Fitur Dalam KPI Software Terbaik Untuk Menunjang Kinerja Karyawan

Kinerja karyawan merupakan menunjang operasional perusahaan. Itu sebabnya kinerja karyawan harus dikontrol dengan baik. Salah satu cara untuk memantau dan menilai kinerja karyawan adalah dengan menggunakan key performance indicator atau yang lebih dikenal dengan KPI.

Singkatnya, key performance indicator adalah sebuah alat ukur yang menggambarkan efektivitas kinerja karyawan terhadap tujuan perusahaan. Di dalam KPI akan ditampilkan berbagai parameter khusus untuk menilai kinerja tersebut.

Namun, memantau dan menetapkan KPI dengan cara manual tentu saja memakan waktu lama. Belum lagi jumlah karyawan dalam perusahaan begitu banyak. Untungnya, adaย  KPI software yang dapat membantu HRD dan perusahaan untuk mengelola dan memantau KPI.

Fitur dalam KPI Software untuk Mengukur KPI

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mengukur KPI secara manual tidaklah mudah. Sebab, ada banyak karyawan dan tugas yang sedang berlangsung.

Pengukuran manual juga menjadi tidak efektif karena masih digunakannya dokumen fisik dalam mencatat atau mendokumentasikan kinerja karyawan. Alhasil, perusahaan dan HRD bisa saja melewatkan hal penting dalam pengelolaan kinerja karyawan.

Performance Review

Fitur pertama yang dapat membantu HRD untuk memantau kinerja karyawan adalah performance review. Dengan menggunakan performance review, HRD dalam suatu perusahaan bisa mengadakan review kinerja untuk banyak karyawan dalam waktu yang sama.

Fitur ini juga memfasilitasi review antara sesama karyawan, manajer dan karyawan, sesama karyawan antar tim, sesama karyawan tetapi berbeda tim, dan untuk karyawan itu sendiri. Sehinggaย  penilaian yang diberikan dapat berimbang dari berbagai sumber.

Goals & KPIs

KPI Software dapat mengatasi hal ini dengan mudah. Berkat sistem yang berjalan secara real time, HRD dapat memantau kinerja karyawan terhadap tujuan perusahaan secara keseluruhan. Kunci dibalik keunggulan tersebut yaitu fitur Goals & KPIs. Sekilas, fitur ini seperti dua nama fitur yang berbeda. Padahal keduanya merupakan satu kesatuan.

Pada bagian Goals, perusahaan dapat menentukan dan mengetahui sejauh mana kemajuan yang dicapai perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sedangkan KPIs digunakan untuk penilaian kinerja karyawan terhadap tujuan dari Goals yang sudah ditetapkan perusahaan.

Result

Fitur yang selanjutnya adalah result untuk menampilkan hasil review dan penilaian yang sudah dilakukan sebelumnya. Hasil yang ditampilkan adalah review dari karyawan sebagai individu, divisi atau tim, dan departemen. Hasil setiap penilaian akan dibagi menjadiย  5 kategori yang dapat dipertimbangkan HRD untuk memberikan kebijakan kepada karyawan atau divisi terkait.

Feedback

Setelah penilaian dan review kinerja selesai dilakukan, maka akan terlihat hasil dari kondisi kinerja karyawan terkini. Ada karyawan yang mampu bekerja dengan baik, ada juga ternyata karyawan yang masih memiliki kinerja yang kurang.

Untuk membantu HRD memberikan masukan yang membangun, fitur feedback bisa mewujudkannya. Fitur feedback dapat membantu memberi masukan antara sesama karyawan, manajer kepada karyawan, dan kepada karyawan itu sendiri.

Engagement

Jika fitur feedback dapat membantu HRD untuk memberikan masukan kepada karyawan agar karyawan dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja, maka fitur engagement akan membantu perusahaan untuk mencari tahu bagaimana kondisi keterikatan atau loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Sebab, loyalitas dan keterikatan karyawan akan berpengaruhย  besar terhadap kinerja karyawan. Semakin karyawan merasa terikat dan loyal kepada perusahaan, semakin bagus dan baik kinerjanya.

Berkat dukungan KPI software, HRD dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas kinerjanya. Alhasil, HRD pun jauh lebih fokus untuk menentukan perencanaan dan pengelolaan karyawan.

Walau demikian, tidak semua perusahaan mampu memproses dan membangun KPI software seorang diri. Untuk hal ini, perusahaan dapat mengandalkan KPI software dari vendor lain.

Contoh KPI software yang sudah banyak dipakai perusahaan adalah KPI software dari LinovHR. LinovHR adalah vendor penyedia Software HR ternama yang sudah banyak membantu perusahaan mengelola sumber daya manusia di berbagai industri.

Demikianlah penjelasan mengenai KPI software dan fitur apa saja yang dapat mendukung software tersebut. Penggunaan KPI software dapat membantu HRD mengelola kinerja karyawan jauh lebih efektif dan efisien. Semoga dapat bermanfaat!

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi ๐—ฆ๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—ถ๐——๐—ถ๐—ด๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—น.๐—ถ๐—ฑ atau di No Telepon/WA ๐Ÿฌ๐Ÿด๐Ÿฎ๐Ÿญ๐Ÿฑ๐Ÿฐ๐Ÿฎ๐Ÿต๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿณ untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *