10 Ide Kreatif Usaha Online yang Layak Dicoba Tahun 2021

Dunia bisnis online terus berkembang dan Anda dituntut untuk terus berpikir kreatif jika ingin terjun di dalamnya. Kini pelaku usaha online semakin bekerja keras salah satunya lewat pengembangan website bisnis yang kreatif. Melalui layanan web hosting Exabytes Indonesia, Anda juga bisa membangun website bisnis Anda agar semakin melesat.

10 Ide Kreatif Usaha Online

 

Sebelum memulai website tentu Anda harus menentukan dulu jenis bisnis apa yang akan digeluti. Supaya tidak kalah saing, tentu Anda harus punya ide yang unik dan berbeda. Berikut ada 10 ide kreatif usaha online yang akan membawa kesuksesan bagi Anda di tahun 2021 ini.

1.    Bisnis Barang Antik

Ada banyak varian produk yang sebenarnya bisa dijadikan objek bisnis secara online. Tapi Anda harus memilih jenis produk yang tepat agar produk ini bisa laku dan punya segmentasi pasar yang tepat. Salah satu jenis barang yang bisa membawa banyak keuntungan adalah barang antik. Ya, jual beli barang antik bisa jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin bergabung ke dunia bisnis online.

Penggemar barang antik sebenarnya ada banyak sekali, jauh dari yang Anda duga. Orang yang menyukai barang antik biasanya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan barang-barang unik yang mereka inginkan. Berbisnis barang antik mungkin tidak mudah karena jenis barangnya juga sulit untuk didapat. Namun, uang yang Anda dapat bisa sangat besar jumlahnya.

2.    Produk Daur Ulang

Saat ini kesadaran untuk mencintai lingkungan semakin besar. Semakin banyak orang yang sadar diri untuk memanfaatkan lagi beragam benda yang sudah tidak terpakai. Situasi ini bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk berbisnis produk daur ulang. Kreativitas tentu sangat dibutuhkan dalam bidang bisnis yang satu ini.

Mengubah barang sampah menjadi produk yang bernilai dan bisa digunakan tentu tidak mudah. Tapi, perlu diketahui bahwa produk daur ulang biasanya punya harga yang mahal. Saat menjalankan bisnis ini Anda bisa mendapatkan dua hal yaitu mendapat uang dan ikut menjaga kelestarian lingkungan.

3.    Event Organizer

Bisnis yang satu ini juga masih mendapat kesempatan besar di tahun 2021. Sebagai event organizer, Anda akan bekerja untuk mengurusi berbagai jenis event. Bisnis ini memang tidak bisa sepenuhnya dilakukan secara online. Pada akhirnya Anda harus tetap terjun ke lapangan untuk melayani klien. Namun, proses marketing dan mencari klien bisa dilakukan secara online.

Pada tahun 2020 lalu, bisnis ini sempat lesu karena adanya pandemi COVID-19. Namun di tahun 2021 ini mungkin bisnis event organizer akan kembali melejit. Masyarakat akan sangat membutuhkan jasa event organizer yang bisa mengatur acara mereka agar bisa terselenggara dengan tetap memenuhi protokol kesehatan yang berlaku.

4.    Jasa Konsultan

Kini semuanya bisa dilakukan dengan mudah secara online. Meeting bersama klien juga sangat mungkin untuk dilakukan online memanfaatkan platform yang ada. Kondisi ini sangat memungkinkan Anda untuk membuka jasa konsultan secara online. Bidang yang ditekuni bisa disesuaikan dengan kemampuan dan ilmu yang Anda miliki.

Misalnya, Anda bisa menjadi konsultan bisnis jika memang memiliki pengalaman bisnis. Latar belakang pendidikan juga bisa menjadi modal untuk menjadi konsultan. Bisnis jasa konsultan ini bisa Anda jalankan dengan modal yang ringan bahkan bisa tanpa modal sekalipun.

5.    Reseller dan Dropshipper

Jika menjalankan bisnis sendiri masih dirasa terlalu berat, Anda bisa mencoba menekuni bisnis reseller dan dropshipper. Ada banyak toko online yang membuka kesempatan bagi reseller dan dropshipper. Bisnis jenis ini sangat menguntungkan dan mudah untuk dimulai karena modalnya ringan bahkan bisa nol rupiah.

Ada banyak varian produk yang dapat dijual dengan metode reseller. Salah satunya adalah reseller hosting yang belum terlalu banyak ada saat ini. Anda bisa bergabung menjual layanan hosting yang sekarang sudah banyak dibutuhkan.

6.    Program Afiliasi

Pilihan bisnis berikutnya yang bisa Anda jalankan adalah program afiliasi bersama pihak tertentu. Saat ini beragam jenis perusahaan atau bisnis membuka peluang afiliasi. Jenis kerjasama ini sangat populer dan menguntungkan. Anda bisa mendapatkan komisi jika berhasil mengajak orang lain untuk membeli dan menggunakan sebuah produk.

Temukan program afiliasi terbaik yang bisa memberi banyak komisi untuk Anda. Jangan lupa perhatikan jenis produknya, berapa besar komisi, serta peraturan yang berlaku agar Anda tidak dirugikan oleh adanya kerjasama ini.

7.    Sewa Perlengkapan Bayi

Saat ini ada banyak orang tua lebih memilih untuk menyewa perlengkapan bayi daripada harus membeli. Anda bisa menjadikan gaya hidup baru ini sebagai peluang bisnis. Bisnis jenis ini akan bertahan lama selama Anda bisa merawat semua barang-barang sewaan dengan baik dan benar.

Sediakan beragam jenis perlengkapan bayi mulai dari boks bayi, bathtub bayi, stroller, dan aneka mainan. Modal yang dibutuhkan mungkin besar pada awalnya namun Anda bisa segera balik modal dari keuntungan sewa yang didapatkan. Agar semakin banyak klien yang datang menyewa perlengkapan bayi Anda, gunakan media sosial serta website untuk melakukan pemasaran.

8.    Sewa Studio Foto

Jika Anda mencari jenis bisnis yang tahan lama dan selalu dibutuhkan maka studio foto bisa jadi solusinya. Anda bisa menyewa atau membeli suatu tempat dan mengubahnya menjadi studio foto. Berikan dekorasi ruang yang menarik dan buka tempat tersebut untuk bisa disewa sebagai tempat foto.

Saat ini ada banyak orang membutuhkan lokasi foto yang estetik. Entah sebagai kepentingan foto produk atau untuk foto pribadi. Tentu saja hal ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk mendapat banyak uang.

9.    Bisnis Terrarium

Ada lagi pilihan bisnis yang cukup unik dan belum banyak ditemukan yaitu bisnis terrarium. Saat ini terrarium tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Terrarium merupakan seni bertanam tanaman hias di media yang kecil berupa akuarium kaca. Ini menjadi salah satu metode bertanam yang bisa dilakukan jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup di rumah.

Terrarium menjadi sebuah seni yang mahal harganya. Jika Anda punya passion di bidang ini, maka jangan sampai disia-siakan. Sebagai pembuat kebun mini ini, Anda akan dibayar mahal sesuai dengan tingkat kesulitan terrarium yang Anda buat.

10.          Pembuatan Konten

Seiring dengan perkembangan pemakaian media sosial di kalangan masyarakat, pembuatan konten semakin dibutuhkan. Anda bisa menyediakan jasa pembuatan konten untuk beragam kebutuhan. Mulai dari kebutuhan bisnis hingga konten pribadi. Dari bisnis jasa ini Anda bisa mendapatkan banyak klien dan tentu keuntungan yang besar.

Sebagai pembuat konten, tentu dibutuhkan kreativitas yang besar. Anda harus meluangkan banyak waktu untuk belajar, mencari referensi, dan berkreasi dengan beragam jenis konten agar dihasilkan ide-ide yang menarik.

Beragam jenis pilihan bisnis kreatif bisa Anda jalani mulai dari hari ini. Manfaatkan peluang yang ada dan optimalkan dengan membuka website untuk bisnis Anda. Gunakan layanan hosting dari Exabytes Indonesia agar akses website bisa berjalan lancar dan memudahkan calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *