Biaya Makan 3 Kali di Jakarta Rp 25 Ribu Saja, Mungkinkah?

Biaya Makan 3 Kali di Jakarta Rp 25 Ribu Saja, Mungkinkah?

Bloghemat – Jakarta menjadi salah satu kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Meski begitu, tuntutan untuk mengejar karier, pendidikan, dan berbagai kepentingan lainnya membuat banyak orang putar otak untuk dapat bertahan hidup di Jakarta dengan biaya semurah-murahnya.

Berikut ini trik hemat yang dapat Anda lakukan untuk memangkas anggaran makan. Terutama bagi para perantau, pekerja baru atau mahasiswa yang baru tinggal di Jakarta.

1. Sarapan

Meski dituntut untuk menekan anggaran, Anda tidak disarankan untuk melewatkan sarapan. Kegiatan harian ini sangat penting untuk meningkatkan fokus dan energi seharian. Melansir dari independent.co.uk, melewatkan sarapan dapat membuat Anda kurang fokus dan makan lebih banyak di jam makan siang Non4D.

Trik hemat yang dapat dilakukan saat sarapan adalah dengan membeli roti seharga Rp 5 ribu dan secangkir teh manis hangat seharga RP 3 ribu. Selain baik untuk keuangan, porsi yang pas mencegah Anda mengantuk karena kekenyangan.


2. Makan siang

Jika Anda berniat hemat, maka makan siang di warung nasi terdekat menjadi solusi tepat. Meski biasanya terletak sedikit jauh dari kantor atau kampus, namun makan di tempat sederhana ini dijamin worth it untuk dicoba.

Hanya dengan Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu, Anda sudah dapat makan nasi telur lengkap dengan sayur dan sambal. Selain itu, Anda juga dapat membawa air minum sendiri agar tidak perlu membeli air minum yang harganya mencapai Rp 5 ribu rupiah Nono4D.


Makan malam setengah harga

3. Makan malam

Setelah bekerja seharian, memanjakan diri untuk makan malam adalah hal yang perlu dilakukan. Anda dapat memilih berbagai makanan yang ada di pinggir jalan tetap dengan harga miring, mulai dari bakso, kwetiaw, dan nasi goreng.

Namun, jika menjumlahkan biaya makan pagi dan makan siang di atas mencapai angka Rp 16 ribu, Anda hanya memiliki sisa uang sebanyak Rp 9 ribu untuk mencapai target awal yaitu Rp 25 ribu. Sisa uang tersebut dapat tidak akan cukup untuk membayar makanan Anda. Sebab itu Anda bisa mengakalinya dengan memesan porsi setengah.

Untuk melakukan ketiga trik di atas memang membutuhkan mental, sebab harus mampu menahan rasa gengsi atau sedikit lapar, karena mengurangi bujet jajan. Namun, jika dihitung-hitung secara dalam satu periode tertentu seperti bulanan, maka trik di atas dapat memangkas banyak pengeluaran yang mungkin Anda lakukan. Berminat untuk mencoba?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *