Awas, Berdiam Diri di Rumah Juga Bikin Boros!

0
6 Cara Mengerem Belanja Makeup Usai Gajian

Anda boleh saja mengaku-aku jika setiap libur atau pulang kerja Anda lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Tapi anehnya, pengeluaran bulanan Anda tetap saja besar. Bahkan Anda seakan tak punya uang lagi untuk digunakan sebagai tabungan.

Memang, sih, Anda jarang berpergian sehingga semestinya uang Anda tetap utuh karena tidak dihamburkan untuk beli bensin, kulineran, atau yang lain-lain selama di luar rumah.

Tapi tahukah Anda jika hal-hal berikut ini mungkin merupakan penyebab mengapa uang Anda cepat habis meski tak keluar rumah.

Belanja online

Oke, Anda berasalan lebih memilih belanja online karena tak harus mengeluarkan uang untuk ongkos taksi atau bensin ke mall. Tapi percaya, deh, window shopping di dunia maya sama saja dengan window shopping di mall – sama-sama bikin Anda tergoda.

Bahkan bisa jadi Anda akan lebih mudah tergiur saat melakukan shopping di dunia maya karena banyaknya barang yang ditawarkan. Cek kembali, bisa saja selama ini Anda terlalu asyik berbelanja online sehingga tak sadar jika keungan menipis akibat hobi Anda ini.

Tak berhenti menggunakan air

Kadang, saat Anda berlangganan air PAM, ada saatnya air tersebut tidak mengalir. Penyebabnya antara lain adanya kerusakan pada pipa milik PAM, ada sumbatan, atau memang jumlah debitnya dibatasi.

Akibatnya—karena Anda cemas akan kehabisan air—Anda tetap memasang keran air dalam keadaan menyala. Maksudnya jika nanti airnya menyala, bak mandi atau ember Anda akan langsung terisi.

Padahal cara tersebut justru membuat tagihan air Anda malah jadi boros. Jika bak Anda sudah penuh namun kerannya tetap menyala maka air akan terus mengucur. Sebaiknya nyalakan keran jika memang Anda ada di rumah dan matikan keran saat Anda akan meninggalkan rumah.

Menyalakan dan mematikan AC dalam durasi pendek

Dengan niat ingin menghemat listrik, Anda pun mematikan AC saat keluar kamar sebentar. Padahal sekitar 15 menit kemudian Anda akan kembali ke dalam kamar dan menyalakan AC kembali.

Daripada terus-menerus menyalakan dan mematikan AC, sebaiknya tentukan pilihan namun dengan durasi yang lama. Misalnya Anda akan mematikan AC, pastikan durasinya lebih dari 1 jam.

Pasalnya, saat menyalakan AC, listrik akan mengambil daya yang besar dan setelah beberapa waktu barulah dayanya akan berkurang. Begitu AC dinyalakan kembali, dayanya pun akan besar lagi.

Memiliki stok camilan

Boleh saja, kok, membeli barang secara grosiran, terutama jika nantinya memang Anda gunakan. Misalnya, daripada hanya membeli sabun mandi satu buah, Anda pun membelinya dalam jumlah banyak sebagai stok di rumah.

Tapi jangan berlakukan hal yang sama pada makanan, contohnya camilan. Saat Anda membeli dalam jumlah besar, Anda akan menyimpannya sebagian dan kadang simpanan ini dilupakan. Anda malah membelinya kembali saat berkunjung ke supermarket.

Mencuci berulang kali

Buat jadwal mencuci pakaian, misalnya setiap 2 kali dalam seminggu. Hindari mencuci pakaian setiap hari. Selain membuat air menjadi lebih boros, pakaian yang harus dicuci juga belum banyak, sehingga malah membuat sabun cuci Anda cepat habisnya.

Menggunakan seluruh fasilitas internet

Jika rumah Anda menggunakan wifi, matikan wifi portable dan mobile data Anda di ponsel. Biarkan ponsel menggunakan fasilitas wifi di rumah saja. Jika seluruh fasilitas data tetap Anda nyalakan, Anda bisa menghabiskan data dari tiga buah alat sekaligus yang membuat pengeluaran bulanan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *