Mengenal Peran SSL Untuk Website

SSL adalah salah satu komponen penting dalam website. Adanya SSL mampu melindungi data yang di-transfer dan terenkripsi. Perannya yang sangat penting membuat Google Chrome akan melabeli website tanpa SSL sebagai website not secure. Peran pentingnya melahirkan banyaknya penjual SSL murah di Indonesia. Kenali peran penting SSL untuk sebuah website.

Deskripsi SSL

SSL merupakan kependekan dari Secure Socket Layer yang berguna untuk mengamankan website. Sistem keamanan ini jika dipasang pada website, akan muncul HTTP pada URL-nya. Pertukaran data melaluiย  internet menjadi lebih aman. Sertifikat ini memberikan keamanan dan hanya mengijinkan komunikasi dienkripsi di antara website dan browser.

Cara Memperoleh SSL

SSL bisa diperoleh langsung dari certificate authority (CA) untuk domain kamu. Setelah itu, konfirgurasikan sertifikat pada host web atau di server kamu, jika kamu meng-hosting-nya sendiri.ย  Cara mendapatkan sertifikat ini hampir sama setiap penjual,

  1. Buka laman web penjual SSL Murah di Indonesia yang telah dipilih, kemudian klik pada link sertifikat SSL.
  2. Akan muncul tampilan halaman SSL yang menawarkan beberapa SSL gratis dan berbayar.
  3. Pilih penjual yang telah merekomendasikan, karena umumnya keamananan lebih tinggi dan harga terjangkau.
  4. Lihat rincian SSL untuk mengetahui product lebih lengkapnya.
  5. Jika sudah mantap menentukan pilihan, lakukan pemesanan dengan klik pesan atau tombol yang sejenis pada web.
  6. Tulis nama domain yang akan dilakukan instalasi SSL, maka SSL akan terinstal otomatis.

Cara Memasang SSL

Sebelum dilakukan pemasangan, perlu adanya persiapan seperti miliki CSR, CRT, CABUNDLE dan private key. Berikut cara memperoleh sekaligus memasang SSL.

  1. Login client area pada web yang sebelumnya dilakukan transaksi order.
  2. Pilih SSL yang telah di-order sebelumnya, kemudian akan muncul keterangan apakah SSL telah dibayar atau belum.
  3. Lakukan konfigurasi SSL pada laman manage Terdapat informasi tentang waktu registrasi, metode pembayaran, serta harga untuk perpanjangan.
  4. Aktifkan SSL dengan kode CSR (Certificate Signing Request) dan private key. Klik pada link generate yang telah disediakan.
  5. Isi form data diri pada generate CSR serta nama domain.
  6. Validasi SSL dapat melalui email, DNS record, maupun HTTP pada bagian DVC. Klik lalu tunggu hingga proses selesai.
  7. Dapatkan private key dengan mengklik get private key yang tersedia. Salin text private key yang nantinya akan di-paste pada menu SSL.
  8. Login pada cPanel hosting lalu isikan private key yang telah disalin kemudian simpan.

Cara Kerja SSL

Cara kerja SSL mengacu pada dua cara yaitu kriptografi asimetri menggunakan sepasang kunci untuk lakukan enkripsi dan dekripsi data. Saat proses ini berlangsung, terdapat satu kunci yang dapat diketahui orang dan private key yang sifatnya rahasia. Cara kerja yang kedua yaitu kriptografi simetris yang hanya memiliki satu kunci untuk membuka data.

Peran Penting SSL

Website dengan SSL akan lebih dipercaya oleh visitor sehingga mampu meningkatkan jumlah pengunjung. Website yang bersertifikat juga memiliki ranking yang lebih baik dari SEO. Berikut peran penting SSL.

  1. Mencegah data dicuri oleh hacker dengan memfilter data yang sensitif untuk di-enkripsi.
  2. Mencegah munculnya not secure karena situs tidak bersertifikat dan terindikasi tidak aman untuk pengunjung.
  3. Meningkatkan rangking karena pengunjung akan lebih memilih situs yang bersertifikat karena merasa aman.

Hubungan SSL dan HTTP

HTTP akan muncul pada URL sebuah website yang telah terinstal SSL. Transmisi data sertifikat SSL menggunakan HTTP. Dua teknologi yang bekerja bersama dalam satu waktu. Browser populer yang terdiri dari Google Chrome, Microsoft,s Edge dan Firefox dapat mendeteksi situs-situs yang bersertifikat SSL. Sehingga pengunjung dapat mengetahui setelah muncul notifikasi not secure.

Perbedaan SSL dan TLS

TLS kependekan dari Transport Layer Security yang merupakan sistem upgrade dari SSL. Extensi HTTP yang digunakan pada SSL kini telah di-upgrade menjadi HTTPS pada TLS. Saat ini browser ternama mendukung penggunaan TLS karena memiliki pembaharuan fitur selama bertahun-tahun. Improvisasi fitur ini membantu meningkatkan user experience pada browser.

Tips Memilih SSL Terbaik dan Murah

Sebelum melakukan pemesanan SSL pada situs penjual, sebaiknya pelajari website-nya terlebih dahulu. Agar SSL yang telah terbeli tidak mengecewakan dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Berikut tips memilih SSL terbaik sekaligus murah.

  1. Melihat tingkatan level validasi berupa Domain Validation yang pas untuk domain sederhana seperti blog pribadi, portofolio, company profile dan lainnya. Organization Validation digunakan untuk kelas medium seperti organisasi, online shop, dan website Extended Validation tingkat keamanan lebih tinggi yang memiliki green bar untuk membuat pengunjung percaya dan pas untuk e-commerce skala besar.
  2. Jumlah domain dengan melihat domain hanya satu maka gunakan single Jika lebih dari satu gunakan multi domain
  3. Jumlah pengunjung pada website kamu untuk menentukan level validasi.
  4. Pilih yang cepat menerbitkan.
  5. Pilih yang memiliki otoritas sertifikat.
  6. Memilih perusahaan yang bergaransi.
  7. Melihat jangka waktu sewa.
  8. Pilih penjual yang menawarkan keamanan tambahan.
  9. Pilih dukungan pelanggan seperti call center yang beroperasi 24 jam.
  10. Survey harga pada beberapa penjual SSL murah di Indonesia lalu bandingkan kelengkapan dan sesuaikan dengan kebutuhan website.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi ๐—ฆ๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—ถ๐——๐—ถ๐—ด๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—น.๐—ถ๐—ฑ atau di No Telepon/WA ๐Ÿฌ๐Ÿด๐Ÿฎ๐Ÿญ๐Ÿฑ๐Ÿฐ๐Ÿฎ๐Ÿต๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿณ untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *