Cara Hemat Ala Anak Kos, Anti Kehabisan Uang Bulanan

Cara hemat bukan hanya harus diterapkan oleh ibu rumah tangga yang mengurus kebutuhan rumah. Namun, juga bagi anak kos yang hidup merantau dan jauh dari orangtua. Agar tidak hidup nelangsa di kota orang, anak kos harus mampu mengatur keuangan dengan baik dan tidak hidup boros.

Trik Hidup Hemat untuk Anak Kos

Bagi anak kos yang tidak tahu bagaimana cara menghemat uang bulanan, akhir bulan merupakan saat paling mengerikan karena ketika kehabisan uang tidak dapat membiayai kehidupan di kota orang. Belum tentu juga orangtua dapat memberikan tambahan biaya hidup. Oleh sebab itu, harus gunakan trik yang tepat, seperti:

1.     Belajar Membuat Anggaran Keuangan

Hidup di perantauan memang tidak mudah apalagi dengan dana pas-pasan. Dalam kondisi seperti ini mau tidak mau harus pandai mengatur anggaran keuangan walaupun belum pernah melakukannya.

Cobalah membuat anggaran biaya hidup dengan membuat daftar kebutuhan kemudian mengatur berapa dana untuk setiap kebutuhan berdasarkan dari biaya hidup yang dimiliki. Gunakan dana sebaik mungkin agar tidak kehabisan uang dalam waktu singkat.

2.     Lakukan Belanja Bulanan Online

Cara hemat berikutnya adalah jangan membahayakan dompet dengan sering pergi ke minimarket untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Lebih baik jika melakukan belanja online sehingga tidak melakukan pembelanjaan barang yang tidak dibutuhkan.

3.     Memasak Sendiri

Untuk menghemat biaya hidup Anda bisa memasak makanan sendiri karena dapat menghemat anggaran biaya makan. Misalnya, sekali makan di warteg menghabiskan uang 20 ribu, tapi jika menggunakannya untuk belanja bahan makanan dapat menggunakannya untuk makan sehari. Dengan cara ini jauh lebih hemat.

Baca Juga : Tips Hemat Ala Mahasiswa agar Tidak Krisis di Akhir Bulan

4.     Memanfaatkan Waktu Luang untuk Mendapatkan Penghasilan

Sekarang ini sudah banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan melalui cara online. Manfaatkan waktu luang untuk mempelajari keahlian baru yang dapat memberikan penghasilan akan memberikan uang tambahan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu menambah anggaran bulanan.

Mengetahui bagaimana cara melakukan penghematan memang harus dilakukan oleh setiap anak kos yang hidup dengan biaya pas-pasan. Dengan cara hemat yang tepat tentu dapat mempertahankan kehidupan layak dan nyaman walau jauh dari orangtua.

Ayied Muhammad Riduan

Saya mengelola beberapa website/blog dengan berbagai niche yang terbuka untuk segala bentuk kerjasama. Kunjungi 𝗦𝗮𝘁𝘂𝗶𝗗𝗶𝗴𝗶𝘁𝗮𝗹.𝗶𝗱 atau di No Telepon/WA 𝟬𝟴𝟮𝟭𝟱𝟰𝟮𝟵𝟱𝟱𝟱𝟳 untuk detail informasi layanan jasa lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *