Cara Melamar Kerja di Alfamart yang Sebaiknya Anda Pahami

Alfamart merupakan salah satu retail terbesar di Indonesia yang memiliki cabang di mana-mana. Pelayanan yang bagus membuat Alfamart menjadi pusat belanja yang dicintai pelanggan. Anda yang butuh pekerjaan, bisa mencari informasi terkait lowongan pekerjaan di Alfamart. Tinggal pilih lokasi Alfamart yang relevan dengan domisili Anda saat ini, ya! Namun, alangkah baiknya Anda mempersiapkan diri dan tahu cara melamar kerja di Alfamart lebih dulu.

Panduan melamar kerja di Alfamart yang wajib diketahui

Pelamar yang ingin mencoba peluang kerja di Alfamart, sebaiknya ketahui panduan melamar singkat berikut :

1. Melamar kerja lewat portal resmi Alfamart

Mencari informasi mengenai ketersediaan lowongan pekerjaan wajib Anda lakukan lebih dulu. Kunjungi portal resmi Alfamart untuk mengetahui posisi dan lokasi cabang yang membutuhkan karyawan baru. Jika Anda memang sudah mendapatkan informasi terkait posisi yang dibutuhkan seperti kasir, pramuniaga, staff gudang atau supervisor, maka segera lakukan pengisian data yang dibutuhkan.

Ada baiknya untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan lebih dulu mencakup daftar riwayat hidup, riwayat pendidikan, data pribadi,  mengisi form pernyataan, kelengkapan dokumen, dan semua persyaratan yang terlampir.

Jika Anda sudah mengecek ulang kelengkapan tersebut, maka unggah semua berkas Anda. Tinggal menunggu waktu untuk menerima panggilan wawancara dari pihak HRD. Hal yang sama berlaku apabila lamaran harus dikirim via surel, Anda wajib melengkapi semua lampiran yang dibutuhkan termasuk penulisan surat lamaran kerja yang baik.

2. Melamar pekerjaan secara konvensional

Tidak hanya mencoba peluang cara melamar kerja di Alfamart secara online, Anda juga bisa melamar pekerjaan via surat biasa atau konvensional. Anda bisa mempersiapkan surat lamaran kerja yang ditulis tangan dengan baik serta kelengkapan dokumen pendukung. Lampiran yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan konvensional sama yaitu daftar riwayat hidup, fotokopi KTP atau SIM, fotokopi SKHUN atau ijazah terakhir, fotokopi SKCK terbaru, fotokopi Surat Keterangan Sehat, dan pas foto 4×6 yang paling terbaru.

Semua berkas yang dibutuhkan harus Anda masukkan dalam amplop dan kirimkan langsung ke alamat Alfamart terkait. Pengiriman via pos  atau ekspedisi lain mungkin memakan waktu lama, namun pihak Alfamart bisa mempertimbangkan jalur manual ini. Mengingat antrian tumpukan lamaran online yang perlu peninjauan lebih lama. Anda tidak tahu mana yang bakal menjadi prioritas, bukan?

3. Mengikuti tes lanjutan

Jika nama Anda masuk dalam kandidat calon karyawan Alfamart, maka persiapkan diri untuk mengikuti tes lanjutan dengan baik. Anda wajib mengikuti tes tertulis atau wawancara sehingga lakukan persiapan jauh hari. Dari segi penampilan, Anda wajib mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pihak Alfamart. Selain itu, pastikan Anda selalu percaya diri agar memiliki nilai lebih unggul saat menjalani sesi wawancara dengan pihak HRD.

Baca Juga : 4 Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Online

Tak hanya tes tertulis dan wawancara saja, Anda kemungkinan mengikuti tes kesehatan fisik lebih dulu. Jaga stamina Anda dengan baik agar bisa mengikuti rangkaian tes perekrutan karyawan baru secara maksimal.

Jika Anda sudah mengikuti semua prosedur melamar kerja, maka tinggal menunggu waktu pengumuman tiba. Anda yang telah diterima pihak Alfamart bisa bersiap mengikuti masa training atau pelatihan untuk calon karyawan baru. Pemberian materi dan kegiatan pelatihan akan disampaikan langsung oleh pihak Alfamart. Anda hanya perlu disiplin mengikuti setiap kegiatan agar bisa diterima sebagai karyawan kontrak atau tetap.

Yuk, coba peluang Anda dengan mencoba cara melamar kerja di Alfamart baik online atau offline! Mendapatkan pengalaman dan wawasan baru dengan bekerja di toko retail terbesar di Indonesia, kenapa tidak?

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *