Ide Usaha: Pet Home Delivery, Jasa Kurir Produk-Produk Hewan Peliharaan

Konsepnya adalah kamu menjadi pengantar/kurir freelance barang-barang yang diorder orang di pet shop atau klinik hewan. Usaha ini cocok dilakukan jika daerah tempat tinggalmu mempunyai cukup banyak pet shop dan klinik hewan.

Pet shop memang ada yang mempunyai layanan delivery sendiri, tapi tetap ada celah yang bisa kamu masuki. Adakalanya karyawan mereka berhalangan kerja atau pesanan sedang banyak-banyaknya. Di situlah kamu hadir dengan layananmu.

Ini bukan usaha yang bisa menghasilkan puluhan juta per bulan memang. Tapi hasilnya bisa mencukupi kebutuhan dasarmu sehari-hari.

Katakanlah untuk setiap delivery kamu mendapatkan upah 5 ribu rupiah. Kamu setidaknya perlu 15 delivery per hari agar bisa membawa pulang kisaran 50 ribu setiap harinya, setelah dipotong biaya makan dan bensin. Kalau orderan sedang ramai jangan lupa sisihkan untuk tabungan perawatan motor.

15 order per hari memang banyak tapi itu bisa dicapai. Kamu jangan fokus melayani 1 klink atau pet shop saja. Jangkauan layananmu sebaiknya melingkupi semua pet shop dan klinik hewan yang ada di areamu.

Untuk awal, karena beroperasi sendirian, batasi layananmu pada 1-2 kecamatan saja. Seiring waktu mungkin kamu bisa kembangkan jangkauanmu, atau malah bisa merekrut orang lain untuk bergabung.

Modal Awal yang Diperlukan

Kamu harus punya motor yang cukup tangguh karena barang-barang yang kamu antar bisa berat. Misalnya ada yang order sekarung makanan kering kucing 5 kg dan pasir kucing 10 liter, itu sudah lumayan berat. Di lain waktu kamu bisa membawa kandang sekaligus dengan berkaleng-kaleng makanan hewan basah.

Sediakan juga uang secukupnya untuk membeli bensin. Idealnya kamu juga harus punya kartu nama namun brosur sederhana yang diperbanyak dengan foto kopi juga sudah bagus.

Qualifikasi yang Dibutuhkan

Pertama tentu kamu harus bisa naik motor dan punya SIM. Kedua, hapal jalan dan lokasi di area layananmu. Ketiga punya fisik yang kuat.

Awalnya mungkin kamu agak bingung menemukan alamat tujuan pengiriman yang tepat. Namun lama-lama bakal hafal karena biasanya yang membeli pet product ya orang yang itu-itu saja.

Fisik betul-betul kamu perlukan karena kamu bakal banyak mengangkat barang hingga puluhan kilo. Apalagi jika kamu harus mengantar ke apartemen di lantai 7. Memang memakai lift tapi tetap butuh mengangkat-angkat yang cukup melelahkan.

Cara Menemukan Customer

Pelanggan potensialmu adalah:

  • Pet shop.
  • Klinik hewan, biasanya juga merangkap pet shop.

Datangi mereka dan tawarkan layananmu. Yakinkan bahwa apa yang kamu lakukan akan memudahkan bisnis mereka. Bilang kalau mereka tinggal menerima order saja, kamu yang menangani pengiriman termasuk mengangkat barang-barang yang berat.

Pertama bisa jadi mereka akan menolak, tidak mengapa. Tinggalkan beberapa kartu nama atau brosurmu dan beralihlah menawarkan jasamu ke tempat lain.

Suatu saat mereka akan butuh jasamu dan mengontakmu. Jika ada pet shop atau klinik yang dalam waktu lama tidak ada kabar, datangi lagi tawarkan jasamu barangkali mereka lupa dengan apa yang dulu pernah kamu tawarkan.

Usaha ini didasari oleh kepercayaan satu sama lain. Di awal mungkin kamu harus meninggalkan jaminan uang atau hal berharga lainnya yang bisa kamu ambil jika pengiriman selesai. Saat barang sudah kamu kirimkan pun kalau memungkinkan ambil fotonya, untuk bukti laporan pengiriman.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *