Tanya Dokter Gigi Tentang Kebiasaan Buruk Apa Saja yang Bisa Berakibat Fatal untuk Gigi

Pada tubuh manusia terdapat dua buah komponen yang memiliki sifat keras dan paling kuat yaitu tulang dan gigi. Tulang yang keras dan kuat melindungi organ vital dari benda luar yang bisa menyakitinya selain itu tulang juga berfungsi untuk membuat bentuk tubuh. Sedangkan gigi, bermanfaat untuk mengunyah makanan dan melakukan pencernaan makanan secara kimiawi. Karena gigi berada di bagian tubuh yang terbuka yaitu mulut dan sering dipakai bersentuhan langsung dengan benda asing yaitu makanan, gigi lebih rawan menjadi rusak dibandingkan tulang. Penyakit pada gigi bahkan banyak ditimbulkan oleh kebiasaan makan pemiliknya. Untuk mendapatkan gigi yang sehat, Anda harus menjaga kebersihan gigi dengan menjauhi kebiasaan yang buruk untuk pencacah makanan ini. Tanya dokter gigi melalui aplikasi Halodoc yuk apa saja kebiasaan yang harus dihindari.

Gigi pada manusia ada dua jenis yaitu gigi susu dan gigi sejati. Gigi susu tumbuh saat balita hingga masak kanak-kanak sedangkan gigi sejati tumbuh setelahnya. Gigi sejati mengalami pertumbuhan sesuai dengan postur tubuh dan genetika orang tersebut. Namun pertumbuhan gigi ini bisa maksimal sehingga bagi seseorang yang kehilangan gigi sejatinya, tak bisa lagi mendapatkan gigi baru dari pertumbuhan gigi alami sehingga harus melakukan implan gigi jika tak ingin terlihat ompong.

Selain masalah gigi tanggal atau patah akibat cedera, gigi memiliki banyak masalah kesehatan lainnya seperti gigi berlubang, karang gigi, gigi kuning dan sakit pada gusi. Masalah kesehatan gigi tersebut erat kaitannya dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari khususnya saat makan. Padahal sakit gigi akan terasa sakit sekali sehingga bisa mengganggu aktifitas seseorang. Selain itu gigi yang berwarna kuning meski tidak sakit juga akan mengganggu penampilan sehingga mengurangi rasa percaya diri. Lalu kebiasaan apa saja yang sebaiknya dihilangkan untuk menjaga kesehatan gigi? Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang bisa berakibat fatal untuk gigi Anda:

1. Tidak rutin menggosok gigi

Menggosok gigi adalah kebiasaan yang harus dibangun sedari kecil. Menggosok gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur secara rutin. Jika Anda tidak rutin menggosok gigi bisa jadi kotoran tidak terangkat dan menyebabkan penumpukan kotoran penyebab gigi berlubang.

2. Makan makanan manis di malam hari

Setelah menggosok gigi seharusnya Anda tidak makan lagi dan langsung tidur. Namun beberapa orang memiliki kebiasaan masih makan manis dan tidak lagi menggosok giginya. Kebiasaan ini yang menyebabkan gigi cepat berlubang. Saat terjadi penumpukan gula di dalam gigi yang sudah berlubang, akan menjadi sarang kuman penyebab sakit gigi.

3. Makan makanan panas

Makan makanan yang terlalu panas bisa menyebabkan gigi ngilu dan terkikis lapisan paling atasnya. Jika dibiarkan kebiasaan ini akan menyebabkan gigi mudah patah.

4. Minum kopi terlalu sering

Minum kopi memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Namun kebiasaan ini juga bisa berakibat gigi cepat menguning. Selain kopi, kebiasaan merokok dan minum minuman berwarna pekat juga bisa menjadi penyebabnya.

Beberapa kebiasaan di atas bisa berakibat buruk untuk kesehatan dan penampilan gigi Anda. Untuk tindakan pengobatannya Anda bisa tanya dokter gigidi aplikasi Halodoc karena sekarang ini sudah banyak cara untuk mengatasi masalah sakit gigi ataupun untuk memperbaiki penampilan gigi. Apapun caranya, pastikan Anda melakukannya di dokter gigi yang memiliki ijin praktek resmi dan bukan di sembarang tempat yang berbahaya.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557