Manfaat Asuransi Secara Umum yang Perlu Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui, asuransi diperlukan karena hidup itu merupakan hal yang tidak pasti. Mungkin di saat hidup normal, badan sehat, dan hati merasa bahagia, maka asuransi tidak diperlukan. Tetapi di saat keadaan terjepit, anak sakit, mengalami kecelakaan ketika menuju tempat kerja, atau ada yang meninggal, asuransi tentunya sangat dibutuhkan. Karena itu Anda perlu tahu manfaat asuransi berikut ini!

Rasa Aman

Manfaat asuransi yang paling mendasar adalah dapat memberikan Anda rasa aman. Jika Anda sudah terdaftar dalam asuransi kematian, kecelakaan, atau kesehatan, maka Anda akan merasa lebih aman jika peristiwa tidak diinginkan tersebut terjadi.

Karena Anda tidak harus memikirkan bagaimana cara dalam menanggung kerugian atau pembayaran yang Anda butuhkan pada saat itu. Semuanya akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Efisiensi Atur Dana

Setiap keluarga atau individu telah mempunyai dana tidak terduga untuk digunakan pada saat darurat. Pos dana tersebut mungkin saja terbagi-bagi lagi, dari mulai dana tidak terduga kesehatan, dana tidak terduga pendidikan, dana tidak terduga kematian/kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Fungsi dari Asuransi pada saat-saat seperti ini yaitu menjadi cadangan untuk dana-dana tidak terduga seperti itu. Dengan mendaftarkan diri dengan asuransi, Anda tidak perlu kerepotan dalam mengatur arus uang masuk-keluar pada pos dana-dana yang tidak terduga tersebut. Semuanya telah diatur oleh pihak perusahaan asuransi.

Tabungan Masa Tua

Banyak yang tidak memahami kalau manfaat asuransi juga bisa dijadikan sebagai tabungan. Pada beberapa produk asuransi jiwa tertentu, apabila kematian belum terjadi, maka dana akan dikembalikan pada Anda setelah mencapai tahun yang sudah disepakati. Atau, Anda juga bisa meminta pengembalian dana sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat.

Jumlah dana yang dikembalikan biasanya lebih besar daripada premi yang dibayarkan. Hal ini dapat digunakan sebagai tabungan pada hari tua atau tabungan masa pensiun, sehingga Anda tidak perlu bergantung pada anak atau keluarga besar.

Memberi Perlindungan

Manfaat asuransi lainnya yaitu dapat memberi perlindungan bagi nasabah. Perusahaan asuransi yang baik akan selalu merangkul dan membantu nasabah jika terjadi suatu musibah, supaya Anda terlindung dari berbagai macam kerugian yang mungkin saja terjadi.

Bantuan bagi Keluarga

Jika sesuatu terjadi pada Anda secara mendadak, seperti jatuh sakit atau kematian, sedangkan keluarga Anda tidak mempunyai persiapan finansial apa-apa untuk menghadapinya, apa yang kemungkinan akan terjadi? Kemungkinan besar mereka akan merasa kebingungan.

Belum lagi jika Anda adalah sumber penghasilan keluarga. Disaat seperti inilah manfaat Asuransi diperlukan. Dengan mempunyai asuransi, hal ini tidak perlu terjadi. Kegunaan asuransi yaitu untuk memastikan istri atau anak-anak tetap memiliki sumber dana untuk bertahan hidup jika tulang punggung keluarga mengalami musibah.

Menjamin Gaji

Suatu badan usaha yang baik harus mempunyai asuransi. Fungsi asuransi badan usaha yaitu dapat selalu menjamin keuangan perusahaan jika suatu ketika perusahaan tersebut mengalami masalah keuangan atau pailit. Maka dari begitu, karyawan akan tetap mendapatkan haknya, yaitu gaji atas kerja mereka. Bagaimana, apakah perusahaan tempat Anda bekerja dijamin oleh asuransi?

Pinjaman ke Bank Lebih Mudah

Bank biasanya akan memberikan banyak prasyarat sebelum Anda bisa mengajukan pinjaman. Bila Anda diketahui terdaftar dalam suatu asuransi, maka pihak bank biasanya akan lebih mudah untuk mengizinkan Anda dalam mengajukan pinjaman dengan asuransi sebagai jaminannya.

Nah, itulah manfaat asuransi secara umum yang perlu Anda ketahui.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *