Peluang Kerja Sampingan untuk Pelajar yang Praktis dan Menguntungkan

Tugas sebagai seorang pelajar adalah belajar. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika ingin mencoba bekerja untuk melatih kemandirian sekaligus menambah uang saku. Berikut ini tersedia beberapa pilihan kerja sampingan untuk pelajar yang praktis dan menguntungkan.

Pekerjaan ini minim modal, mudah dijalankan, pasti ada peminat, dan menguntungkan, tanpa mengganggu aktivitasmu untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Penasaran seperti apa? Simak kelanjutannya dalam uraian berikut ini.

1. Berjualan Pulsa

Kerja sampingan yang paling banyak dicoba dan ditekuni para pelajar adalah berjualan pulsa. Selain karena simpel, berjualan pulsa juga sangat menjanjikan karena pasti ada peminatnya. Promosinya juga mudah karena bisa ditawarkan ke teman-teman, tetangga, dan keluarga besar lainnya. Modalnya juga tidak banyak untuk membuka bisnis ini.

2. Bisnis Kuliner

Selain berbisnis pulsa, pekerjaan simpel yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis kuliner. Para pelajar dapat mencoba bisnis kuliner ini ke kantin sekolah atau koperasi siswa. Hasil penjualan ini cukup menguntungkan karena sudah pasti laku jika menjual makanan atau minuman yang sangat dibutuhkan atau sedang menjadi tren, misalnya tahu bakso, cilok, martabak, dll.

3. Berjualan Hasil Kerajinan

Tak hanya makanan saja yang dapat diusahakan. Membuka bisnis kerajinan tangan juga menjadi pilihan tepat. Sebagai pelajar yang hobi membuat kerajinan tangan, seperti sapu tangan, bros, taplak meja, dan sebagainya, dapat menjual hasil kerajinan tangan tersebut ke teman-teman, guru, tetangga, hingga pertokoan. Pemasaran secara online juga bisa dilakukan.

4. Jasa Ketik

Jasa ketik termasuk bisnis pelajar yang menguntungkan. Kamu dapat membuka jasa ketik untuk tugas sekolah ataupun hal lain sesuai pesanan dari klien. Agar mendapatkan banyak pelanggan, kamu dapat memasarkannya ke relasi yang dimiliki. Cara ini sangat efektif untuk memajukan bisnis jasa ketik ini. Bahkan, kamu dapat mengajak sahabat sebagai partner yang dapat diandalkan.

5. Jasa Percetakan

Selain jasa ketik, jasa percetakan juga sangat menarik untuk dijalankan oleh para pelajar. Kamu dapat menerima jasa percetakan untuk makalah, tugas akhir, paper, dan lain sebagainya yang membutuhkan printer.

Kegiatan belajar mengajar saat ini juga sudah memberikan tugas dalam bentuk ketik dan print out. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menawarkan jasa percetakan. Agar lebih banyak peminatnya, kamu bisa mengadakan diskon kecil-kecilan untuk menarik teman-teman dan tetangga. Berikan pelayanan yang menarik juga.

6. Reseller

Jenis kerja sampingan untuk pelajar yang simpel dan menguntungkan ini patut dicoba oleh para pelajar. Kamu bisa mencoba menjual beberapa produk dari pihak grosir atau produsen untuk mendapatkan keuntungan penjualan.

Caranya juga cukup mudah karena saat ini kamu juga terbantu dengan metode digital. Pemasaran bisa dilakukan via online lewat media sosial dan aplikasi chatting. Penawaran langsung juga dapat dilakukan ke teman-teman atau tetangga.

Setelah mendapatkan pesanan barang, kamu akan mendapatkan uang dari pembeli dan membelinya ke grosir atau produsen yang menyediakan barang. Setelah mendapatkan semua barang pesanan, kamu dapat memberikannya ke pembeli.

Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan keuntungan jasa penjualan, tanpa modal sedikitpun. Bonus juga bisa diperoleh jika penjualan melebihi target atau berhasil menjual produk unggul. Ongkir juga sudah dibebankan ke pembeli.

