8 Tips Berhemat Yang Cerdas Dan Mudah Dilakukan Siapa Saja

Seberapa mahir kamu dalam mengatur keuangan? Jika masih sering merasa panik diakhir bulan karena gaji sudah habis, itu artinya managemen keuangan kamu perlu diperbaiki. Sebagai seorang pegawai yang memiliki gaji tetap setiap bulan, kamu seharusnya patut bersyukur karena hal ini justru memudahkan kamu dalam mengatur pengeluaran setiap bulannya, berbeda dengan mereka yang mungkin setiap bulan mendapatkan penghasilan tidak tetap seperti misalnya pekerja lepas atau freelancer.

Jika saat ini kamu mulai terpikirkan bagaimana caranya untuk lebih bijak dalam mengatur pengeluaran, Kamu bisa mulai dengan beberapa cara atau tips berhemat yang cerdas dan mudah dilakukan, dengan begitu kamu bisa lebih menekan biaya pengeluaran tiap bulan.

1. Buat Daftar Pengeluaran Wajib
Setiap bulannya, kamu pasti punya pengeluaran wajib yang tidak bisa ditunda misalnya bayar kontrakan, tagihan listrik, PDAM, pulsa, uang belanja kebutuhan pokok dan lainnya. Buatlah daftar pengeluaran wajib ini dan tempelkan pada tempat yang selalu mudah terlihat oleh kamu, misalnya meja kerja, lalu perkirakan pembayaran setiap tagihan tersebut dan sesuaikan dengan gaji atau pendapatan. Sebisa mungkin untuk tidak memiliki tagihan yang lebih besar dari gaji yang didapat.

2. Hindari Terlalu Sering Makan Di Luar
Salah satu kebiasaan yang membuat pengeluaran jadi lebih besar adalah terlalu sering makan di luar. Padahal kebiasaan ini bisa dirubah untuk dapat menerapkan hidup hemat. Coba hitung berapa biaya makan di warung setiap harinya? Total kamu makan di warung, mungkin saja bisa cukup membeli kebutuhan makan seperti beras, sayur dan lauk selama seminggu. Jadi, jika ingin mencoba tips berhemat yang cerdas dan mudah dilakukan, mulailah dengan mengganti kebiasaan makan diluar dengan memasak sendiri di rumah, selain lebih hemat pastinya lebih bersih, sehat, higienis dan terjaga.

3. Bawa Bekal
Kamu mungkin saja sering memilih makan siang diluar saat jam istirahat kantor. Well, tidak masalah jika dilakukan sesekali, namun jika terlalu sering tentu akan membuat gaji kamu cepat habis. Solusi mudah yang bisa dilakukan untuk dapat menekan pengeluaran adalah dengan membawa bekal saat ke kantor. Ini juga bisa jadi lanjutan dari penerapan tips berhemat yang cerdas dan mudah dilakukan sebelumnya. Ya, ketika kamu memutuskan untuk memasak sendiri, maka otomatis kamu bisa membawa masakan tersebut menjadi bekal untuk makan siang di kantor. Praktis dan hemat pastinya!

4. Gunakan Transportasi Umum
Menggunakan kendaraan pribadi memang nyaman, tapi bisa jadi lebih boros ketimbang menggunakan angkutan umum. Jika memungkinkan, tidak ada salahnya memakai transportasi umum yang lebih murah dan terjangkau ketimbang harus menggunakan kendaraan pribadi yang banyak memerlukan ongkos minyak.

5. Manfaatkan Promo & Diskon
Saat harus berbelanja aneka kebutuhan makanan dan keperluan lainnya, kamu bisa memanfaatkan promo atau diskon yang biasanya diadakan pada saat weekend atau pada hari-hari spesial. Promo seperti ini memang kerap dilakukan oleh supermarket besar.

6. Pikir Sebelum Membeli
Ada masanya kamu mungkin tergoda ingin membeli suatu barang, terlebih jika saat memiliki banyak uang. Biasanya hasrat belanja bisa jadi muncul seketika. Jangan terburu-buru membeli, pikirkan terlebih dahulu apakah barang yang ingin dibeli memang diperlukan dan sangat berguna nantinya atau hanya sekedar untuk memuaskan keinginan kamu untuk memilikinya?

7. Hindari Ke Pusat Perbelanjaan Jika Tidak Perlu
Untuk menghindari kelalaian dalam mengeluarkan uang untuk suatu hal yang diluar anggaran, sebaiknya jauhi segala macam pusat perbelanjaan jika memang tidak perlu. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang mudah tergoda membeli barang.

8. Menabunglah
Upayakan untuk memiliki tabungan, jika memang ada sisa dari gaji yang didapat, akan lebih bijak jika menyimpannya sebagai bentuk tabungan. Ini untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Mau menabung secara manual ataupun di bank tidak masalah, selama aman dan kamu bisa konsisten menabung, hal ini tentu akan sangat baik sekali dan berguna bagi diri sendiri.

8 tips berhemat cerdas ini mudah di lakukan kan? Tidak alasan lagi jika kamu ingin berhemat namun tetap tidak hemat.

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *