Inilah 6 Gejala Maag yang Sudah Masuk Kategori Berbahaya, Harus Diwaspadai!

Sakit maag umumnya dapat dialami oleh siapa saja yang memiliki pola makan buruk. Umumnya orang-orang yang tidak teratur jadwal makannya, begitu juga dengan mereka yang terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, terlalu pedas dan juga asam beresiko tinggi untuk terkena gangguan kesehatan ini.

Pada tahap awal memang banyak orang yang kerap kali menyepelekan gejala maag tersebut. Karena tak jauh berbeda dibandingkan dengan penyakit-penyakit yang menyerang saluran cerna lainnya.

Hanya saja patut untuk diketahui bahwa penyakit yang satu ini juga dapat berkembang menjadi semakin parah jika seandainya tidak diatasi dengan tepat. Apalagi jika seandainya sudah masuk kedalam fase maag akut, dimana memang penyakit maag akut terjadi dalam jangka waktu panjang dan tidak segera mendapatkan penanganan secara tepat.

Alhasil besar kemungkinan gangguan kesehatan tersebut menyebabkan komplikasi dengan penyakit yang lebih serius. Jika gejala umum sakit maag hanya sebatas nyeri pada ulu hati, rasa mual ketika tengah makan, mudah kenyang dan juga mengalami penurunan nafsu makan. Maka Anda patut untuk berhati-hati jika seandainya gejala yang dirasakan sudah sampai pada fase ini, yaitu:

  1. Mual dan muntah secara terus menerus, ketika maag masih dalam tahap awal biasanya pasien akan merasakan mual ketika sedang makan. Namun ketika kondisinya sudah semakin parah, maka tak hanya mual saja yang dirasakan. Melainkan juga Anda akan mengalami mual hingga muntah secara terus menerus ketika sedang makan. Hal tersebut secara otomatis membuat Anda juga akan kekurangan asupan nutrisi untuk tubuh.
  2. Perubahan warna pada tinja, perhatikan juga warna pada tinja yang Anda keluarkan, waspadai jika seandainya terjadi perubahan warna yang abnormal, yaitu warnanya berubah menjadi coklat. Perubahan warna ini sebenarnya juga bukan tanpa alasan, melainkan karena ada darah yang ikut keluar dari sana, artinya sudah terjadi pendarahan di lambung dan sangat berbahaya.
  3. Muntah darah, nyatanya maag yang sudah masuk tahap kronis, bahkan juga mengalami komplikasi hingga menyebabkan kanker lambung akan membuat penderitanya mengalami muntah darah. Muntah darah ini sebenarnya juga bukan tanpa sebab. Melainkan karena memang ada pendarahan internal di dalam tubuh. Disertai dengan gejala mual dan muntah pada penderita maag, akibatnya muntahan tersebut bercampur darah.
  4. Nyeri perut yang terjadi secara tiba-tiba dengan intensitas yang hebat, waspadai juga jika secara tiba-tiba Anda merasakan perut mengalami rasa sakit yang sangat hebat. Hingga terkadang Anda tidak mampu untuk menahan rasa sakit yang disebabkan tersebut. karena artinya maag yang dialami tersebut sudah sangat berbahaya.
  5. Sulit napas, komplikasi yang dialami oleh penderita sakit maag tak jarang diantaranya yang membuat mereka sulit untuk bernapas, sehingga tubuh akan kekurangan oksigen.
  6. Anemia, karena saluran cerna tidak mampu untuk mencerna makanan dengan baik, maka hal ini akan menyebabkan tubuh mengalami kekurangan sel-sel darah merah, karena memang bahan baku yang didapatkan dari makanan tidak dapat diolah dengan baik oleh tubuh.

Jangan sepelekan penyakit maag jika tak ingin berujung fatal. Jika sudah mulai merasakan gejala maag bahkan yang ringan sekalipun, maka segera datang berobat ke dokter. Penanganan sedini mungkin akan membantu menyembuhkan penyakit secara optimal, juga mencegahnya agar tidak sampai menyerang kembali. Imbangi dengan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat.

Referensi:

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Medical News Today. Diakses pada 2020. What are gastric and duodenal ulcers?

Halodoc. Diakses pada 2021. Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Promag.Diakses pada 2021. Gejala Sakit Maag Yang Harus Dikenali

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *