Deadline atau Dateline? Pahami Makna Sebenarnya agar Tak Salah Pakai

Deadline atau dateline? Kedua istilah ini memang cukup membingungkan. Tidak jarang orang yang salah memakainya. Oleh karena itu, sangat perlu untuk memahami makna yang sebenarnya dari kedua istilah tersebut agar Anda tak ikut salah memakainya.

Makna Deadline dan Dateline

Bagaimanapun juga, setiap orang harus memahami makna setiap kata yang akan dipakainya. Hal ini sangat penting agar tidak menimbulkan kesalahpahaman. Di antara istilah deadline dan dateline, terdapat perbedaan makna. Arti keduanya sangatlah berbeda. Hanya saja, masih banyak orang yang kurang memahami makna masing-masing.

Agar lebih memahaminya, makna kedua istilah tersebut dapat dilihat dari strukturnya. Cara ini sangat efektif untuk memahami asal terbentuknya kedua istilah tersebut. Dengan demikian, tidak ada lagi kasus kesalahan pemakaian.

Pertama, istilah deadline terdiri dari dua kata berbahasa Inggris yaitu “dead” dan “line.” Kata “dead” berarti “mati” yang dalam konteksnya bermakna tidak berlaku lagi. Kata “line” berarti “baris atau garis” yang menurut konteksnya bermakna garis batas atau batas waktu. Jika digabung, deadline artinya tenggat waktu atau batas waktu.

Kedua, istilah dateline terdiri dari dua kata berbahasa Inggris juga yaitu “date” dan “line.” Kata “date” berarti “tanggal” dan kata “line” berarti “baris atau garis.” Jika digabung menjadi satu, maka artinya adalah baris tanggal.

Pemakaian Kata Deadline dan Dateline Sesuai Konteks

Setelah memaknai kata demi kata dari struktur pembentuknya atau secara bahasa, Anda dapat memahami kembali perbedaan maknanya. Deadline bermakna batas waktu, sedangkan dateline berarti baris tanggal. Dengan demikian, sudah jelas makna dari kedua istilah tersebut.

Berkaitan dengan makna tersebut, tentu pemakaian kata dalam kalimatnya juga mempunyai perbedaan, bahkan sangat berbeda. Deadline yang berarti batas waktu digunakan jika Anda ingin mengatakan batas waktu dari suatu hal. Berbeda dengan istilah dateline yang tepat digunakan untuk mengatakan baris tanggal dalam suatu laporan peristiwa atau berita.

Itulah penjelasan kedua istilah yang sering salah dipakai yaitu deadline dan dateline. Keduanya mempunyai makna berbeda dari segi bahasa. Konteks pemakaiannya juga sangat berbeda mengikuti makna dari kedua istilah tersebut. Jadi, jangan salah atau bingung lagi antara deadline atau dateline.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *