Mengenal Roller Bearing dan Jenis-jenisnya yang Wajib Diketahui

Buat anda yang berkecimpung di dunia otomotif, tentu sudah tidak asing dengan bearing bukan? salah satu jenis bearing yang digunakan adalah roller bearing. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang ternyata masih asing dengan istilah roller bearing ini. Untuk menjawab semua pertanyaan anda, maka anda wajib untuk menyimak penjelasan dibawah ini.

Apa itu roller bearing?

Roller bearing merupakan salah satu jenis bearing dimana memunyai fungsi untuk menanggung beban radian yang cukup besar. Adapun bentur dari bearing yang satu ini adalah silinder dimana mempunyai banyak kontak diantara inner surface dan outer surface.

Dengan kondisi inilah membuat roller bearing bisa menanggung dan mendapatkan beban yang cukup besar. Kendati menawarkan banyak kelebihan, ternyata jenis bearing yang satu ini juga mempunyai kelemahan dimana bearing ini tidak bisa menerima beban thrust yang cukup besar. Adapun kecepatan yang dihasilkan oleh bearing ini adalah kecepatan rendah hingga sedang.

Bagaimana kinerja dari roller bearing

Berbeda dengan cara kerja ball bearing, pada roller bearing ini mempunyai kinerja yang berasal dari kontak antara bagian dalam maupun bagian luar dan bukan bertumpu pada satu titik saja tetapi segaris atau berdasarkan dengan lebar dari roller. Karena adanya titik tumpu yang lebih besar itulah membuat kekuatan tumpuan beban juga lebih besar.

Roller bearing ini pun juga masih terbagi menjadi beberapa jenis yang wajib untuk anda ketahui seperti tapered roller bearings, cylindrical roller bearings, needle roller bearing dan spherical roller bearings. Untuk memahami jenis-jenis roller bearing tersebut, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah

  1. Tapered roller bearings

Ini adalah jenis roller bearing dengan bantalan elemen bergulir dimana mampu untuk menunjang kekuatan aksial dan radial. Untuk penerapatan dari roller bearing ini adalah digunakan pada pasangan back-to-back. Ini lah yang membuat kekuatan aksial bisa dimaksimalkan dengan baik pada ke dua arah.

Untuk tapered roller bearings yang berpasangan sendiri biasanya digunakan pada mobil dan bantalan pada roda kendaraan. Yang mana mereka harus bekerja bersamaan dengan memberikan kekuatan vertical maupun horizontal. Adapun bentuk dari bearing ini adalah menyerupai kerucut dan mempunyai 2 buah roller yang saling berseberangan.

  1. Cylindrical roller bearings

Ini merupakan bearing yang mempunyai salah satu cincin bagian dalam maupun luar dengan 2 rusuk dan bagian yang lainnya hanya mempunyai satu. Selain itu jenis bearing ini juga mampu menampung beban aksial didalam satu arah pada bantalan rol silinder garis ganda.

Adapun tingkat kekuatan dari jenis bearing yang satu ini juga sangat tinggi. Tidak heran apabila jenis bearing ini biasanya digunakan untuk peralatan mesin yang presisi. Fungsi utamanya adalah untuk menahan beban radial.

  1. Sheprical roller bearings

Kemudian ada spherical roller bearings dimana ini merupakan bantalan yang mempunyai elemen bergulir dimana memungkinkan adanya gesekan rendah sekaligus mampu meminimalisir adanya ketidaksesuaian sudut. Adapun jenis bantalan yang satu ini biasanya mampu untuk membantu kinerja poros yang berputar di dalam sebuah lubang cincin bagian dalam.

  1. Needle roller bearings

Terakhir ada needle roller bearing, bantal yang satu ini mempunyai roll silinder dengan bentuk panjang dan tipis layaknya sebuah jarum. Adapun diameter yang dimiliki oleh roller bearings yang satu ini mempunyai ukuran yang lebih panjang dari diameter. Penggunaan bearing ini biasanya digunakan untuk spare part otomotif.

Demikian ulasan mengenai roller bearing yang mempunyai fungsi yang cukup penting di dalam dunia otomotif. Apabila anda ingin menemukan bearing yang berkualitas, maka Logam Makmur bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *