Mengenal Kepanjangan ISO dan Kegunaannya untuk Bisnis

Mungkin kamu pernah mendengar istilah ISO. ISO berperan penting dalam mengukur kredibilitas suatu perusahaan. Serta jadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen perusahaan. Lantas apa kepanjangan ISO dan bagaimana pengaruhnya dalam bisnis? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu ISO?

ISO adalah singkatan dari International Standards of Organization. ISO merupakan organisasi yang bertugas untuk menetapkan standar internasional khususnya di bidang revolusi industri dan komersial.

Namun, dapat diartikan bahwa setiap perusahaan atau organisasi yang bekerja sama atau bersaing di seluruh dunia harus mengukur kredibilitasnya terhadap standar ini. Berkat organisasi ini, akan memberikan spesifikasi kelas dunia dengan berbagai cara.

Perusahaan yang terverifikasi akan memiliki banyak peluang untuk bersaing di pasar global karena mereka menjamin kualitas produk sehingga konsumen akan memiliki kepercayaan yang lebih besar terhadap produk tersebut.

Jenis-Jenis ISO

International Organization for Standardization ini memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan perusahaan untuk bersaing secara global. Ada beberapa jenis yang perlu dipelajari jika kamu berencana berencana mendaftarkan standar produk bisnismu ke ISO.

1. ISO 14001

Jenis ini erat kaitannya dengan standarisasi dalam pengelolaan lingkungan. Jenis ini mengatur semuanya mulai dari pengolahan air limbah, pengolahan air, hingga konsumsi bahan bakar. Kerangka kerja berdasarkan ISO 14001 akan membantu organisasi menggunakan sumber daya mereka secara efisien, yang akan berdampak positif pada lingkungan.

2. ISO 28000

ISO 28000 adalah standar khusus yang memberikan keamanan kepada perusahaan yang menyimpan banyak informasi penting, seperti bank, tambang, dan lainnya. Karena dengan tipe ini, perusahaan dapat dengan mudah menentukan apakah ada tindakan pengamanan yang memadai yang dapat melindungi propertinya dari berbagai ancaman.

3. ISO 9001

Jenis ISO 9001 merupakan standar khusus yang mengatur manajemen mutu dengan pendekatan proses yang bertujuan untuk mencapai efisiensi kerja yang maksimal. Kamu bisa menerapkan pendekatan proses yang mempromosikan identifikasi, manajemen, implementasi dan perbaikan berkelanjutan. Jenis ini juga paling sering digunakan atau biasa digunakan.

4. ISO TS 16949

Jenis ISO TS 16949 ini merupakan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh ISO sebagai sistem manajemen mutu di industri otomotif. Cakupannya berkisar dari keberlanjutan hingga rantai pasokan hingga peningkatan.

5. ISO 22000

ISO 22000 mengatur manajemen keamanan pangan. Namun, sebagian besar perusahaan yang bergerak di industri makanan akan menggunakan jenis standar ini.

Jenis ISO 22000 ini berlaku untuk organisasi yang terlibat dalam rantai makanan dengan tujuan utama memastikan keamanan pangan dan membantu mengurangi bahaya pangan, mengendalikan risiko, dan mencegah kontaminasi.

6. ISO 5001

ISO 5001 adalah jenis yang digunakan perusahaan saat menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk meningkatkan sistem manajemen energi internasional.

Dalam kerangka kerja ini, ia menetapkan pengukuran, dokumen, dan laporan yang memungkinkan organisasi memantau kemajuan proses dan karyawan mereka menuju efisiensi energi.

7. ISO/IEC 27001

Jenis ISO 27001 ini adalah kerangka kerja yang membantu organisasi untuk mengimplementasikan, membangun, mengoperasikan, memantau, dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

ISO 27001 ini biasa digunakan perusahaan IT. Dengan standar manajemen keamanan informasi internasional, tidak heran jika perusahaan-perusahaan di bidang elektronik menerapkannya.

8. ISO/IEC 17025

Perusahaan atau organisasi yang banyak menghabiskan waktunya di laboratorium atau lembaga penelitian, jenis ini akan banyak digunakan dalam melakukan penelitian.

Dengan menggunakan standar ini maka hasil pengujian akan lebih terjamin dan dapat disebarluaskan kepada konsumen. Untuk meningkatkan kepercayaan dalam pekerjaan mereka baik secara nasional maupun internasional.

Kegunaan ISO untuk Bisnis

Saat ini, pengelolaan bisnis dilakukan dengan berbagai cara agar dapat meraup keuntungan dan mampu bersaing dengan baik. Perusahaan yang ingin bersaing di seluruh dunia harus memiliki standar ISO agar kualitas produknya semakin andal.

Karena itu, ISO sangat penting untuk digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam manajemen bisnis. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis dan kepanjangan ISO, harap perhatikan kegunaannya berikut ini.

1. Tingkatkan Kredibilitas Bisnis

Menggunakan ISO dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, yang sangat penting jika kamu ingin bersaing di pasar global. Calon konsumen atau konsumen dalam bisnis akan lebih mempercayai bisnismuย  jika produk atau layanan yang mereka gunakan memenuhi standar yang berlaku.

2. Optimalkan Kinerja Karyawan

Perusahaan yang memiliki visi, misi, dan regulasi mutu yang sesuai dengan standar dapat menjadikan konten perusahaan optimal dan efisien. Karyawan yang bekerja di perusahaan akan meningkatkan kualitasnya untuk memenuhi standar yang ditetapkan di perusahaan.

3. Tingkatkan Good Will Bisnis

Niat baik dalam berbisnis merupakan citra yang baik agar perusahaan dipersepsikan oleh setiap perusahaan. Penggunaan sertifikasi ISO yang diperoleh perusahaan akan membuat goodwill semakin positif. Dengan cara ini, akan menguntungkan perusahaan dan banyak mitra bisnis akan diajak untuk bekerja sama.

4. Cegah pemborosan

Ketika bisnis yang sedang berjalan memiliki masalah dengan produk atau layanan, kamu jelas perlu mengambil langkah pencegahan. Memiliki ISO tentunya akan memudahkan kamu dalam mencari masalah sekaligus menemukan solusinya. Penggunaan โ€œstandarโ€ merupakan antisipasi atau sarana pencegahan masalah pada produk atau jasa yang diberikan kepada konsumen.

Demikian informasi tentang kepanjangan ISO, jenis, serta kegunaannya dalam bisnis, yang dapat menjadi acuan bagi perusahaan. Dengan menggunakan ISO, bisnis yang kamu jalankan akan mendapatkan banyak keuntungan sehingga dapat bersaing di seluruh dunia. Berkat persaingan ini, konsumen akan lebih percaya dan meningkatkan keuntungan di perusahaan.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi ๐—ฆ๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—ถ๐——๐—ถ๐—ด๐—ถ๐˜๐—ฎ๐—น.๐—ถ๐—ฑ atau di No Telepon/WA ๐Ÿฌ๐Ÿด๐Ÿฎ๐Ÿญ๐Ÿฑ๐Ÿฐ๐Ÿฎ๐Ÿต๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿฑ๐Ÿณ untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *