Tips Hemat Ongkos ke Bandara Soekarno Hatta Naik Transjakarta, Hanya Rp3,5 Ribu Sekali Jalan

Tips Hemat Ongkos ke Bandara Soekarno Hatta Naik Transjakarta, Hanya Rp3,5 Ribu Sekali Jalan

Blog Hemat – Biaya transportasi termasuk salah satu pengeluaran terbesar saat traveling. Untuk menghemat ongkos, Anda harus pintar-pintar mencari celah. Salah satu tips dibagikan seorang TikToker, yakni menggunakan bus Transjakarta untuk sampai di Bandara Soekarno Hatta. Rute menggunakan bus berbiaya hanya Rp3.500 sekali jalan itu dibocorkan oleh seorang pejalan di TikTok.

“Kamu tahu nggak, sekarang bis lho dari Sudirman ke Bandara Soekarno Hatta hanya Rp3.500,” ungkapnya di awal video yang diunggah oleh akun @muhammadezrap pada Kamis, 1 Februari 2024.

Pertama, rutenya adalah melalui Halte Sudirman – Monas Koridor 1, lalu transit ke Halte Kalideres Koridor 3, menuju Terminal Kalideres. Dari terminal tersebut, Anda akan transit ke Bandara Soekarno Hatta Koridor SH 1.

Bus Transjakarta tersebut nantinya akan berhenti di Stasiun Bandara, penumpang bisa menyambung ke terminal 1, 2 maupun 3 dengan menggunakan Kalayang secara gratis. “Dan akhirnya kita sampai di bandara, kira-kira kita pergi ke mana lagi nih?” ucapnya di akhir video Nono4D.

Bocoran yang dibagikannya itu tidak berlaku bagi Anda yang sedang terburu-buru. Pasalnya, waktu perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta menggunakan bus Transjakarta memakan waktu antara 1–2 jam dari pusat kota. Apalagi, perjalanan tidak bisa diprediksi, tergantung waktu menunggu dan kondisi lalu lintas.

Selain itu, perkirakan juga waktu keberangkatan pesawat, karena ada banyak pemeriksaan yang harus dijalani penumpang sebelum boarding. Perlu diingat juga jika menggunakan koper, pilihan naik bus Transjakarta rasanya lebih merepotkan karena harus naik turun bus. Opsi ini lebih cocok untuk Anda yang bepergian dengan ransel.


Reaksi Warganet

Video yang disukai oleh lebih dari 1.619 pengguna TikTok itu pun mendapat beragam tanggapan. Di antaranya juga ada yang menginformasikan ulang tentang rute tersebut bahwa hanya tersedia pada jam kerja.

“Seinget gua SH1 aktifnya pas jam berangkat sama pulang kantor doang. Soalnya ini buat bantu karyawan yang kerja di perkantoran SHIA,” sebut warganet.

“Udah paling bener naik KA bandara,” sambung yang lain.

“Naik Busway Subuh cuma Rp2 ribu, gua sering naik jam 5 dari Pinang Ranti, 7.30-08.00 dah di bandara, lumayan duit Damri/taksi bisa buat jajan,” beber yang lain Nono4D.

Warganet lain membocorkan tentang rute tersebut, “Bus Kalideres Bandara masih terbatas.”

“Berapa jam itu bro, kok kayaknya dari terang sampe gelap.. jangan-jangan pesawatnya udah sampe tujuan kita baru sampe bandara,” tanya yang lain.

Selain ke Bandara, naik bus TransJakarta ternyata juga bisa menghemat ongkos bepergian ke PIK 2. Pantai Indah Kapuk (PIK) kini jadi salah satu alternatif wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya saat akhir pekan.


Hemat ke PIK 2 dengan Bus Transjakarta

Menurut sejumlah unggahan di media sosial, pantai pasir putih di PIK jadi salah satu daya tariknya. Kendati berdaya tarik menarik, akses untuk mencapai PIK tidak begitu gampang tanpa kendaraan pribadi. Namun, seorang warga membagikan cara menuju PIK menggunakan bus Transjakarta, sehingga ongkosnya tak terlalu mahal.

“Tutorial ke pantai pasir putih di PIK 2, tepatnya ke Land’s End, naik transportasi umum,” ungkap pemilik akun TikTok @yourtravelhack, pada 7 Januari 2023.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, perjalanan tersebut dimulai dari Halte Transjakarta Balai Kota dengan naik bus 1A rute Balai Kota-Pantai Maju. Jika tidak terlalu yakin, ia menyarankan untuk bertanya lebih dulu ke petugas sebelum menaiki bus Nono4D.

Kali itu, ia memulai perjalanan di hari Minggu dengan waktu tempuh kira-kira 1,5 jam. Ia turun di perhentian bus Food Street, kemudian melanjutkan perjalanan dengan taksi online dengan tujuan Land’s End. Biayanya untuk taksi online sekitar Rp24 ribu.


Mengurangi Biaya Transportasi

Selain Land’s End, menurutnya, Anda bisa juga turun hingga di perhentian terakhir, yaitu Pantai Maju dan lanjut ke Shuttle PIK 2. Adapun untuk pulang, ia menggunakan taksi online dengan titik jemput di lobi Land’s End, tujuannya ke Fresh Market PIK. Dari sana, perjalanan dilanjutkan menggunakan bus Transjakarta lagi.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa cara tersebut dapat menghemat pengeluaran taksi online untuk menuju kawasan pasir putih di PIK 2. Terlihat pada video yang ia unggah, sekilas tampak ada menara mercusuar yang bisa jadi latar berfoto.

Ketika cuaca sedang bagus, terik matahari akan mempercantik pemandangan langit biru yang melengkapi bidikan lensa kamera. Unggahan itu pun mendapat tanggapan warganet, di antaranya memberi petunjuk jika berangkat dari halte Transjakarta lainnya Agen Bo Togel.

“Aku dari Duri ke PIK, PIK ke Duri juga sama naik shuttle bus 15 aja ni kak. Dari Aloha PIK 2 ke Fresh Market naik Damri free,” kata seorang pengguna TikTok menambahkan alternatif rute untuk mencapai PIK 2.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *