Pertimbangkan 9 Hal Penting Ini Sebelum Beli Mobil Bekas Murah

Mobil bekas tak selamanya buruk rupa, loh! Makanya, Anda akan sangat beruntung jika membeli mobil bekas yang dirawat dengan baik, dengan harga yang terjangkau pula. Namun, untuk bisa membeli mobil bekas yang berkualitas dengan harga terjangkau tentu bukan hal yang mudah. Oleh sebab itu, jika ingin beli mobil bekas murah dan berkualitas, pertimbangkan 9 hal ini terlebih dahulu.

1. Kelengkapan Surat-Surat Mobil

Pertama, pastikan bahwa surat-surat mobil tersebut, seperti BPKB dan STNK tersedia lengkap dan terjamin keasliannya. Keaslian surat-surat kendaraan ini bisa dicek misalnya melalui hologram serta barcode yang tersedia pada surat tersebut. Jika semua surat kendaraan tersebut lengkap, maka mobil tersebut layak untuk Anda pertimbangkan.

Pengecekan kelengkapan dan keaslian surat-surat mobil tersebut dilakukan tentu untuk menghindarkan Anda dari risiko penipuan. Pasalnya, banyak mobil curian yang dijual dengan menggunakan surat kendaraan palsu. Jika sudah terlanjur membeli mobil dengan surat kendaraan palsu ini, tentu Anda akan kesulitan untuk memproses balik nama atas mobil tersebut nantinya.

2. Kondisi Eksterior Mobil

Berikutnya, perhatikan juga kondisi body luar atau eksterior mobil bekas yang ingin Anda beli. Periksa apakah ada karat, cat yang terkelupas, goresan, serta kerusakan atau cacat lainnya yang mungkin ada pada body mobil tersebut. Cek seluruh permukaan mobil tanpa ada yang terlewati sedikit pun. Jika kondisi body mobil baik, maka lanjutkan dengan pengecekan kondisi interiornya.

3. Kondisi Dalam atau Interior Mobil

Setelah mengecek bagian luar, langsung saja cek bagian dalam mobil yang akan dibeli. Perhatikan kondisi dashboard, jok, karpet mobil, kaca, beserta dengan semua aksesori yang terdapat dalam mobil tersebut. Jangan lupa juga untuk menyalakan AC, radio, TV, serta komponen elektronik lainnya yang ada di dalam mobil tersebut untuk memastikan kondisinya bagus.

4. Performa Mesin Mobil

Selanjutnya, cek langsung saja bagaimana performa mesin mobil dengan mengendarainya. Dengan mengendarai mobil bekas yang akan dibeli tersebut, maka Anda bisa merasakan apakah performa mesinnya masih mulus atau sudah tidak. Rasakan apakah pengoperan gigi mobil mulus atau kasar. Kemudikan mobil tak hanya lurus saja, namun coba juga dibelokkan untuk melihat performa keseluruhannya.

5. Frekuensi Servis Mobil

Berikutnya, pastikan Anda untuk menanyakan frekuensi servis mobil saat berada di tempat jual mobil bekas tersebut. Mobil yang rutin diservis, tentu akan memiliki kualitas dan performa yang bagus, berbeda dengan mobil yang hanya dipakai saja tanpa servis rutin. Anda bisa lihat dari odometer di mobil tersebut ataupun kartu servis yang menandakan tanggal penyervisan mobil tersebut.

6. Total Jarak Tempuh Mobil

Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli mobil bekas adalah total jarak yang sudah ditempuh oleh mobil tersebut. Semakin sedikit jarak yang sudah ditempuhnya, tentu akan semakin baik. Jika total jarak tempuh mobil sekitar 10.000 kilometer, mobil tersebut bisa dipastikan jarang digunakan. Jika sudah mencapai 20.000 kilometer, mobil itu pasti sering digunakan.

7. Asuransi Mobil

Akan lebih baik jika misalnya Anda membeli mobil yang telah diasuransikan. Makanya, jangan ragu untuk menanyakan pada penjual mobil bekas, apakah mobil tersebut sudah diasuransikan atau belum. Jika sudah diasuransikan, maka Anda hanya perlu untuk memproses balik nama atas asuransi mobil tersebut nantinya.

8. Harga Jual Mobil

Berikutnya, harga jual dari mobil bekas tersebut tentu harus sangat Anda pertimbangkan. Belilah mobil bekas yang sesuai dengan bujet yang telah Anda siapkan. Baiknya, Anda cek dulu harga jual mobil bekas tersebut di pasaran, agar Anda tak terlanjur membeli mobil bekas dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan pasarannya.

Selain itu, jangan lupa untuk menawar harga jual dari mobil bekas tersebut. Lebih rendah harganya tentu akan lebih baik, bukan? Dengan menawar atau nego harga mobil bekas tersebut, Anda akan bisa membawa pulang mobil dengan harga yang murah. Namun, jangan berlebihan juga menawar harga mobil bekas dengan harga yang begitu rendah dibandingkan harga pasarannya.

9. Kualitas Tempat Jual Mobil Bekas

Terakhir, pastikan kalau showroom atau tempat penjualan mobil bekas yang Anda kunjungi itu berkualitas. Misalnya saja dengan adanya izin usaha atas showroom mobil tersebut. Jika tak ingin kesulitan mencari showroom mobil bekas yang berkualitas, Anda bisa tanyakan pada teman atau kerabat yang pernah membeli mobil bekas juga. Dengan begini, showroom tersebut pasti lebih terpercaya.

Itulah tadi 9 hal yang patut untuk Anda pertimbangkan saat akan membeli mobil bekas. Jika kesulitan mencari showroom yang tepat, Anda bisa langsung kunjungi saja SEVA pusat mobil bekas di laman seva.id. Pengalaman SEVA pusat mobil murah dan berkualitas sudah terbukti, serta untungnya lagi, Anda bisa menawar harga setiap mobil bekas yang dijual di sini.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *