5 Cara Hemat Listrik Pulsa dan Listrik Pasca Bayar

Era modern saat ini hampir semua aspek kehidupan membutuhkan bantuan alat elektronik, yang tentu membutuhkan listrik. Meski demikian bukan berarti penggunaan listrik tidak bisa ditekan atau di hemat. Melakukan penghematan listrik memang memerlukan strategi yang matang. Oleh sebab itu, berikut 5 cara hemat listrik pulsa dan listrik pasca bayar yang efektif.

Gunakan Perangkat Elektronik Hemat Listrik

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat banyak bermunculan perangkat elektronik dengan penggunaan daya yang lebih efisien. Semakin efisien penggunaan daya, maka kebutuhan listriknya pun akan semakin kecil. Oleh sebab itu, ketika membeli perangkat elektronik pastikan memilih perangkat yang membutuhkan daya rendah.

Salah satu hal yang mungkin bisa langsung kamu aplikasikan adalah dengan cara mengganti lampu rumah dengan lampu LED. LED atau Light Emitting Diodes merupakan teknologi terbaru di perangkat penerangan. Lampu jenis ini memiliki efisiensi daya yang tinggi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, tidak menyebabkan panas dan daya tahan yang lebih panjang.

Perbedaan efisiensi daya lampu LED dengan lampu jenis lain cukup besar, mencapai 80 pesen. Cara hemat listrik pulsa dan listrik pasca bayar ini cukup efektif dengan perbedaan yang signifikan. Mungkin kamu berpikir bahwa perbedaannya hanya beberapa watt saja, namun penggunaan lampu dalam jangka waktu yang panjang akan memberikan dampak yang besar pada penggunaan listrik.

Cek Listrik Secara Berkala

Cara menghemat listrik pulsa dan listrik pasca bayar selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan listrik secara berkala. Kebanyakan orang lupa atau malas melakukan hal ini, padahal cara ini cukup penting untuk mengontrol penggunaan listrik tiap harinya. Pengecekan rutin dapat membantu kamu mengontrol penggunaan listrik sehingga tidak boros.

Jika perlu, kamu bisa menghitung biaya listrik dari alat elektronik. Meskipun terdengar ribet, cara ini cukup ampuh menekan penggunaan listrik. Mengetahui kebutuhan listrik tiap barang, berarti kamu memahami berapa biaya yang dibutuhkan tiap menggunakan perangkat tersebut. Alhasil kamu akan lebih bijak menggunakan listrik dan lebih hemat tentunya.

Bijaksana dalam Menggunakan AC

AC memang memegang peran penting, terutama di daerah tropis seperti indonesia. Namun, konsumsi listrik AC cukup besar dibandingkan perangkat listrik lainnya. Oleh sebab itu, Mengatur penggunaan AC merupakan cara hemat listrik pulsa dan listrik pasca bayar yang cukup efektif.

Gunakanlah AC hanya jika memang benar-benar dibutuhkan, misalnya saat melakukan aktivitas yang membutuhkan AC, saat tidur dan saat panas terik. Kamu juga bisa mengatur suhu AC untuk melakukan penghematan. Misal sebelumnya kamu mengatur suhu AC 16°C, jika memang suhu tidak terlalu panas dan tidak banyak orang di ruangan kamu bisa mengubah menjadi 23-25°C.

Batasi Jatah Pengisian Pulsa

Selanjutnya adalah cara menghemat listrik pulsa dengan membuat batasan pengisian pulsa. Setelah mengetahui berapa penggunaan listrik rata-rata tiap bulannya, kamu bisa membuat batasan biaya listrik. Misal, kamu menentukan biaya listrik Rp200.000 per bulan, usahakanlah tidak mengisi listrik lebih dari itu. Hal ini penting guna mencegah penggunaan listrik yang tak terkendali.

Baca Juga :

Cabut Steker yang Tidak Terpakai

Hal-hal kecil seperti mencabut steker yang tidak terpakai sering terlupakan dalam usaha menghemat penggunaan listrik. Padahal ketika steker masih tertancap akan tetap memakan daya listrik. Memang penggunaan dayanya tidak terlalu besar, namun jika dibiarkan terus-menerus maka listrik yang terbuang percuma akan semakin besar.

Jika kamu tidak ingin repot mencabut steker tiap selesai menggunakan alat elektronik, gunakanlah steker yang memiliki saklar sehingga penggunaan listrik dapat terhenti. Selain itu, selalu gunakan kabel yang SNI. Hal ini berguna untuk mencegah kerak kabel yang dapat membuat konsumsi listrik suatu alat elektronik meningkat tak terkendali.

Itulah beberapa cara hemat listrik pulsa dan pasca bayar yang bisa kamu terapkan di rumah. Semoga dengan menerapkan cara-cara di atas, Kamu bisa berhemat dalam penggunaan listrik. Dan dengan begitu, beban keuangan keluarga kamu akan sedikit lebih ringan.

Apapun itu, semua bisa di hemat untuk kehidupan yang lebih baik.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557