Mengungkap Sejarah Kerajaan Pajajaran Sekaligus Misteri Hilangnya

Kali ini kita akan membahas sedikit saja sejarah maupun misteri tentang hilangnya Kerajaan Pajajaran. Sebetulnya kerajaan tersebut lokasinya ada di daerah Pakuan tepatnya kota Bogor. Beberapa catatan yang sudah ada menyebutkan jika kerajaan yang satu ini sebetulnya telah berdiri sejak tahun 923 Masehi. Kerajaan tersebut kala itu telah dibentuk oleh Sri Jayabhupati. Kerajaan yang menjadi salah satu kerajaan Hindu ini berada di Pulau Jawa sebelah barat dengan ibu kota daerah Bogor.

Mungkin saja kerajaan yang satu ini jarang sekali di bahas bahkan belum banyak yang mengenalnya. Dari bahasan ini kita pun akan mengerti sejarah mengenai Kerajaan Pajajaran ini. Menurut sejarah yang sudah ada, Kerajaan Pajajaran ini mulai terbentuk setelah meninggalnya seorang Wasta Kencana. Beliau telah wafat sekitar tahun 1475.

Kerajaan Pajajaran ini memang berada di suatu wilayah kota Bogor yang berada di bawah pemerintahan seorang Prabu Susuktunggal dan Kerajaan Galuh yang juga termasuk Parahyangan dimana Parahyangan ini memang bertepatan dengan suatu wilayah Kawali yang merupakan kawasan dari Dewa Siskala.

Hal yang sangat disayangkan tentu saja di saat kedua raja tak mampu memperoleh gelar Prabu Siliwangi dikarenakan daeraha kekuasaannya tidak termasuk untuk seluruh wilayah yang ada di tanah Sunda. Berbeda halnya dengan seorang Prabu Siliwangi yang mana awalnya memang diduduki Prabu Wangi dan juga Rahyang Wastu. Sebetulnya sebelum Kerajaan Pajajaran ini bisa terbentuk, sudah ada beberapa kerajaan lain yang mungkin sudah anda kenal. Beberapa kerajaan tersebut termasuk dengan Kerajaan Galuh, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Kawali maupun Kerajaan Sunda. Tentunya beberapa kerajaan ini sudah banyak yang anda ketahui sejarahnya.

Misteri Mengenai Hilangnya Kerajaan Pajajaran

Sebetulnya Kerajaan Pajajaran ini memang tak bisa lepas dari beberapa kerajaan tadi. Hal ini pastinya dikarenakan kerajaan tersebut menjadi sambungan dari beberapa kerajaan tersebut. Menariknya kissah mengenai hilangnya Kerajaan Pajajaran ini bisa terjadi berkat adanya sebuah penyerangan yang mana memang berasal dari kerajaan yang lain.

Hingga akhirnya sekitar tahun 1579 akhirnya Kerajaan Banten yang mengakhiri Kerajaan Pajajaran ini. Bahkan para pasukan yang berada di bawah pimpinan Maulana Yusuf ini membawa kedudukan sang raja dari Pakuan menuju ke Surasowan yang ada di sekitar daerah Banten. Hal ini tentu saja sebagai tanda bukti jika Kerajaan Pajajaran ini telah runtuh. Kedaton yang telah dibawa lari ini memang berbentuk bongkahan batu dimana ukurannya sekitar 200x160x20cm.

Pasukan dari Kerajaan Banten yang berada di bawah pimpinan seorang raja bernama Maulana Yusuf ini akhirnya memboyong kembali menuju ke Banten sebagai bentuk budaya politik yang ada di zaman terdahulu. Dimana hal yang dilakukan ini memang bertujuan agar di Pakuan tak mampu melantik seseorang sebagai raja yang baru. Hingga akhirnya Maulana Yusuf secara otomatis akhirnya menjadi raja.
Itulah tadi sekilas penjelasan mengenai Kerajaan Pajajaran yang mungkin bisa membantu anda mengenal kerajaan tersebut. Meskipun jarang yang mengerti keberadaan kerajaan ini, dari sini kita pun mulai mengenal Kerajaan Pajajaran, https://kalimat.id.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557