4 Cara Membuat Blog dengan Niche Tertentu

Stereotipe membuat blog di kalangan orang awam pasti haruslah dikerjakan oleh orang yang paham dengan kode pemrograman. Namun, seiringnya berkembangnya teknologi, banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan sekalipun membuat blog sendiri. Berikut ada beberapa informasi mengenai cara membuat blog dengan niche tertentu agar blog Anda semakin terlihat berkualitas.

1. Menentukan Niche atau Topik

Sebelum Anda menulis atau membagikan pengalaman apapun itu di blog, ada baiknya Anda menentukan terlebih dahulu tentang niche. Adapun maksud dari niche adalah topik. Bisa juga dikatakan sebagai tema. Niche blog berarti gambaran besar mengenai isi blog. Jadi, blog yang Anda buat nantinya akan menceritakan mengenai hal apa? Bisa juga blog Anda fokus membagikan tulisan seperti apa atau genre yang bagaimana.

Penentuan topik seperti ini menjadi pondasi paling penting dalam pembuatan blog. Pasalnya, dengan adanya topik atau tema yang terarah dan jelas, akan memudahkan Anda sendiri dalam pengelolaan blog yang Anda buat.

Dengan begitu, Anda pun semakin tahu mengenai fokus dari tulisan Anda. Hal ini dikarenakan manusia dalam platform blog akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena, tentukan dan pastikan Anda telah memilih niche atau topik yang sesuai dengan hobi dan minat Anda.

Ada banyak sekali topik, tema ataupun niche blog yang bisa Anda pilih. Mulai dari topik jalan-jalan atau travelling, parenting atau kekeluargaan, kuliner, teknologi, olahraga, hiburan, musik, literasi, budaya, fashion baju, kecantikan, gadget, agama, berita, dan lain sebagainya. Topik atau tema tersebut masih bisa dibagi menjadi bagian atau kategori-kategori lainnya. Kategori-kategori inilah yang nantinya bisa Anda masukkan dalam sub heading dalam blog.

2. Menentukan Platform Blog

Cara membuat blog yang paling penting  adalah menentukan platform. Platform dalam hal ini bisa diartikan sebagai tempat atau media yang nantinya akan Anda gunakan untuk menuliskan atau menuangkan ide-ide kreatif. Selain itu, bisa juga digunakan untuk pengelolaan blog itu sendiri hingga pengoptimasian blog agar blog Anda semakin bagus dan menghasilkan.

Pada dasarnya ada banyak sekali media atau blog yang bisa digunakan. Ada yang harus menggunakan kode pemrograman secara rinci, ada juga yang instan. Namun, ada beberapa diantaranya yang paling banyak atau paling digemari untuk dipakai. Yaitu platform seperti WordPress dan Blogspot. Platform ini banyak dipilih dikarenakan lebih mudah, tidak terlalu banyak menggunakan kode-kode yang begitu rumit, banyak template yang tersedia sehingga hasil akhirnya berkualitas bagus.

Kedua platform tersebut sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya dari platform WordPress dan Blogspot.

● Kelebihan WordPress

1) Ramah dan Mudah

Platform ini terbilang cukup ramah dan mudah digunakan untuk pemula. Anda yang benar-benar baru pertama kali berkecimpung dalam dunia blogging, platform ini bisa Anda gunakan sekalipun Anda tidak perlu belajar banyak mengenai koding. Bagi yang Anda sudah advanced sekalipun, platform ini juga bisa Anda gunakan dan semakin mempermudah pekerjaan Anda.

2) Tema Beragam

Salah satu kelebihan lainnya yang paling disukai adalah adanya tema yang beragam. Ada yang berbayar ada pula yang gratis. Sekalipun ada yang gratis, hasil dari tampilannya pun tetap berkualitas layaknya tema yang berbayar. Dengan begitu, Anda pun bisa berkreasi sesuai selera Anda.

3) Banyak Plugin

Enaknya menggunakan platform ini adalah banyaknya plugin yang bisa mendukung blog semakin berkualitas. Misalnya saja Anda ingin mengoptimasi SEO, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO. Jika Anda ingin menambahkan tombol berbagi atau share dari media sosial, Anda bisa menggunakan plugin One Signal atau bisa juga menggunakan plugin dari WordPress itu sendiri. Apalagi bagi Anda yang menggunakan hosting tersendiri.

4) Komunitas yang Melahirkan Tutorial

Banyaknya pengguna baik itu pemula maupun yang sudah mahir sekalipun, membuat peminat dari platform ini semakin banyak. Hal inilah yang membuat semakin banyaknya komunitas pengguna. Selain itu, di samping banyaknya pengguna, membuat pengguna tersebut berbagi informasi ataupun tutorial mengenai pemakaian dari WordPress itu sendiri. Dengan begitu, semakin banyak pula pemula yang berminat untuk mengimplementasikan.

●  Kekurangan WordPress

1) Tidak Menerima Iklan Bisnis Google Adsense

Jika Anda mendengar dunia blogging, maka tidak akan asing lagi Anda akan mendengar mengenai penghasilan. Sudah umum bahwasannya blogging merupakan salah satu lahan berbisnis yang baik. Namun, kekurangan dari platform ini tidak bisa memasukkan kode dari Google Adsense yang harus dimasukkan ke dalam blog WordPress.

2) Keamanan Mengkhawatirkan

Salah satu implementasi dari penggunaan WordPress ini selain untuk blog, juga bisa digunakan untuk website. Adapun cara membuat website tidak jauh beda dengan cara membuat blog. Setidaknya sudah ada sekitar 30% website yang ada di seluruh dunia menggunakan platform ini. Namun, sayangnya keamanan dari platform ini sedikit mengkhawatirkan karena semakin banyaknya pengguna peluang bagi hacker semakin besar.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, hal ini bisa dicegah dengan cara meningkatkan keamanan dari web tersebut secara berkala. Salah satu cara mencegah dari serangan hacker adalah berhati-hati dalam memilih dan memakai plugin. Pastikan Anda memilih plugin yang tidak mengandung bug dengan melihat penilaian serta review dari plugin tersebut.

3) Banyak Plugin dari Pihak Ketiga

Seperti yang disinggung dalam poin sebelumnya. Kebanyakan serangan keamanan berasal dari plugin. Hal ini dikarenakan sebagian besar dari plugin dan juga template WordPress dibuat dari  pihak ketiga.

Jadi, tidak menutup kemungkinan bug itu ada. Oleh karena itu, sebelum memilih dan memasang apapun dari pengembang pihak ketiga, ada baiknya Anda membaca penjelasan, ulasan, maupun penilaian. Bila perlu bertanyalah pada komunitas WordPress.

● Kelebihan Blogspot

1) Terintegrasi  Layanan Google

Blogspot adalah platform dari salah satu produk Google. Platform yang satu ini juga cukup terkenal dan paling banyak digunakan untuk blogging. Apabila Anda membuat blog dengan topik tertentu Anda bisa mendapatkan layanan lainnya dari Google. Hal ini dikarenakan penggunaan blogspot bisa terintegrasi dengan layanan lainnya dari Google.

2) Ramah dan Mudah

Layaknya dengan platform sebelumnya, blogspot juga termasuk platform yang paling ramah dan mudah digunakan terutama untuk pemula. Praktis tinggal buka alamatnya Anda langsung bisa mengelola karya tulis Anda dengan cara klik post.

3) Bisa Didaftarkan di Google Adsense

Pengelolaan blogspot terbilang cukup lengkap dan mudah. Misalnya Anda ingin mengelola dan mengoptimasi mengenai SEO, kostumisasi tema, plugin bahkan mendapatkan penghasilan dari Google Adsense pun semuanya terbilang lengkap dan mudah.

● Kekurangan Blogspot

1) Edit Tampilan Sedikit Susah

Bagi pemula yang tidak paham atau tidak mengerti sama sekali mengenai kode pemrograman, sedikit mengalami kesulitan apabila ingin mengedit tampilan. Hal ini dikarenakan platform ini lebih banyak menggunakan bahasa HTML dan CSS. Selain itu tampilan dasbor adminnya juga terbilang masih terlihat sederhana.

2) Peraturan Ketat

Platform ini termasuk produk dari Google. Apabila ada isi konten yang tidak sesuai dengan peraturan dari Google, blog akan ditutup. Oleh karena itu, sebelum membuat isi konten, pelajari terlebih dahulu mengenai syarat, kebijakan dan aturan. Selain itu juga, tools yang ada pada platform ini terbilang kurang atau tidak selengkap dengan WordPress

3. Menentukan Domain

Apabila poin-poin sebelumnya telah dipenuhi, berikutnya Anda bisa menentukan domain. Domain di sini bisa diartikan sebagai alamat blog. Jadi, alamat ini nantinya yang akan mengarahkan pembaca menuju ke blog yang berisi konten yang telah Anda buat. Anda bisa memilih-memilih nama domain ini pada situs penyedia domain.

4. Memahami Platform

Langkah terakhir adalah tentu memahami dari segala fitur-fitur platform yang digunakan. Jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda juga harus memahami bagaimana cara mengoperasikannya sampai terperinci. Begitu juga dengan platform seperti Blogspot.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat blog dengan niche tertentu. Apabila Anda belum mengerti mengenai dunia blogging, Anda bisa langsung saja mencobanya. Anda bisa mencoba dengan versi yang gratis apabila Anda menghendaki yang murah.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *