Kursus Programming Online Era Industri 4.0

Semenjak masuknya teknologi dalam dunia pembelajaran, banyak sekali perubahan yang kita rasakan khususnya dalam proses pembelajaran. Instansi pembelajaran seperti lembaga-lembaga kursus berlomba-lomba menciptaan program pembelajaran yang berbasis teknologi. Hingga ada pada satu keyakinan bahwa dengan menerapkan teknologi di dalam proses pembelajaran akan menjamin pembelajaran berhasil.

Jika kita rasakan, teknologi benar-benar telah merasuki generasi masa kini, yang dulunya pembelajaran dengan sistem tatap muka, sekarang menjadi berbasis online, kemudian kemudahan akses aplikasi digital seperti e-learning, e-library, e-journal adalah salah satu penerapan teknologi dalam konsep pendidikan di era industri 4.0. Salah satu jenis penerapan e-learning adalah lembaga kursus programming dengan metode online.

Kebutuhan SDM Programmer

Indonesia akan bekerjasama dengan pelaku industri dan negara asing untuk meningkatkan kualitas sekolah kejuruan, sekaligus memperbaiki program mobilitas tenaga kerja global untuk memanfaatkan ketersediaan SDM dalam mempercepat transfer kemampuan. Hal tersebut merupakan wujud respon pemerintah Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jika kita sudah benar-benar memiliki program yang baik, maka disini dibutuhkan ketegasan dan keberanian untuk mewujudkan dan menjalankan program-program tersebut dengan baik. Jangan sampai program yang sudah tersusun dengan baik namun dalam pelaksanaannya hanya sebatas formalitas belaka. Kita yakin bahwa jika program Making Indonesia 4.0 ini dijalankan dengan baik maka hasil yang didapat akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Salah satu jenis SDM yang paling banyak dibutuhkan pada era industri 4.0 adalah tenaga ahli atau programmer. Dengan berkembangnya banyak sekali industri digital dan industri IT maka kebutuhan SDM jenis ini tidak dapat terelakkan. Hampir semua industri dan instansi bergerak untuk membuat sistem IT atau aplikasi mulai dari perbankan, marketplace, asuransi, layanan pinjaman online, instansi pemerintahan dan lain sebagainya. Sejalan dengan itu semua maka kebutuhan tenaga ahli programmer meningkat dari tahun ke tahun. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli programmer ini maka peran lembaga kursus programming sangat dibutuhkan.

Kursus Programming Online

Kursus programming pada umumnya dilakukan secara offline di dalam kelas. Metode ini dipakai sejak lama oleh lembaga-lembaga kursus programming. SDM yang dilatih mendaftarkan diri kepada lembaga-lembaga kursus pada kelas tertentu. Kelas tersebut memiliki jumlah maksimal peserta, misalkan satu kelas terdiri dari 10 orang. Semakin sedikit jumlah peserta dalam kelas maka kursus ini akan semakin efektif. Kemudian juga diperlukan tenaga pengajar yang khusus untuk mengajar dalam kelas. Jadwal kelas juga diatur, misal senin sampai jumat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Metode kursus programming secara offline ini mempunyai kelemahan. Pertama jumlah peserta yang terbatas. Kedua perlu tenaga pengajar yang datang langsung ke lokasi. Terakhir jadwal kelas harus yang tidak fleksibel.

Kursus programming online menjawab ketiga kelemahan di atas. Berikut beberapa karakteristik kursus programming secara online.

  1. Jumlah peserta bisa tidak terbatas

Jumlah peserta kursus programming online bisa terbatas dan juga bisa tidak terbatas. Sebagai contoh kursus programming online yang berbasis video e-learning memiliki jumlah peserta yang tidak terbatas karena semua video bisa ditonton oleh banyak peserta sekaligus. Sedangkan kursus programming online yang berbasis tatap muka melalui video call seperti zoom atau google meet bisa mempunyai batasan jumlah peserta, tapi jumlah peserta yang bisa ikut jauh lebih banyak daripada kursus programming di dalam kelas.

  1. Bisa tanpa pengajar atau pengajar mengajar secara online

Kursus programming online berbasis video e-learning tidak memerlukan pengajar tapi memerlukan pembuat konten video. Setelah konten video selesai maka video tersebut dapat ditonton oleh peserta tanpa perlu ada tenaga pengajar lagi. Kursus programming online berbasis video call tetap memerlukan tenaga pengajar, tapi tenaga pengajar tidak perlu mengajar di dalam kelas.

  1. Jadwal kursus bebas dan fleksibel

Kursus programming online berbasis video e-learning mempunyai jadwal yang bebas. Peserta dapat menonton video e-learning kapan saja dan dari mana saja. Sedangkan kursus programming online berbasis video call tetap memerlukan jadwal kursus, tapi jadwal kursus metode ini lebih fleksibel karena tidak tergantung dengan ketersediaan kelas.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *