9 Pekerjaan Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Kamu ingin penghasilan tambahan? Meskipun sebagai karyawan yang sibuk, kamu dapat menambah penghasilan dengan melakukan pekerjaan sampingan. Soal modal, jangan cemas karena terdapat banyak pekerjaan sampingan untuk karyawan yang simpel dan minim modal. Inilah 9 jenis pekerjaan yang direkomendasikan.

1. Jual Pulsa

Bisnis berjualan pulsa merupakan jenis pekerjaan sampingan yang cocok untuk karyawan. Jenis bisnis ini sangat mudah dilakukan dan tidak perlu modal besar. Kamu tinggal perlu mempelajari caranya, mempunyai handphone untuk transaksi, dan mempunyai saldo untuk masing-masing operator. Bisnis ini tetap menjanjikan karena dibutuhkan semua orang.

2. Jasa Laundry

Nilai praktis sangat disukai oleh masyarakat modern seperti saat ini. Salah satu hal yang dicari adalah praktis dalam mencuci pakaian. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk membuka jasa laundry. Kamu bisa mengerjakannya sendiri ataupun dengan bantuan beberapa karyawan. Kamu dapat menggunakan mesin cuci.

3. Reseller

Reseller merupakan salah satu peluang usaha sampingan karyawan sibuk demi mendapat tambahan penghasilan. Pekerjaan ini juga mudah dan tak perlu modal. Kamu tinggal memasarkan produk dari suatu pihak grosir atau produsen dengan harga yang tentu saja lebih murah dan lengkap.

Setelah mendapatkan pesanan dari konsumen dan menerima uangnya, kamu membeli produknya ke pihak penyedia. Setelah itu, kemaslah produk tersebut dan berikan kepada konsumen. Apabila perlu dikirim, biaya pengirimannya atau ongkos kirim sudah langsung dibebankan kepada konsumen.

Tentu saja pekerjaan ini sangat simpel. Akan tetapi, pastikan bahwa stok barangnya memang masih tersedia. Agar aman, datalah seluruh persediaan produk yang akan kamu pasarkan. Mengenai promosinya, kamu dapat melakukannya secara offline dan online.

4. Les Privat

Pekerjaan sampingan untuk karyawan dengan modal sedikit berikutnya adalah les privat. Kamu dapat membuka jasa les privat. Kamu tak perlu modal banyak karena hanya datang ke rumah murid dan mengajarkan mata pelajaran dengan panduan buku sekolah mereka.

Agar lebih interaktif dan berkualitas, belilah beberapa buku tambahan dan melakukan pembelajaran secara online melalui aplikasi, video, dan power point. Pembelajaran secara online ini sudah banyak diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar saat ini. Digitalisasi era sudah mengajarkan anak untuk melek teknologi dan bisa menggunakan fasilitas yang ada saat ini.

5. Penulis Konten

Menjadi penulis konten merupakan peluang pekerjaan yang simpel dan sangat menarik bagi karyawan yang suka menulis. Kemampuan dalam berbahasa sangat membantu dalam melakukan pekerjaan ini. Hanya bermodalkan PC dan jaringan internet, kamu sudah bisa menulis berbagai hal sesuai pesanan klien.

Kamu dapat bergabung dengan sebuah agensi dan menerima pesanan tulisan tersebut. Cara kerjanya juga fleksibel karena memilih status freelance yang bisa dikerjakan di mana saja dengan waktu pengerjaan sesuai jadwal deadline. Pengiriman hasil tulisan juga melalui email atau Google Drive, sehingga tidak perlu pergi ke kantor.

Baca Juga : Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Menjanjikan

 

6. Jasa Ketik

Kerja sampingan karyawan shift juga banyak ragamnya. Salah satunya adalah membuka jasa ketik. Kamu bisa menjalankan bisnis ini sendiri ataupun merekrut beberapa orang untuk membantu. Bisnis ini sangat menjanjikan dan bisa menambah pendapatan karena banyak dicari orang.

Peluang yang besar tersebut mengingat digitalisasi era saat ini yang mengharuskan setiap hal untuk diketik. Dengan demikian, bisnis ini sangat potensial dan dapat berlangsung lama. Kamu dapat mengerjakan pesanan ketika tidak pergi ke kantor. Sesuaikan saja dengan jadwal bekerjamu.

7. Jasa Penerjemah

Apakah kamu pandai berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Jika punya kemampuan ini, maka kamu sudah mengantongi peluang yang luar biasa. Kesempatan menjadi penerjemah akan kamu dapatkan.

Agar bisa diposisikan sebagai pekerjaan sampingan, kamu perlu memilih penerjemah freelance. Artinya, penerimaan pekerjaan dan pengiriman hasil terjemahan dilakukan via email atau Google Drive. Jika demikian, kamu dapat bekerja di mana pun dengan kurun waktu pengerjaan sesuai permintaan klien dan kemampuanmu.

8. Endorse

Usaha sampingan tanpa modal berikutnya adalah menjadi endorser. Jika kamu adalah seorang karyawan hits dengan jumlah follower Instagram yang cukup banyak, maka dapat membuka jasa endorser. Kamu bisa mencoba peruntungan ini di sela-sela kesibukanmu bekerja.

Peluang menjadi endorser ini sangat besar karena banyak pihak yang membutuhkan konten pemasaran online dengan seorang model yang dapat menarik minat calon konsumen. Kamu hanya perlu kuota internet untuk menjalankan bisnis ini. Jadi, sembari digunakan untuk keperluan pribadi dan pekerjaan, kuota internet dapat sekaligus digunakan untuk update iklan produk milik klien.

9. Jual Foto di Internet

Bisnis yang belum pernah kamu bayangkan ini sangat menjanjikan dan bisa menambah pundi-pundi uangmu. Berjualan foto di internet tentu saja ada komisinya. Kamu yang ahli memotret dan menyukai bidang fotografi ini dapat mencoba peluang potensial ini.

Sudah tersedia portal online yang dapat membayar foto yang kamu kirimkan jika memang layak. Kirimkan saja hasil fotomu ke beberapa situs penjualan foto, misalnya shutterstock.com dan istockphoto.com.

Tak hanya simpel dan minim modal, berbagai jenis pekerjaan di atas terbilang menjanjikan. Itu sebabnya mengapa sangat tepat dijadikan pekerjaan sampingan untuk karyawan. Untuk menjaga agar tetap berkelanjutan, kamu harus pandai mengatur waktu dan menjalin relasi dengan berbagai pihak. Tingkatkan terus kualitas produk dan pelayanan agar konsumen puas dan percaya.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557