6 Alasan Mengapa Mengatur Keuangan Itu Penting Serta Tipsnya


Kalau mendengar kata uang, banyak orang yang berbondong-bondong dan rela bekerja sekeras mungkin demi mendapatkan hal ini. Pasti sih, soalnya kita hidup membutuhkan uang, uang ini sudah berperan penting dalam kehidupan manusia. Nggak punya uang yang cukup itu merupakan salah satu hal terseram, ya nggak sih guys? Bayangin aja kalau kamu gak punya uang, pasti segala aktivitas terhambat, bahkan kamu sampe gak bisa memenuhi kebutuhan primer, loh. Nah, pernah juga nggak sih kamu udah bekerja sekeras mungkin, tapi kok uang yang kamu dapatkan itu cepet habis ya?

Sekeras apapun kamu berusaha untuk mengumpulkan uang, kalau kamu nggak ngerti caranya buat mengatur keuangan, bisa dibilang itu cukup percuma, guys. Jadi, perlu banget untuk memahami dengan baik caranya mengatur uang, nih. Mau dari generasi boomers sampai milenial, semuanya harus bisa mengatur uang dong!

 

Tips Mengatur Keuangan

 

Menabung

Nah, cara pertama untuk mengelola keuangan pastinya adalah coba untuk menabung uang yang diperoleh dengan membuat aturan tersendiri. Salah satu tips penting buat nabung itu, make sure kamu tau berapa banyak nilai uang yang dimiliki, kebutuhan dan keinginan kamu apa aja, intinya kamu udah harus aware sama keuangan kamu sendiri. Setelah itu, sistem menabung bisa sesuai preferensi kamu, kok! Gak usah ikutan orang lain karena kebutuhan semua orang itu beda.

Buat kamu mungkin yang pengen dapet inspirasi cara menabung, Exabytes merekomendasikan cara yang gampang, nih! Kalian bisa pertimbangkan untuk menggunakan aturan 50/20/30 untuk menabung. Aturan 50/20/30 menyatakan bahwa lima puluh persen dari penghasilan kamu bisa digunakan untuk keperluan pokok seperti uang sewa rumah dan makanan, dua puluh persen bisa ditabung, dan tiga puluh persen digunakan untuk pengeluaran pribadi, seperti hiburan. Tapi, balik lagi ke kebutuhan ya, guys! Bisa juga kalian buat angka sendiri kok, menabung itu nggak ada salah dan benar!

Catat Keuangan

Pernah kan habis gajian, kok tiba-tiba uangnya habis ya? Perasaan nggak beli banyak deh? Kalo udah kaya gini, pusing deh. Nah, jadi satu cara biar hemat dan juga irit, coba deh selalu catat pengeluaran kamu. Nggak cuma pengeluaran sih, pemasukan juga harus dicatat. Udah banyak kok aplikasi sekarang yang bisa bantu kamu untuk mencatat keuangan kamu.

Dengan cara ini, kamu bisa track keuangan, nggak kaget lagi uangnya keluar kemana karena ada data lengkapnya! Selain itu, kamu juga bisa liat pemasukan kamu seberapa besar apabila dibandingin sama pengeluarannya. Jadi, bisa gak kalap lagi nih!

Ikut Asuransi

Ikut asuransi pun bisa menjadi sarana yang tepat sebagai bentuk pengelolaan keuangan, loh. Udah banyak asuransi yang tersedia, mulai dari kesehatan, pendidikan sampai asuransi pensiun. Dengan asuransi ini, berarti kita udah mempersiapkan keuangan nih, jika suatu waktu ada terjadi hal yang darurat dan tidak diinginkan karena dana darurat saja belum tentu cukup, guys.

Dengan adanya asuransi yang terjamin, kita nggak perlu lagi khawatir berlebih kalau ada situasi yang tiba-tiba! Secara nggak langsung juga kita udah menyiapkan masa depan yang lebih baik dengan asuransi!

Hindari Hutang

Yuk, biasakan diri untuk nggak menghutang. Bayar hutang kamu setiap bulannya, jangan biarin menumpuk. Jika mungkin, hindari hutang in the first place, jadi nggak perlu deh kebanyakan mikirin hutang yang nggak ada habisnya! Dengan cara ini, kamu juga bisa meminimalisir risiko, loh!

Buat Planning

Seperti alasan yang tadi disebutkan diatas, manusia pasti punya tujuan dalam hidupnya. Dengan menuliskan dan mencatat apa yang kamu mau, ini bakalan mendorong rasa semangat buat menabung dan menghemat nih. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjangnya, ya! Hal ini bisa memotivasi kamu untuk terus menabung, loh karena ada sesuatu yang ingin dicapai.

Pikir Ulang

Ketika kamu ingin melakukan pembelian besar, pikirkan dulu secara matang-matang. Catat apa itu dan berapa biayanya, dan tentukan waktunya, seperti contoh jangka waktunya seminggu dan dalam seminggu kamu masih merasa perlu, belilah.

LINK TERKAIT :

 

NANA4D

ROKOKBET

FOR4D

OKEWLA

SHIOWLA


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *