Nambah Pendapatan, Ini 7 Rekomendasi Kerja Sampingan Karyawan Shift

Bekerja sebagai karyawan shift tentu membuatmu tak bisa menentukan waktu kerja yang tetap. Kamu tentu berpikiran akan sulit mencari pekerjaan sampingan yang waktu kerjanya tak bentrok dengan shift kerjamu yang tak beraturan. Namun faktanya tak seperti itu kok! Kamu masih bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakoni kerja sampingan karyawan shift berikut ini.

1. Membuka Toko Online

Jika kamu bingung memikirkan jenis usaha apa yang cocok dilakoni sebagai seorang karyawan shift, maka berdagang online bisa dibilang adalah pilihan terbaik. Kamu bisa menjual pakaian, tas, pernak-pernik sekolah, sepatu, dan jenis barang lainnya. Berjualan online tak akan mengganggu waktu kerjamu dan kamu bisa mulai melayani pelanggan setelah shift kerjamu selesai sepenuhnya.

Bisnis sampingan karyawan ini bisa kamu lakukan di beragam marketplace yang tersedia saat ini atau pun via media sosialmu. Bagaimana jika modal yang kamu miliki terbatas untuk memulai usaha? Tenang saja, kamu bisa memilih untuk menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu. Kamu hanya perlu memasarkan barang, tanpa perlu pusing memikirkan biaya untuk pengadaan barang.

2. Menjadi Penulis Lepas atau Freelance Writer

Usaha sampingan karyawan tanpa modal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menjadi seorang penulis lepas atau freelance writer. Saat ini, banyak sekali situs berita, khususnya berita hiburan yang memberikan komisi pada penulis yang memberikan kontribusi di situs mereka. Komisinya juga gak terbilang sedikit, loh! Kamu bisa memperoleh hingga jutaan rupiah tiap bulannya.

3. Menjual Camilan atau Menerima Pesanan Makanan

Contoh usaha sampingan untuk karyawan yang juga sangat direkomendasikan untukmu adalah menjual camilan atau makanan kecil. Kamu yang memiliki bakat memasak yang mumpuni, sangat cocok untuk melakoni usaha sampingan ini. Setelah shift kerjamu selesai, kamu bisa mulai memasak camilan yang nantinya bisa kamu jual ke sesama karyawan atau dititip ke warung terdekat.

Camilan yang akan kamu jual tak perlu harus yang menghabiskan modal besar. Kamu bisa menjual goreng-gorengan yang modal awalnya tentu masih terbilang terjangkau. Siapa tahu setelah usahamu ini berkembang, kamu bisa menerima pesanan camilan dalam jumlah yang lebih besar. Selain menyalurkan bakat yang kamu miliki, shift kerjamu di kantor pun sama sekali tak akan terusik.

Baca Juga : 4 Peluang Usaha Makanan Online yang Wajib Anda Coba

4. Membuka Les Privat

Kerja sampingan karyawan shift yang juga bisa kamu jadikan pertimbangan adalah membuka les privat. Kamu bisa memberikan les mata pelajaran ataupun keterampilan, seperti menari, menyanyi, memasak, dan lainnya, pokoknya sesuai ilmu yang kamu miliki. Tawarkan les dengan harga terjangkau dan tentunya pengaturan waktu les yang tak mengganggu shift kerjamu nantinya.

5. Mengelola Situs Pribadi atau Jadi Blogger

Pekerjaan sampingan selanjutnya yang tak akan mengganggu shift kerjamu adalah mengelola blog atau situs pribadi milikmu. Isi blog tersebut dengan artikel yang informatif dan menarik, agar traffic kunjungannya selalu mengalami peningkatan. Penghasilan dari blog yang kamu kelola nantinya bisa berasal dari iklan yang dipasang di blog tersebut atau pun kerja sama dengan vendor tertentu.

6. Membuat Konten Menarik di Media Sosial

Kreativitas yang kamu miliki dalam membuat konten bisa kamu jadikan modal untuk mendapatkan banyak pengikut di media sosial. Nah, setelah pengikutmu jumlahnya lumayan, kamu bisa menawarkan kerja sama dengan pengguna lain, untuk mengiklankan produk yang mereka jual. Misalnya, kamu bisa buka jasa paid promote di platform Instagram. Cukup iklankan dan duit pun masuk.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Usaha Sampingan Karyawan Sibuk, Gak Menyita Waktu!

7. Ojek Online

Raup penghasilan sampingan sebanyak mungkin salah satunya dengan menjadi ojek online. Setelah shift kerjamu selesai, kamu bisa mulai aktivitasmu sebagai tukang ojek. Pekerjaan sebagai ojek online saat ini memang sangat diminati, karena penghasilannya yang lumayan. Bahkan, bisa jadi upah yang kamu terima saat bekerja di kantor sekarang, kalah dibanding dengan penghasilan ngojek.

Semakin meningkatnya biaya untuk mencukupi kebutuhan harian, tentu membuatmu yang bekerja sebagai karyawan shift harus putar otak untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Kamu bisa mencoba untuk melakoni kerja sampingan karyawan shift yang direkomendasikan di atas, untuk mendapatkan tambahan pemasukan. Pekerjaannya tak berat, serta tentunya tak mengganggu jam kerjamu.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557