Menjelajah Kepulauan Raja Ampat dan Destinasi Wisata Serunya

Kepulauan Raja Ampat
sumber : travel.dream.co.id

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Perairan Pulau Misool

Pulau Misool merupakan salah satu dari kepulauan Raja Ampat terbesar, di Provinsi Papua Barat. Pulau Misol berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus.

Anda dapat menikmati keindahan Pulau Misool tanpa harus berbagi dengan banyak orang, karena tempat ini sejatinya tak berpenghuni. Keindahan sepanjang wilayah pulau Misool sungguh tak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, pada bagian barat dan timur terbentang sederetan pulau batu karang.

Keindahan pemandangan bawah laut di Pulau Misool sudah dirasakan walaupun anda belum mencebur ke dalam airnya sekalipun. Air disini sangat bening dan berwarna turquoise sungguh sangat mempesona. Pulau yang nyaris tak disentuh manusia ini menghampar pasir putihnya di sepanjang pesisir pantai yang dikelilingi pohon hutan tropis dan mangrove yang hijau permai.

Uniknya, perairan tempat wisata di Raja Ampat Pulau Misool ini , airnya menampakan warna blue water Mangrove yang di dalamnya hidup berbagai jenis ikan. Keadaan blue water Mangrove dikarenakan akar-akar pohon bakau bertemu dengan titik dimulainya terumbu karang tumbuh. Bahkan beberapa pohon bakau ditempeli terumbu karang. Usut punya usut, Pulau Misool mulai terkenal saat seorang jurnalis mengabadikan fotonya dengan menampakan keindahan bawah air.

Pulau Salawati

Pulau Salawati ini memiliki luas mencapai 1,623 km2, dan hampir 3/4 wilayahnya dipenuhi dengan pohon-pohon sagu liar. Kondisi pulau Salaswati ini begitu tenang dan sunyi, bahkan dihiasi dengan pantai perawan nya yang membuat pesonanya semakin menakjubkan. Pasir pantainya yang berwatna putih bersih dan pepohonan hijau di sekitarnya membuat Pulau Salawati semakin layak untuk dikunjungi. Hanya saja, karena pulau ini tidak begitu luas, sehingga hanya dapat dimasuk 2 kapal motor saja. Selain itu akses nya yang  agak sulit dan dibutuhkan  biaya yang cukup besar untuk bisa sampai kesini. Namun meskipun begitu, anda tidak akan sama sekali kecewa saat berlibur di Pulau Salaswati ini.

Selain terkenal dengan kekayaan flora dan faunanya, ada spot menarik di pulau Salawati ini yaitu anda bisa menyaksikan bunker-bunker bekas peninggalan perang dunia II yang dibuat oleh negara Belanda dan Jepang. Selain itu, budaya masyarakat yang ada di sekitar kawasan pulau salawati ini juga sangat kental dan masih terjaga baik, misalnya saja anda bisa melihat pertunjukan tarian wor yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut. Selain alamnya yang indah, kearifan lokal dari tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan, termasuk wisatawan dari berbagai negara sekalipun mengunjungi dan menghabiskan waktu berlibur di Pulau Salawati ini.

Pulau Wayag Kepulauan Raja Ampat Yang Menawan

Keindahan alam di pulau Wayag kepulauan Raja Ampat papua ini memang masih benar-benar alami. Disini, kita akan rasakan seperti berada di surga alam. Mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan alam yang sangat indah, suasana kehidupan masyarakat di sana pun masih sangat mengutamakan kekeluargaan, dan akan membuat kita semakin nyaman dan tenang disana.

Wisata kepulauan Wayag Raja Ampat adalah surga paling cantik yang tersembunyi di Indonesia yang wajib dikunjungi.  Karena ketika sampai disana, kita akan disuguhi oleh gugusan pulau yang hijau, airnya yang amat jernih, juga deburan ombak yang lembut dan pelan serta menenangkan bila dipadukan, itu amat mengesankan. Kamu tak akan bosan-bosan berada di tempat ini.

Wonderful Indonesia

Masih penasaran dengan gugusan kepulauan Raja Ampat yang cantik dan mempesona ini?. Anda bisa mengajak keluarga untuk berkunjung dan menikmati pemandangannya sekarang juga.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *