Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan Ibu Rumah Tangga

Peranan ibu rumah tangga memang tidak bisa disepelekan. Seperti yang kita ketahui, peran sebagai seorang ibu rumah tangga merupakan peran yang sungguh sangat kompleks. Jika Anda melihat mulai dari pagi hingga pagi lagi dan mulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar. Salah satu tugas yang beratnya yaitu mengatur pengeluaran dari kebutuhan rumah tangga misalnya pengeluaran uang belanja bulanan ibu rumah tangga.

Umumnya pengeluaran rumah tangga sering dipengaruhi dengan gaya hidup yang terlalu berlebihan. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar dapat menghemat pengeluaran khususnya pengeluaran belanja ibu rumah tangga. Nah, berikut ini kami sudah rangkum mengenai cara menghemat uang belanja bulanan ibu rumah tangga.

Mulailah Makan Makanan yang Sehat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar dapat menghemat pengeluaran, sebenarnya tidak selalu mengenai kondisi keuangan dan masalah cara belanja sekarang ini. Tetapi, Anda juga bisa melihat dari bagaimana pola makan keluarga Anda, dan Anda harus perhatikan dengan cermat makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya bersama keluarga.

Anda dapat membiasakan untuk mengajak keluarga mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, pastinya disertai dengan porsi yang tidak berlebih-lebihan dan tepat. Banyak orang tidak mengetahui bahwa cara yang satu ini dapat mempengaruhi investasi keuangan keluarga Anda, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Anda juga harus membiasakan anak-anak Anda mengkonsumsi makanan yang dibuat oleh diri Anda sendiri.

Menggunakan Kacamata Kuda Saat Berbelanja

Anda harus membiasakan diri untuk membuat daftar belanjaan terlebih dahulu sebelum ke supermarket atau pasar. Belilah apa yang Anda perlukan dalam jangka waktu sebulan, jangan biasakan untuk memenuhi apa yang ingin Anda beli pada saat itu. Sebaiknya Anda fokus dalam membeli apa yang sebelumnya sudah dicatat dari rumah terlebih dahulu.

Tahan dulu ego Anda dari berbagai godaan untuk membeli barang yang tidak Anda diperlukan. Lakukan juga penghematan kecil agar dapat menyimpan lebih banyak uang untuk ditabung atau disimpan sebagai cadangan bila nanti ada hal yang mendesak atau tidak diduga sebelumnya. Perhatikan dengan teliti selisih harga barang sejenis yang mungkin saja bisa Anda hemat.

Belanja Secara Online

Kalau Anda memang ingin menghemat pengeluaran belanja Anda, maka biasakan untuk berbelanja keperluan dapur secara online. Agar dapat mendapatkan harga sayur serta berbagai keperluan pokok lainnya dengan harga yang mungkin lebih murah.

Pergi berbelanja ke pasar tradisional yang pastinya mematok harga barang lebih tinggi. Nah, jika Anda berbelanja online otomatis jua akan menghemat uang transportasi yang Anda keluarkan jika belanja di supermarket atau pasar tradisional. Karena biasanya penjual online akan mengantarkan pesanan kita ke rumah.

Memasak dengan Porsi yang Tepat

Anda harus sudah mengetahui porsi hidangan yang cukup untuk sekeluarga. Biasakanlah untuk memasak makanan dengan secukupnya, mungkin boleh-boleh saja sesekali di lebihkan tetapi jangan terlalu berlebihan juga. Kalau semuanya masih banyak yang tersisa maka bisa Anda simpan kembali di kulkas, nantinya bisa Anda olah kembali menjadi hidangan makan baru yang lezat.

Siapkan Alokasi Belanja

Cara menghemat uang belanja bulanan terakhir adalah dengan membuat alokasi belanja. Karena pada dasarnya semua kebutuhan tidak bisa Anda beli dalam waktu yang bersamaan. Anda harus mematuhi alokasi belanja yang telah Anda rencanakan sebelumnya dan jangan sampai Anda melanggarnya jika Anda tidak ingin kewalahan di bulan selanjutnya.

Nah, itulah cara menghemat uang belanja bulanan ibu rumah tangga yang bisa diterapkan, agar Anda tidak lagi terbebani oleh keuangan keluarga Anda.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *