5 Cara Mempromosikan Bisnis Makanan Online Rumahan

Bosan dengan status sebagai karyawan biasa yang tidak bisa mengembangkan kemampuan diri lebih baik? Mungkin Anda bisa memutuskan untuk membuka bisnis online yang bisa dilakukan tanpa resign. Pasalnya, keputusan resign membutuhkan pertimbangan matang kecuali Anda memang memiliki pendapatan diluar gaji utama. Salah satu peluang usaha yang bisa memberikan kesuksesan untuk Anda adalah bisnis makanan online rumahan. Selama ada perut yang lapar, bisnis makanan masih memiliki pasar potensial.

Mempromosikan Bisnis Makanan

Sebaiknya Anda mempersiapkan diri sebelum tertarik terjun ke bisnis kuliner dengan menerapkan cara mempromosikan bisnis makanan secara online berikut ini.

1. Menciptakan inovasi produk yang unik

Kuliner baru selalu mampu menarik perhatian banyak orang yang penasaran mencoba sensasi rasa. Ada baiknya Anda benar-benar memiliki keahlian dalam membuat makanan tersebut agar citarasa istimewa bisa menghipnotis lidah pelanggan.

Jangan sampai Anda mendapatkan review yang buruk mengenai rasa dan tampilan makanan sejak awal promosi. Tak hanya segi rasa, pastikan pelayanan online Anda memuaskan, ya! Inovasi kuliner yang kekinian akan membuat nama atau branding produk makanan Anda semakin terkenal. Untuk pemula yang baru terjun ke bisnis kuliner, coba saja menawarkan produk pada orang-orang terdekat untuk mendengarkan komentar dan masukan positif mereka.

2. Membuat variasi makanan

Persaingan bisnis makanan online rumahan semakin ketat karena semua orang menawarkan kuliner yang beragam. Agar tidak ketinggalan jaman, Anda harus mampu membuat variasi makanan yang beragam. Misalnya Anda menawarkan menu makanan rumahan seperti nasi goreng, bisa menambahkan pilihan nasi goreng seafood, nasi goreng level pedas, nasi soto goreng, dan lain-lain. Semakin kreatif apa yang Anda tawarkan, semakin besar peluang pasar yang bisa diraih.

3. Menyajikan kuliner semenarik mungkin

Bisnis makanan online rumahan yang Anda tekuni wajib memperhatikan packaging atau pengemasan makanan yang menarik. Jika Anda menawarkan pesanan catering rumahan, pastikan memberikan penyajian yang praktis dan sehat. Kalau Anda menawarkan pesanan kuliner untuk anak-anak, Anda wajib menyajikan makanan dalam bentuk yang lucu dan menarik, misalnya bento nasi kuning.

4. Memberikan sistem promosi yang menarik minat pelanggan

Loyalitas pelanggan merupakan hal utama yang harus dipertahankan kalau Anda ingin sukses terjun ke bisnis ini. Pastikan melakukan sistem promosi menarik agar peminat semakin banyak. Misalnya Anda memberikan diskon khusus untuk pembelian dalam jumlah banyak, mendapatkan makanan penutup gratis untuk pembelian pada hari tertentu dan masih banyak ide promosi yang lain.

Baca Juga :

Lakukan riset untuk melihat promo yang dilakukan kompetitor lain. Namun, jangan memaksa diri untuk melakukan sale besar-besaran mengingat untung bisnis makanan online tidak begitu besar.

5. Membangun jaringan bisnis

Bisnis makanan online harus dijalani dengan semangat tinggi agar Anda mampu bersaing dengan pebisnis di bidang yang sama. Jangan ragu untuk memulai langkah Anda dengan memperbanyak relasi di bisnis kuliner. Misalnya Anda bisa menggaet restoran, kafe, kantin, supplier bahan mentah, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengiklankan bisnis kuliner Anda secara konsisten.

Menggunakan jasa influencer sanggup memberikan efek positif agar bisnis kuliner Anda dikenal banyak orang. Tentu endorsement harus tetap disesuaikan dengan keuangan bisnis Anda agar tidak merugi kemudian hari.

Nah, apakah Anda tertarik mencoba bisnis makanan online rumahan yang bisa menjadi penghasilan sampingan? Siapa tahu Anda bakal benar-benar resign dan menjadi seorang pengusaha kuliner terkenal di Indonesia. Usaha yang besar dimulai dari langkah kecil dahulu, bukan? Yuk, mulai bisnis kuliner Anda tanpa rasa takut!

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557