Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Menjanjikan

Tidak memungkiri, hampir setiap orang membutuhkan pendapatan tambahan untuk memenuhi kebutuhan yang semakin banyak. Pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah menjadi solusi tepat untukmu yang ingin menambah pendapatan. Kamu tak perlu ngantor dan bisa melakukannya dengan lebih santai ini juga cukup menjanjikan.

10 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan di Rumah

1. Berjualan Pulsa

Bisnis jual pulsa sudah diminati banyak orang sejak lama. Meskipun demikian, bisnis ini tak ada matinya. Kamu dapat menjual pulsa sebagai pekerjaan sampingan karena modalnya juga tidak banyak. Kamu dapat mempromosikan bisnis ini kepada keluarga, tetangga, teman, dan relasi lainnya agar membeli pulsa di tempatmu.

Upayakan memberikan pelayanan optimal dengan ketersediaan saldo yang cukup dan fast response dalam menerima pesan permintaan isi ulang pulsa dari konsumen. Hal semacam ini tentu sangat penting untuk membentuk citra diri dan bisnis makin dipercaya.

Saat ini, setiap orang tetap memerlukan pulsa sebagai media komunikasi dan informasi, baik dalam bentuk pulsa langsung, maupun didaftarkan lagi dalam bentuk paket internet. Dengan kata lain, bisnis pulsa ini bisa berkelanjutan dengan pendapatan cukup banyak karena pasti diminati.

2. Freelance Writer

Jenis pekerjaan sampingan yang menguntungkan dan bisa dikerjakan di rumah adalah freelance writer. Untukmu yang punya hobi menulis, sangat baik untuk memanfaatkan peluang di era digital sebagai penulis lepas atau freelance. Profesi ini mempunyai sistem kerja yang fleksibel. Kamu tidak terikat kontrak dan tidak perlu ngantor.

Kamu dapat bergabung ke sebuah agensi untuk menerima pesanan tulisan dalam bentuk artikel, ulasan, atau caption dari klien. Setelah mengerjakannya sesuai ketentuan, hasil tulisan tersebut dikirimkan via email atau Google Drive.

Usaha sampingan di rumah ini sangat mudah untuk siapapun, terlebih untuk ibu rumah tangga yang harus mengawasi anak bisa tetap di rumah sambil bekerja dan mendampingi anak. Mengenai pendapatannya, pekerjaan ini tergolong menjanjikan karena saat ini eranya digitalisasi dan mendorong para pelaku bisnis melakukan pemasaran digital dengan konten online salah satunya.

3. Freelance Editor Naskah

Selain penulis konten, pekerjaan freelance lainnya adalah editor naskah. Profesi ini juga sangat dibutuhkan oleh berbagai pihak. Jenis naskah yang harus di-edit ini tergantung permintaan klien yaitu ada yang meminta jasa penyuntingan buku, novel, cerpen, esai, naskah drama, dan sebagainya.

Kamu dapat bergabung di sebuah agensi, misalnya penerbit, percetakan, ataupun jasa edit naskah. Jika ingin mempunyai jaringan sendiri, maka kamu dapat membuka bisnis sendiri dan gencar melakukan promosi agar memperoleh banyak klien.

4. Jasa Edit Foto dan Video

Pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah tentu saja sangat menarik untuk ditekuni. Jika kamu hobi dan mampu dalam bidang fotografi dan videografi, maka sangat cocok untuk membuka jasa edit foto dan video.

Peluang bisnis ini sangat besar dan menjanjikan di era digital saat ini. Masyarakat sudah mulai menghargai jasa editing foto dan video yang memang sangat mereka butuhkan untuk membuat hasil foto dan video dari momen berharganya bisa lebih menarik dan penuh kreasi. Kamu bisa melakukan survei terkait spesifikasi dan harga dari setiap tipe hasil editing.

5. Jasa Pengetikan

Pekerjaan sampingan tentu banyak sekali jenisnya. Jika ingin mengerjakannya di rumah saja, maka kamu dapat membuka jasa pengetikan yang dapat menambah penghasilan. Jasa pengetikan ini banyak dicari karena saat ini membutuhkan penyajian dan pengolahan teks atau data dalam bentuk digital. Jasa ketik ini merupakan profesi yang menjanjikan karena banyak dibutuhkan orang.

Baca Juga : 5 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa dengan Modal Terbatas

6. Jasa Penerjemah

Apakah kamu mempunyai kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing di atas rata-rata? Kemampuan dalam berbahasa asing tentu saja menjadi poin plus untukmu yang ingin menjalankan pekerjaan sampingan. Jasa penerjemah sangat pas dipilih sebagai usaha sampingan.

Profesi ini sangat menjanjikan karena banyak pihak yang membutuhkan jasa translator untuk menerjemahkan berbagai sumber literasi dari suatu bahasa ke bahasa lainnya lagi. Peminatnya semakin besar karena semakin luasnya kerja sama secara global ataupun tuntutan dalam studi internasional.

7. Membuka Kursus Online

Jika kamu pandai mengajar, maka sudah cocok untuk mendirikan usaha sampingan berupa kursus online. Kursus ini dapat dijalankan di rumah saja dengan waktu yang menyesuaikan dengan jadwal pekerjaan tetapmu. Kamu dapat menjadi tutor untuk anak sekolah ataupun tutor dalam kursus tertentu, misalnya kursus bahasa asing, bahasa daerah, menulis, atau public speaking.

8. Konsultan Online

Jasa konsultan sangat diperlukan oleh berbagai pihak untuk dimintai pertimbangan mengenai suatu hal sampai dimintai solusi untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi. Beragam kepentingan ini tentu saja menjadi peluang untukmu yang menguasai suatu bidang dan berminat untuk berbagi dengan orang lain.

Jasa konsultan ini juga dapat dilakukan via online melalui media sosial atau aplikasi video online. Profesi ini sangat menjanjikan dan mampu menambah pundi-pundi uang yang prospektif. Jadi, jangan ragu untuk mencoba peluang ini.

9. Desainer Grafis

Usaha sampingan yang menguntungkan lainnya adalah jasa desainer grafis. Kamu yang hobi dan mampu di bidang desain grafis dapat mengembangkan kemampuan untuk membuka jasa desainer grafis.

Profesi ini punya peluang yang sangat besar karena semakin dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pemasaran online (membuat logo, poster, dll.), membuat karikatur, membuat desain gambar dan sebagainya.

10. Endorser

Berapakah jumlah follower-mu di Instagram? Banyak hal yang dapat dimanfaatkan dari jaringan di media sosial, terlebih Instagram sebagai media sosial yang dikenal banyak orang. Fungsinya juga strategis untuk mengunggah foto dengan caption menarik di bawahnya. Hal ini sangat menarik untuk dimanfaatkan secara optimal.

Bagaimana jika kamu mencoba menjadi endorser? Pekerjaan sampingan ini dapat dikerjakan di mana saja, termasuk di rumah. Kamu hanya perlu mempromosikan jasa endorser di media sosial atau relasimu di dunia nyata. Promosi ini akan membuatmu dikenal dan mendapatkan klien yang produknya akan kamu pasarkan di media sosial.

Sembari melakukan promosi, kamu juga perlu memperbaiki dan merapikan postingan-mu di Instagram untuk mendukung profesimu sebagai endorser. Pihak klien juga tentu akan menilai kemampuanmu dalam mengunggah suatu konten apakah foto dan caption-nya menjual atau tidak. Agar lebih baik, kamu bisa melihat feed Instagram para selebgram terpercaya untuk referensi.

Berbagai jenis pekerjaan di atas sangat menarik untuk dicoba demi menambah pendapatan. Pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di rumah tersebut dapat dipilih sesuai kemampuanmu agar semakin optimal dalam menjalankannya. Penghasilan tambahan yang dihasilkan terbilang cukup besar. Kamu bisa menambah relasi untuk meningkatkan target pasar.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557