6 Hal yang Harus diperhatikan dalam Ekspor Barang

Saat ini pengiriman melalui jasa ekspedisi bukan hanya berskala lokal atau nasional saja melainkan juga internasional. Mungkin Anda sudah familiar dan terbiasa melakukan pengiriman ke luar kota atau luar pulau, namun bagaimana dengan pengiriman ke luar negeri? Ya, dalam pengiriman ke luar negeri ini Anda bisa memanfaatkan jasa ekspor. Di tangan jasa kirim yang kredibel, paket kiriman Anda akan diantarkan ke tempat tujuan dengan aman.

Perhatikan ini Sebelum Ekspor Barang

Wajar jika sebelum ini terlintas di pikiran Anda kalau ekspor ke luar negeri itu susah. Namun kini Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena saat ini sudah banyak jasa kirim luar negeri terpercaya di Indonesia yang hadir sebagai solusi di dunia ekspor. Lalu hal-hal apa saja si yang harus diperhatikan dalam ekspor? Yuk simak 7 tipsnya di bawah ini!

1.     Mengenal Jenis Barang

Sebelum menyerahkan ke jasa kirim, Anda juga harus mengetahui secara detail jenis barang apa yang akan Anda kirim. Setiap jenis barang memiliki teknik pengemasan yang berbeda-beda. Seperti barang pecah belah yang harus dikemas menggunakan bubble wrap dan dilapisi dengan plastik lainnya agar tetap aman sampai tujuan.

2.     Menyesuaikan Volume Barang

Agar barang sampai dengan selamat di tujuan, Anda perlu menyesuaikan volume barang dengan ukuran barang. Ukuran kardus yang digunakan untuk packing juga harus sesuai dengan ukuran benda, tidak boleh terlalu kecil dan tidak boleh juga terlalu besar. Jika kardus untuk packing lebih besar daripada benda, Anda dapat menggunakan styrofoam untuk mengganjalnya agar tetap rapi.

3.     Pilih Jasa Kirim yang Tepat

Pemilihan jasa ekspor yang tepat sangat berpengaruh terhadap barang yang akan Anda kirim. Anda harus memilih jasa ekspor yang terpercaya. Bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan layanan jasa yang juga menyediakan kurir ekspor dengan harga murah tanpa biaya tambahan ke kurirnya. Tidak hanya murah, barang cepat sampai dan aman sampai tujuan.

4.     Double Packaging

Untuk memastikan barang Anda sampai dengan aman di tempat tujuan, sebaiknya Anda melakukan double packaging, yaitu mengemas lagi bagian terluarnya dengan rapi. Anda bisa menggunakan plastik, kardus, atau bahan lainnya yang sesuai dengan jenis dan ukuran barang Anda. Penggunaan double packaging bisa memastikan kerapian serta keamanan suatu barang.

5.     Pilih Jasa Kirim Terdekat

Setelah itu, memilih jasa pengiriman yang paling dekat dengan lokasi Anda juga disarankan agar kondisi barang Anda tetap rapi karena terhindar dari risiko-risiko kerusakan. Barang yang sudah di bawa ke berbagai tempat tanpa pengaman ekstra dapat merusak packagingnya. Terlebih kali ini paket Anda akan dikirim ke luar negeri sehingga memastikan packagingnya tetap terjaga adalah keharusan.

Bukan hanya itu saja, dengan memanfaatkan jasa kirim terdekat, Anda bisa lebih mudah untuk bertanya apabila ada hal-hal yang perlu Anda tahu terkait paket kiriman Anda.

6.     Konsultasikan Kepada Jasa Ekspor

Sebelum dikirim sebaiknya Anda konsultasikan dengan jasa kirim luar negeri mengenai ekspedisi apa yang sesuai untuk barang Anda agar kemasannya tetap terjaga. Nantinya akan dijelaskan mengenai ekspedisi apa saja yang ada berikut estimasi harga, waktu, dan ukuran.

Wah, ternyata banyak sekali ya hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengirim barang ke luar negeri. Salah satu yang terpenting adalah dalam memilih jasa ekspor yang berkualitas dan terpercaya.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *