17 Usaha Sampingan untuk Mahasiswa yang Menjanjikan

Di samping tugasnya untuk belajar demi masa depan, tak ada salahnya bagi mahasiswa untuk mencoba berwirausaha. Kuliah sambil bekerja dapat dilakukan untuk merintis karir ke depan sejak usia muda. Pelatihan kemandirian dan manajemen waktu juga akan tercapai melalui usaha sampingan untuk mahasiswa di bawah ini.

1. Reseller

Usaha Sampingan Menjadi Reseller

Menjadi reseller adalah pilihan tepat untukmu yang masih menjadi mahasiswa. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena bisa dilakukan dengan santai, tapi cukup menjanjikan. Kamu bisa memasarkan aneka produk dari suatu grosir atau produsen kepada konsumen. Awalnya, kamu tawarkan kepada keluarga, teman, sahabat, tetangga, dan relasimu yang lain.

Apabila ingin lebih besar lagi, kamu dapat memasarkannya via online di media sosial, aplikasi chatting, dan website. Kamu juga dapat memasarkannya di salah satu toko online. Semakin beragam produknya, kemungkinan peminatnya semakin banyak. Keuntungannya akan lebih menjanjikan.

Bahkan, bisnis ini tanpa modal sekalipun karena kamu menerima pesanan dan uangnya terlebih dahulu, baru kemudian membeli dan mengirimkan barangnya. Untuk ongkos kirimnya, pembeli sudah menanggungnya.

2. Fotografer dan Videografer

Usaha Sampingan Menjadi Fotografer dan Videografer

Untukmu yang hobi di bidang fotografi atau videografi, sangat penting untuk mencoba membuka jasa fotografi dan videografi. Kedua layanan jasa ini sangat dicari dan pasti banyak peminatnya terlebih pada zaman modern ini. Kamu dapat membuka bisnis untuk mahasiswa pemula secara pribadi ataupun bergabung dalam suatu studio foto.

Mengenai peluang, kedua jenis jasa ini sangat dibutuhkan dalam berbagai acara dan momen. Mulai dari ulang tahun, wisuda, pre-wedding, hingga wedding, dan berbagai acara lainnya, tentu memerlukan dokumentasi, sehingga menjadi tumpukan peluang untukmu. Jadi, asah terus kemampuanmu, ya.

3. Graphic Designer

Usaha Sampingan Menjadi Graphic Designer

Setiap orang pasti mempunyai kemampuannya masing-masing. mahasiswa yang hobi dan mampu mendesain, bersiaplah untuk membuka jasa desain grafis. Kamu bisa menjadi graphic designer untuk memperoleh penghasilan dan berlatih bisnis sejak muda.

Usaha sampingan untuk mahasiswa yang berbasis hobi dan kemampuan ini tentu sangat menarik, bukan? Karya dari desain grafis ini sangat diminati karena dapat digunakan untuk berbagai hal. Tidak hanya dibuat untuk logo, namun juga untuk e-book, kaos, souvenir, gambar wajah, kemasan produk, dan lain sebagainya.

4. Guru Les Privat

Menjadi guru les privat juga banyak ditempuh para mahasiswa untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah uang saku. Kamu pun dapat mencobanya dengan membuka jasa les sendiri ataupun bergabung di suatu bimbingan belajar atau lembaga kursus. Pilihlah mata pelajaran atau jenis kursus yang sesuai dengan bidang yang ditekuni atau keahlian yang dimiliki.

5. Pemandu Wisata

Kamu pasti sudah familiar dengan istilah pemandu wisata atau tour guide. Jenis pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa. Kamu dapat bergabung di lembaga pengelola suatu tempat wisata dan mulai melakukan pekerjaan yang pastinya menyenangkan ini.

Untukmu yang fasih berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, tentu kesempatan semakin besar karena dapat menjadi pemandu wisata untuk turis asing. Jadi, manfaatkan keahlianmu yang pandai berbahasa, berkomunikasi, dan tentunya senang travelling.

6. Penerjemah

Di era modern ini, jasa penerjemah semakin dicari karena sangat berguna dalam pemahaman literasi berbahasa asing, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Karenanya, pekerjaan ini menjadi peluang besar. Para mahasiswa sangat berkesempatan mencoba merintis karir sebagai penerjemah.

Kamu bisa bergabung sebagai pekerja freelance atau lepas di suatu agensi ataupun membuka jasa secara pribadi. Pekerjaan sebagai penerjemah freelance ini sangat fleksibel karena dapat dikerjakan di manapun, asalkan selesai tepat waktu sesuai deadline yang diberikan.

7. Penulis Konten

Selain penerjemah, tawaran pekerjaan sampingan lainnya yang direkomendasikan untuk mahasiswa adalah penulis konten. Penulisan konten ini sangat dibutuhkan untuk pemasaran online ataupun sebagai media informasi digital.

Sebagai mahasiswa, tentunya kesempatanmu sangat besar karena sudah terbiasa untuk mengulas suatu topik. Kamu dapat bergabung dalam suatu agensi ataupun membuka jasa penulisan konten secara pribadi. Jika pribadi, maka harus mempunyai banyak relasi agar pendapatannya optimal.

8. Makeup Artist

Jenis pekerjaan berikutnya ini bisa dijadikan bisnis rumahan untuk mahasiswa. Untukmu yang gemar mengoleksi makeup sampai membuat tutorial makeup, jenis pekerjaan ini sangat cocok. Kamu dapat membuka jasa makeup artist dan segera mempromosikannya. Kamu dapat mempublikasikan tutorial makeup sendiri ataupun merias orang lain.

Cobalah untuk mulai merias keluarga atau teman untuk menjadi modelmu. Dengan demikian, orang lain akan mengetahui dan menilai bagaimana tingkat kualitas makeup-mu. Buatlah poster dan beli peralatan makeup yang berkualitas. Dengan cara tersebut, bisnis ini dapat menambah keterampilanmu, menambah pundi-pundi uang, dan menjadi langkah awal di masa depan.

9. Penyanyi

Kamu yang pandai bernyanyi juga dapat melamar pekerjaan menjadi penyanyi di sebuah kafe atau agensi musik. Dengan demikian, kamu berkesempatan menjadi penyanyi di kafe ataupun menjadi penyanyi umum di berbagai acara, misalnya perayaan ulang tahun, pertunangan, pernikahan, pesta perpisahan, hingga launching suatu produk atau karya.

10. MC

Menjadi MC adalah suatu kesempatan bagi mahasiswa yang pandai dalam hal public speaking. Pekerjaan ini bisa menjadi sambilan saat kuliah dan menjadi ajang menjalin relasi. Kamu juga berkesempatan menghadiri berbagai event menarik sebagai MC dan bertemu dengan orang hebat. Selain menambah pundi-pundi uang, tentunya relasi dan pengetahuanmu semakin bertambah.

11. Motivator

Apakah kamu pandai memotivasi orang lain? Berbicara itu mudah, namun berbicara sesuatu yang menggugah dan menginspirasi orang lain tentu tidak mudah. Jika kamu mempunyai keahlian ini, maka hendaknya mencoba menjadi motivator. Peluangnya sangat besar karena banyak pihak membutuhkan motivator untuk membangkitkan semangatnya kembali.

12. Pet Grooming

Saat ini, pet grooming semakin digandrungi karena mempunyai segmen tersendiri yaitu para pecinta binatang. Contoh bisnis kreatif mahasiswa ini bisa kamu coba. Masyarakat modern yang mempunyai binatang peliharaan di rumah akan menjadi konsumen dari jasa ini. Waktu luangmu sebagai mahasiswa dapat diisi dengan bekerja di tempat pet grooming ini.

13. Jasa Titip

Pasti kamu pernah mendengar istilah jastip atau jasa titip. Pekerjaan sampingan semacam ini ternyata cukup menjanjikan, lho. Pekerjaan ini sedang tren dan banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Jadi, kamu pun sangat boleh mencobanya. Kamu dapat menawarkan jasa titip ini kepada teman-teman, dosen, dan teman kos untuk produk makanan atau kerajinan khas daerahmu.

14. Jasa Sablon

Jasa sablon kaos, topi, tas, dan berbagai jenis jaket, kini banyak dikelola oleh mahasiswa. Mereka secara bersama-sama membentuk grup untuk mendirikan jasa ini. Jika kamu punya bakat desain grafis atau mempunyai banyak relasi, maka cobalah untuk bergabung di sebuah kelompok usaha tersebut. Bisnis ini cukup menjanjikan karena banyak pihak yang menginginkan produk unik.

15. Bisnis Kuliner

Berbisnis memang sesuatu yang menantang. Bukan saja soal hasilnya yang tinggi bila berhasil. Tantangannya juga sangat besar dalam mengelolanya sampai sukses dan berkelanjutan. Kuliner adalah bisnis menjanjikan di kalangan mahasiswa. Kamu dapat memulainya dari sekarang untuk menjual menu yang unik. Promosikan kepada keluarga, teman, dosen, tetangga, dan relasi lain.

Baca Juga : 6 Jenis Kerja Sampingan Online yang Mudah Tapi Menghasilkan Uang Banyak

16. Bisnis Jasa Travel

Apakah kamu suka traveling? Bagaimana jika mulai mengembangkan usaha traveling bersama teman atau join ke agensi tour dan travel? Tentu peluangnya sangat besar. Kamu dapat bekerja sebagai pemandu perjalanan, jasa jual tiket, ataupun menyewakan kendaraan.

17. Bisnis Jual Barang Bekas

Bisnis unik berikutnya adalah bisnis jual barang bekas yang tergolong menjanjikan. Meskipun banyak diremehkan orang, ternyata bisnis ini dapat menjadi pundi-pundi uang yang cukup besar. Menarik, bukan?

Kamu dapat menjual barang bekas asli, misalnya produk second hand yang masih berkualitas. Lebih dari itu, produk hasil daur ulang barang bekas ataupun barang bekas yang dialihfungsikan juga dapat dipasarkan. Tentu saja semua ada nilai jualnya apabila berfungsi baik dan berkualitas.

Berbagai jenis usaha sampingan untuk mahasiswa tersebut sangat membantu keuangan. Lebih dari itu, kamu dapat merintis karir sekaligus menjalin relasi berkat usaha sampingan tersebut. Jadi, jangan sia-siakan usia mudamu. Selagi muda, tetaplah menuntut ilmu dengan prestasi yang membanggakan sekaligus mulai memikirkan masa depan dengan mencoba usaha sampingan.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557