Jam Tangan Anti Air Berembun, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kelembapan adalah salah satu musuh utama rusaknya barang kesayangan, misalnya saja jam tangan yang sebenarnya anti air. Jam tangan anti air berembun bukan hal yang tak mungkin. Kondisi ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cek di sini. Ketahui juga bagaimana cara mengatasinya, ya!

Penyebab Jam Tangan Anti Air Bisa Berembun

  1. Kehujanan

Salah satu penyebab jam tangan bisa berembun adalah karena kehujanan. Tinggal di negara tropis seperti di Indonesia memang susah menentukan kapan waktu hujan terus menerus dan kapan panas. Bisa saja, selama Anda berpergian dan tiba-tiba turun hujan, jam tangan Anda ikut basah karena kecipratan air hujan.

Jika dibiarkan begitu saja setelah kena air hujan, jam tangan Anda bisa berembun. Sekali sih memang biasanya belum. Tapi, kalau sudah lebih, biasanya akan terjadi. Oleh sebab itu, baiknya segera keringkan jam Anda ketika terkena air hujan.

  1. Kepanasan

Selain karena kehujanan, embun di jam tangan juga bisa terjadi karena kepanasan. Udara panas bisa menyebabkan uap air. Uap air itu bisa masuk ke jam tangan dan terperangkap di dalamnya hingga tak bisa keluar. Uap air yang terjadi akibat kepanasan ini bisa timbul karena perbedaan suhu antara suhu jam tangan dan suhu luar yang cukup timpang.

Bila biasanya jam tangan Anda berada di suhu yang cenderung dingin lalu tiba-tiba Anda membawanya ke tempat yang bersuhu panas, maka embun akan mudah terbentuk di jam tangan Anda dan menempel di kacanya. Oleh sebab itulah jam tangan anti air berembun.

  1. Terendam

Penyebab jam tangan anti air bisa berembun lainnya adalah karena terendam. Jika jam Anda tidak water resistant, ada baiknya Anda jangan menggunakan jam tersebut ke dalam air. Water resistant sendiri adalah label yang dituliskan pada bagian belakang jam tangan dan menandakan bahwa jam tangan itu dibuat dari bahan anti air.

Dengan begitu, jam tangan itu akan tetap kuat dan Anda bisa menggunakannya meski dalam keadaan basah sekalipun. Meski begitu, tidak semua merek atau tipe jam tangan water resistance memiliki kekuatan yang sama. Ada yang kuat 4 jam, 8 jam dan sebagainya. Jika terlalu lama membiarkannya terendam, maka jam juga akan berembun.

Lalu, Bagaimana Cara Menghilangkan Embunnya?

Jam tangan yang berembun memang tak akan bermasalah. Hanya saja, jelas Anda akan terganggu ketika melihat jam tersebut, kan? Lagipula, sebenarnya kalau Anda membiarkannya terlalu lama, bisa jadi umur jam tangan Anda tak bertahan lama. Oleh sebab itu Anda harus mengatasinya segera. Untuk lebih jelasnya, ini cara menghilangkannya!

  1. Jemur

Cara paling mudah menghilangkan embun di jam tangan adalah dengan menjemurnya. Maksud menjemur di sini tidak sama seperti menjemur pakaian, ya! Maksudnya adalah Anda harus menyimpan jam tangan di tempat terbuka yang sirkulasi udaranya bagus dan terkena sinar matahari meski secara tak langsung.

Tak hanya dijemur dengan cara terkena sinar matahari, namun Anda juga bisa menjemurnya di dekat perapian, di belakang kulkas, di taman belakang rumah atau tempat hangan lain yang bisa mengalirkan uap embun yang terjebak di dalam jam tangan tersebut.

  1. Bongkar Jam

Bagi yang suka bongkar-membongkar, Anda juga bisa mencoba membongkar jam tangan anti air berembun milik Anda. Tentu saja, selain dibongkar, Anda juga harus membersihkan jam tersebut. Untuk membukanya, Anda bisa memanfaatkan beberapa skrup yang ada di bagian belakang menggunakan obeng. Setelah itu, bersihkan dan jemur jam tersebut.

  1. Pakai Hair Dryer

Kalau Anda memiliki hair dryer, tak ada salahnya menggunakan benda satu ini untuk mengatasi embun yang ada di jam tangan. Namun, pastikan Anda mengatur tingkat kepanasannya dalam suhu yang paling rendah lebih dulu. Setelah itu, barulah Anda mengarahkannya ke jam.

Ingat, jangan arahkan terlalu dekat. Beri jarak setidaknya 15 cm antara keduanya agar proses pengeringan bisa berjalan dengan baik. Lakukanlah proses ini sampai embun yang ada di jam tangan tersebut terlihat mengering.

Baca Juga : Ini Cara Terbaik Merawat Kaos Sablon Agar Tahan Lama

  1. Silica Gel

Silica gel yang biasanya Anda dapatkan ketika membeli tas atau sepatu dan jam itu sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan embun yang terperangkap di dalam jam. Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan satu atau dua bungkus silica gel. Setelah itu, masukkan ke dalam toples yang ada tutupnya.

Setelah itu, tinggal masukkan jam tangan Anda yang berembun ke dalam toples yang sama tempat silica gel tersebut. Tutup rapat-rapat toplesnya dan biarkan semalaman. Esok paginya, Anda bisa melihat bahwa embun yang terperangkap di dalam jam tangan sudah hilang.

  1. Taruh di Dekat Kipas Laptop

Bila Anda tidak sedang buru-buru dalam mengeringkan embun yang ada di jam, coba manfaatkan panas yang keluar dari laptop untuk menghangatkan jam tangan Anda. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan embun yang terperangkap di jam.

Hanya saja, penggunaan cara ini memakan waktu yang jauh lebih lama bila dibandingkan dengan cara lainnya. Oleh sebab itu, cara ini hanya disarankan untuk mereka yang tak buru-buru saja.

  1. Pakai Lilin

Siapa sangka lilin juga bisa membantu mengeluarkan embun yang terperangkap di dalam jam Anda. Anda bisa memanfaatkan lilin yang ukurannya sudah pendek untuk memanasakan permukaan jam tangan Anda.

Caranya mudah saja, pertama nyalakan lilin. Setelah itu, letakkan jam tangan Anda di dekat lilin tersebut dan biarkan ia bekerja. Cara ini akan lebih cepat hasilnya bila Anda menggunakan beberapa batang lilin sekaligus untuk menghangatkan jam tangan tersebut.

  1. Pakai Beras

Sama seperti teknik menyelamatkan ponsel yang kecemplung air, Anda bisa menggunakan beras untuk menghilangkan embun yang terperangkap di dalam jam tangan Anda. Beras memiliki kemampuan menyerap air yang cukup baik meskipun Anda tak membuka tutup jam itu lebih dulu.

Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu merendam jam tangan yang berembun ke dalam tumbukan beras selama beberapa saat. Setelah itu baru diambil kembali. Lihatlah, jam tangan Anda akan terbebas dari embun.

  1. Keringkan dengan Handuk

Cara yang satu ini bisa Anda gunakan bila hujan turun terus-menerus dan Anda tak bisa menjemur atau memanaskan jam tangan tersebut. Bungkus saja jam tangan Anda dengan handuk dan letakkan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Setelah itu, simpan di udara terbuka dan hasilnya akan kelihatan keesokan harinya.

Itulah beberapa penyebab jam tangan anti air berembun dan bagaimana cara mengatasinya. Meski tak akan menyebabkan hal buruk, namun jam tangan yang berembun juga bisa mengganggu Anda ketika mau melihat waktu. Menerapkan beberapa cara di atas bisa jadi solusi yang tepat untuk menyelamatkan jam tangan Anda dan membuat Anda jadi nyaman.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557