7. Guru Les Anak

Menjadi guru les juga menjadi peluang bagus bagi para pelajar untuk mendapatkan uang saku. Para pelajar dapat membimbing anak SD, TK, bahkan playgroup untuk belajar. Selain mendapatkan tambahan uang saku dari uang jasa memberikan les, rasa gigihmu dalam belajar juga secara otomatis meningkat karena terlatih untuk berpikir dan menjadi lebih rajin belajar.

Dalam memberikan les ini, kamu juga dapat memilih ful semua mata pelajaran untuk SD atau sebagian saja, misalnya hanya bahasa Inggris atau Matematika saja. Untuk anak TK dan playgroup, pembelajaran dapat disesuaikan dengan kegiatan belajar mereka di sekolah, ditambah hal lain yang memicu peningkatan dan pengembangan kemampuan dasar di usia mereka.

8. Fotografer

Kerja sebagai fotografer layak mendapatkan apresiasi karena tidak sembarang orang mempunyai bakat ini. Bagi para pelajar yang mempunyai minat dan kemampuan di bidang ini, segeralah mencoba peluang ini.

Setelah beberapa lama menjadi fotografer dengan jaringan yang cukup banyak, kamu dapat mengembangkan usaha kecil menengah untuk pelajar di bidang fotografi ini. Peluangnya sangat besar karena kamu mendapatkan partner untuk membantu memperluas usaha di bidang jasa foto ini. Klien juga dapat bertambah banyak karena setiap orang pasti mempunyai relasi sendiri.

Kabar baiknya, kamu bisa meneruskan bisnis ini saat kuliah nanti atau untuk pekerjaan utama sebagai wiraswasta. Peluangnya sangat besar dari waktu ke waktu dengan teknologi yang semakin canggih. Saat sekolah, kamu juga bisa berprestasi dengan mengikuti beberapa perlombaan fotografi.

9. Pemandu Wisata

Apakah kamu ahli berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Jika kemampuan bahasa asingmu di atas rata-rata, maka terdapat peluang tersendiri yang sangat menguntungkanmu. Pemandu wisata adalah peluang menjanjikan dan terbuka lebar untukmu yang berkompeten. Kamu dapat melakukan pekerjaan sampingan ini saat libur sekolah setiap minggunya plus saat musim liburan.

Pekerjaan sebagai pemandu wisata atau tour guide ini sangat menjanjikan karena pendapatannya cukup tinggi. Kamu dapat memandu turis asing dari berbagai negara di suatu tempat wisata. Kamu dapat bergabung di lembaga pengelola tempat wisata dan mendapatkan jabatan ini. Relasimu juga dapat bertambah karena mengenal turis dari beberapa negara saat memandu mereka.

10. Penerjemah

Masih dalam ranah yang sama dengan pemandu wisata. Bagi para pelajar yang ahli dalam berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, peluang sangat terbuka lebar untuk menjadi penerjemah. Pendapatan yang diperoleh dari kegiatan menjadi penerjemah berbayar ini sangat menjanjikan. Pekerjaan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa.

Saat ini, pihak jasa penerjemah telah membuka kesempatan untukmu yang ingin menjadi karyawan freelance atau lepas. Kamu bisa mendaftarkan diri dengan memenuhi persyaratan yang diminta, kemudian mendapatkan beberapa project yang bisa dikerjakan di rumah dan hasilnya dikirim via email. Hal ini sangat praktis untuk para pelajar, bukan?

11. Penulis Konten

Jangan khawatir untuk kamu yang belum ahli berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Kesempatan untuk menjadi pekerja freelance juga tersedia di bidang lain. Kamu bisa mencoba menjadi penulis konten untuk berbagai website.

Kamu dapat bergabung di suatu agensi untuk mendapatkan project kepenulisan konten. Daftarkan diri dan penuhilah persyaratannya. Apabila diterima, lakukan project yang diberikan sesuai petunjuk. Pengiriman bisa dilakukan via email dan atau Google Drive. Kemampuan bahasamu juga akan meningkat karena terlatih dalam menulis konten.

Pilih saja satu di antara beberapa peluang kerja sampingan untuk pelajar di atas agar kamu tak kehabisan waktu. Kamu juga harus pandai membagi waktu dengan manajemen waktu yang efektif agar setiap kegiatan terjadwal dengan baik, tanpa merugikan salah satunya. Dengan demikian, kamu dapat tambahan uang saku dan pastinya nilai tetap baik, bahkan menjadi siswa berprestasi.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *