Pembahasan Mengenai Penyakit Leukimia yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit leukemia tentunya bisa menyerang siapa saja. Namun sayangnya, belum ada kejelasan tentang penyebab pasti dari penyakit ini dan banyak yang tidak tahu tentang penyakit ini. Pada artikel ini kami akan memberikan sebuah pembahasan mengenai penyakit leukimia yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pengertian, gejala, penyebab, risiko, pencegahan dan pengobatan.

Pengertian Kanker Darah

Kanker darah atau sering disebut dengan leukemia adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk kelenjar getah bening dan sumsum tulang. Leukemia biasanya akan melibatkan sel-sel darah putih.

Gejala Kanker Darah

  • Keringat berlebihan pada malam hari.
  • Nyeri tulang atau sendi.
  • Muncul bintik-bintik merah pada kulit. 
  • Lemas atau kelelahan berkelanjutan.
  • Demam.
  • Menggigil.
  • Sakit kepala.
  • Penurunan berat badan.
  • Pembengkakan limfa noda, hati, atau limfa.
  • Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi infeksi
  • Mudah mengalami pendarahan seperti mimisan atau memar.
  • Muntah-muntah.

Penyebab Kanker Darah

Pada umumnya para ilmuwan masih belum mengetahui dengan pasti penyebab kanker darah ini. Tetapi, para ahli telah menduga bahwa perubahan dalam DNA dapat membuat sel-sel darah yang sehat menjadi kanker.

Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang dapat menjadi penyebab kanker darah. Mulai dari paparan bahan kimia berbahaya, paparan radiasi, dan infeksi virus.

Kanker juga mempunyai kecenderungan genetik. Jadi, apabila keluarga terdekat Anda, seperti orang tua, saudara kandung, nenek, atau kakek mempunyai riwayat penyakit ini, maka Anda pun berisiko memilikinya juga. 

Faktor Risiko Kanker Darah

  • Merokok.
  • Pernah mengalami pajanan pada radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia.
  • Faktor keturunan atau genetika.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker.
  • Pencegahan Kanker Darah.

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan langkah apa saja yang dapat dilakukan agar bisa mencegah kanker darah.

Pengobatan Kanker Darah

Pengobatan kanker darah dapat bergantung pada berbagai faktor, mulai dari usia, jenis leukemia, dan penyebaran yang telah terjadi. Beberapa penanganan leukemia yang pada umumnya diberikan oleh dokter mencakup:

Kemoterapi

Kemoterapi merupakan sebuah pilihan terapi paling umum untuk penyakit leukimia. Pengobatan kemoterapi ini akan menggunakan bahan-bahan kimia agar bisa membunuh sel-sel kanker darah.

Terapi Radiasi

Terapi radiasi akan menggunakan sinar-X atau sinar energi tinggi lainnya agar bisa menghancurkan sel ganas dan menghentikan pertumbuhannya. Ketika terapi radiasi sedang berlangsung, bagi pengidap akan berbaring dalam tempat tidur, kemudian peralatan yang besar akan mulai bergerak dan mengarahkan radiasi pada bagian-bagian tertentu di tubuh.

Transplantasi Sel Induk

Transplantasi sel induk atau bisa juga disebut stem cell untuk mengganti sumsum tulang yang telah rusak dengan yang sehat. Sel-sel induk yang digunakan dapat berasal dari tubuh diri sendiri atau tubuh orang lain sebagai seorang pendonor. Kemoterapi atau radioterapi, biasanya dilakukan sebagai langkah untuk persiapan sebelum akan menjalani prosedur transplantasi ini.

Terapi Biologis

Terapi biologis akan membantu sistem daya tahan tubuh bagi para pengidap leukemia agar bisa menyerang sel ganas.

Terapi Target

Terapi target bisa diberikan untuk menyerang sel ganas secara khusus. Misalnya, dengan cara menghentikan kerja dari protein tertentu pada sel ganas tersebut, yang bisa menghambat perkembangan dari penyakit.

Kapan Harus ke Dokter?

Seseorang yang merasa mempunyai tanda dan gejala dari leukemia maka disarankan untuk langsung pergi dan berdiskusi dengan dokter. Nantinya, dokter akan melakukan sebuah wawancara medis, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan. 

Nah, itulah pembahasan mengenai penyakit leukimia yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *