Cara Membuat CV dengan Tampilan Keren untuk Pemula

CV atau curriculum vitae memiliki peran penting di dunia kerja. Dokumen inilah yang akan menjadi senjata bagi para pencari kerja untuk menemukan jodoh perusahaan mereka. Pembuatan CV juga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Ini dia cara membuat CV untuk pemula yang bisa kamu coba.

1. Gunakan Desain Simpel

Hindari pemakaian desain CV yang berlebihan. Justru desain yang berlebihan dan terkesan norak tidak akan menarik perhatian. Sebaliknya, pilih desain dan template CV yang simpel. Salah satu contoh mudahnya adalah penggunaan warna. Pilih desain CV dengan warna yang netral agar isi tulisan mudah untuk dibaca.

Selain warna, penggunaan font juga harus diperhatikan. Pilih jenis font yang tidak hanya bagus namun juga bisa terlihat dan terbaca dengan jelas.

2. Tidak Bertele-tele

Tuliskan CV dengan singkat, tidak bertele-tele, namun tetap padat informasi. Penting sekali untuk menyeleksi informasi apa saja yang ingin dituliskan di CV. Sebaiknya tuliskan hal-hal yang memang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Tak perlu menuliskan hal-hal yang sekiranya tidak ada hubungan.

Utamakan informasi pokok seperti identitas diri dan riwayat pendidikan. Sementara itu untuk keterampilan, prestasi, pengalaman dan lain sebagainya bisa disesuaikan dengan posisi yang memang ingin kamu lamar.

3. Kenali Data yang Penting

Agar penulisan CV tidak berlebihan, penting sekali untuk mengetahui data apa saja yang memang penting untuk dituliskan. Identitas menjadi informasi yang harus ditulis pertama kali. Tuliskan nama, usia, alamat, nomor telepon, akun media sosial, email, dan lain sebagainya.

Selanjutnya kamu perlu menuliskan riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, soft skill, hard skill, penghargaan, dan lain sebagainya. Tidak semua pengalaman juga harus dituliskan. Tuliskan saja pengalaman yang sesuai dengan posisi kerja yang sedang kamu incar.

4. Manfaatkan Aplikasi

Pembuatan CV saat ini sudah semakin mudah untuk dilakukan. Salah satu cara membuat CV untuk pemula yang bisa kamu coba adalah dengan memakai bantuan aplikasi. Biasanya aplikasi pembuat CV sudah memiliki fasilitas desain sehingga kamu hanya perlu menuliskan data-data yang memang perlu ditulis.

Jika kamu memang ingin menggunakan aplikasi, sebaiknya pilih desain CV yang tetap simpel. Utamakan isi informasi yang akan dimuat dalam CV. Namun, tetap pilih desain yang menarik mata hanya saja jangan berlebihan. Beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu pakai adalah Resume Maker, CV Maker, Resumaker, dan lain-lain.

5. Hindari Kesalahan Penulisan

Pastikan untuk selalu memeriksa tulisanmu berulang kali demi menghindari adanya typo atau kesalahan penulisan. Pastikan ejaan yang kamu gunakan sudah benar dan tidak ada penggunaan huruf yang berlebihan dan kurang. Typo bisa menyebabkan kesalahan informasi yang ingin disampaikan.

Tak hanya itu, typo juga bisa menyebabkan kamu dinilai tidak profesional. Jika kamu menuliskan CV dengan banyak typo, maka kamu akan dinilai tidak teliti dan tidak profesional sehingga menulis CV asal-asalan.

6. Pakai Template

Selain menggunakan aplikasi pembuat CV, kamu juga bisa memanfaatkan template yang beredar di internet. Ada banyak sekali template CV yang bisa kamu gunakan. Pilih template yang paling sesuai dengan karakter diri dan desainnya tidak berlebihan.

Mudah sekali untuk menemukan template CV. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis dari internet. Template ini akan sangat mempermudah karena kamu tidak perlu membuat desain CV dari awal. Cukup dengan menuliskan data di template yang sudah tersedia.

7. Cari Referensi
Contoh CV
Contoh CV

Tidak ada salahnya mencari banyak referensi penulisan CV. Ada banyak sekali contoh CV yang bisa kamu temukan di internet. Gunakan contoh-contoh CV ini sebagai inspirasi untuk membuat CV milikmu sendiri.

Selain itu, cobalah belajar dari CV yang tidak sempurna. Pelajari apa saja kesalahannya dan jangan diterapkan di CV yang akan kamu buat. Ada banyak pembahasan kesalahan CV yang bisa kamu temukan di internet maupun di media sosial sebagai pembelajaran.

Itulah tadi cara membuat CV untuk pemula yang bisa kamu lakukan. Susunlah CV sebaik mungkin agar bisa menarik perhatian HRD dari perusahaan yang kamu lamar. Cobalah untuk terus memperbaiki CV agar bisa memuat informasi terbaik tentang dirimu dan membuat kamu mendapat pekerjaan yang kamu inginkan.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *