5 Pekerjaan Sampingan Online Sesuai Keahlian

Tidak semua orang memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keahlian atau jurusan kuliah. Perkembangan ekonomi yang terus berubah sepanjang waktu memaksa orang untuk terus melakukan upgrade diri. Kalau Anda tidak mengikuti perkembangan teknologi, kemungkinan Anda mengalami ketinggalan jaman sangat besar. Tak perlu khawatir dengan ketersediaan lapangan pekerjaan kalau Anda memiliki keahlian yang mumpuni. Ada banyak pekerjaan sampingan online yang menunggu kemampuan Anda berikut ini.

1. Penulis lepas

Jika Anda memiliki jadwal kerja di kantor mulai pagi sampai sore hari, mungkin wajib selektif memilih pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan di rumah. Bagi karyawan atau mahasiswa aktif yang memiliki kemampuan menulis, Anda bisa mencoba pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas.

Ada banyak situs, website atau blog yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk konten yang sesuai bidang keahlian, misalnya artikel mengenai keuangan, gaya hidup, berita update, olahraga, dan lain-lain.

2. Menjadi blogger dan Youtuber

Anda suka menulis yang bisa menghasilkan uang lebih banyak, kenapa tidak mencoba membuat blog sendiri? Ya, memiliki blog merupakan pekerjaan sampingan online yang bisa menghasilkan uang karena sistem monetisasi blog. Jadi, pastikan Anda membuat blog dengan konten yang mampu menarik minat pengunjung.

Semakin banyak kunjungan setiap hari di postingan blog Anda, semakin besar peluang melakukan monetisasi. Atur waktu untuk mengunggah tulisan bermanfaat agar Anda tidak dikira melakukan spamming.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang membuka channel Youtube sendiri. Dengan memaksimalkan konten video yang berkualitas sesuai tren, Anda bisa meraih banyak uang dari iklan yang terpasang.

Pastikan dulu Anda memang memiliki kemampuan membuat video menarik dari segi audio dan visual. Siapa tahu Anda bisa kaya seperti para Youtuber terkenal seperti Ria Ricis, Baim Wong, Raditya Dika, dan masih banyak Youtuber lain yang berpenghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah.

3. Jasa Desain grafis

Dewasa ini, desain grafis merupakan kemampuan yang akan memberikan pundi rupiah lebih banyak. Anda bisa membuka layanan jasa sendiri atau bergabung pada agen desain grafis. Dapatkan pekerjaan dari klien untuk membuat desain sampul buku, desain kaos, desain website, dan lain-lain. Jika Anda masih ragu mencoba kemampuan diri, coba saja unggah karya Anda di situs terkenal seperti Shutterstock yang tidak memungut biaya alias gratis.

4. Penerjemah dan Proofreader

Pekerjaan sampingan online sebagai penerjemah dan proofreader membutuhkan jasa tenaga kerja part time yang memiliki kemampuan. Bagi Anda yang kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra, kenapa tidak mencoba potensi pekerjaan sampingan ini? Semakin bagus hasil pengerjaan Anda, maka semakin besar peluang sukses meraih uang dari internet saja.

Baca Juga : Cari Kerja Sampingan yang Bisa Dikerjakan di Rumah? Ini Rekomendasinya!

5. Bisnis Online Shop

Persaingan bisnis online shop memang semakin ketat, tetapi potensi pasar masih terbuka lebar. Anda hanya perlu menyiapkan strategi pemasaran yang menarik agar bisa menarik minat pelanggan. Jika dana yang Anda miliki terbatas, pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online adalah online shop.

Tentukan jenis produk atau layanan jasa yang ingin Anda tawarkan pada pelanggan setia. Anda hanya perlu memilih untuk menjadi dropship atau reseller sesuai dengan kebutuhan. Anda harus tahu bahwa dua sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa jenis pekerjaan sampingan online untuk orang yang mengaku sangat sibuk di atas bisa menjadi pilihan tersendiri. Memilih pekerjaan yang sesuai keahlian bisa membantu Anda merasa bahagia dan senang melakoni dua hal sekaligus. Yuk, selalu tantang diri sendiri untuk mempelajari keahlian yang bisa memberikan dampak positif untuk orang lain!

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *