Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Wajib Anda Ketahui

Tidak hanya bisa menghasilkan uang saja, bekerja merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh. Bekerja bisa dilakukan kapan dan di mana saja bagi pekerja lepas atau freelancer, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk pekerja yang terikat dengan lembaga atau perusahaan tertentu. Jika Anda ingin mengambil cuti atau tidak masuk kerja, wajib memberikan surat izin kepada atasan. Contoh surat izin tidak masuk kerja bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin mengambil libur dengan sopan.

Mengenal struktur dalam surat izin tidak masuk kerja

Sebagai karyawan yang terikat dengan pekerjaan, Anda punya kewajiban untuk mematuhi prosedur yang berlaku di perusahaan tersebut, termasuk urusan cuti dan tidak masuk kerja. Jika memang Anda mengambil waktu selain cuti yang diberikan, sebaiknya memberikan lampiran surat izin pada kepala divisi atau atasan terkait. Contoh surat izin tidak masuk kerja bisa disesuaikan dengan alasan Anda mengambil libur tersebut.

Dalam penulisan contoh surat izin tidak masuk kerja, Anda wajib tahu bahwa struktur penulisan sama dengan surat izin yang lain. Surat memiliki tempat dan tanggal penulisan, alamat tujuan, perihal, salam pembuka yang sopan, identitas pengirim, isi, salam penutup, dan nama serta tanda tangan pengirim surat. Bahasa yang digunakan dalam kepenulisan surat izin tidak masuk kerja harus formal, sopan dan sesuai dengan kaidah kepenulisan yang benar atau EBI.

Bisa dikatakan bahwa contoh surat izin tidak masuk kerja merupakan bentuk formal bahwa Anda sudah menyampaikan permintaan mengambil cuti atau libur karena kebutuhan yang mendesak. Jika alasan tidak masuk kerja bukan karena sakit, sebaiknya Anda memberitahukan jauh hari mengenai kepentingan tidak masuk kerja tersebut, misalnya bepergian ke luar kota, mengambil cuti menikah atau melahirkan tambahan, dan lain-lain. Pastikan bahwa pekerjaan Anda bisa diselesaikan sebelum mengambil libur kerja, ya!

Pasalnya, Anda tidak boleh membuat surat izin tidak masuk kerja dengan alasan yang terlalu mengada-ada. Atasan tidak bisa memberikan izin begitu saja bila alasan libur tidak jelas. Apalagi Anda yang punya tugas dan tanggung jawab besar di kantor yang memungkinkan tidak bisa mewakilkan pekerjaan ke pihak lain, sebaiknya diskusikan hal tersebut dengan atasan lebih dulu.

Kenali contoh surat izin tidak masuk kerja formal

Supaya Anda lebih paham mengenai cara menulis surat izin yang baik, berikut contoh surat izin tidak masuk kerja kantor karena sakit :

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit di atas wajib melampirkan Surat Keterangan dari dokter yang legal. Jika Anda punya alasan kuat untuk mengambil libur sebab punya kepentingan mendesak, maka beritahukan dengan baik kepada pimpinan. Gunakan alasan yang jujur, tidak bertele-tele dan memakai bahasa yang sopan agar permintaan izin tidak masuk kerja diterima.

Tidak masuk kerja tanpa alasan bisa saja menjadi bumerang untuk karir Anda di lembaga atau perusahaan tersebut. Risiko menerima Surat Peringatan hingga pemecatan tidak hormat bisa membuat Anda kehilangan pekerjaan. Contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar bisa Anda jadikan referensi agar tidak terjadi salah kaidah kepenulisan. Apalagi karyawan baru yang masih dalam tahap training atau kontrak, sebaiknya hindari tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *