup artist bisa jadi salah satu peluang usaha sampingan karyawan yang memiliki bakat lebih di bidang tata rias dan kecantikan.

Jangan jadikan kesibukan sebagai hambatan bagi kamu untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pada waktu luang yang kamu miliki, kamu bisa jadikan 6 usaha sampingan karyawan sibuk di atas, sebagai sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan harian. Siapa tahu, jika pekerjaan sampingan ini kamu tekuni, keuntungannya bahkan lebih besar dibandingkan pekerjaan utamamu kini.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557