6 Cara Hidup Hemat Ala Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga memang merupakan sebuah tugas yang berat. Tidak hanya mengerjakan berbagai pekerjaan di rumah yang tidak ada habisnya, menjadi ibu rumah tangga juga harus pintar mengolah keuangan keluarga agar dapur tetap mengepul dan semua kebutuhan terpenuhi. Berikut 6 cara hidup hemat ala ibu rumah tangga yang patut kamu coba.

1. Mengambil Uang Gaji secara Tunai
Walaupun gaji selalu dibayarkan tepat waktu ke rekening, ada baiknya kamu langsung menarik tunai agar lebih mudah untuk dikelola. Biasanya, akan lebih sulit untuk mengontrol dan melacak pengeluaran yang dilakukan secara debit.

Maka dari itu, kamu bisa menarik tunai semua gajimu, kemudian bagi ke dalam berbagai amplop yang terpisah. Amplop ini biasa disebut dengan money organizer, yang bisa kamu jadikan tempat untuk menyimpan uang secara terpisah sesuai dengan kebutuhan seperti transportasi, pulsa, atau bayar kost.

2. Membuat Target Sesuai Isi Tabungan
Untuk pengeluaran dalam jumlah besar di masa yang akan datang, seperti liburan atau renovasi rumah, ada baiknya kamu memecah target menabung ke dalam jumlah kecil yang harus dipenuhi setiap minggunya.
Misalnya, jika kamu menargetkan biaya renovasi sebesar dua juta rupiah, maka kamu bisa menargetkan untuk menabung setidaknya 200 ribu rupiah setiap minggu agar uang bisa terkumpul dalam waktu 10 minggu. Dengan begitu, menabung pun menjadi tidak terasa berat dan terus bisa dilanjutkan untuk target keperluan lain.

3. Simpan Uang Recehan
Uang receh atau uang koin biasanya terbuang atau buru-buru kamu belanjakan karena membuat dompet terasa berat. Padahal, uang recehan tersebut merupakan harta karun yang patut disayangi. Ada baiknya kamu menabung uang recehan yang kamu terima setelah berbelanja ke celengan di rumah, dan kamu akan takjub dengan hasil tabungan yang terkumpul nanti.

4. Tidak Pernah Lelah Membandingkan Harga
Sebelum kamu membeli barang atau mengeluarkan uang, ada baiknya kamu meluangkan waktu untuk terlebih dahulu membandingkan harga barang dari semua merek yang ditawarkan di pasaran. Hal ini bertujuan untuk melihat pilihan mana yang akan memberikan harga dan juga nilai terbaik.

Contohnya, daripada setiap hari kita membeli makan siang di luar, kamu bisa membawa bekal selama 3 hari dalam seminggu saja, ternyata bisa menghemat gaji lebih banyak. Kamu juga bisa pindah nongkrong dari kedai kopi ternama, ke kedai kopi lokal untuk menghemat pengeluaran.

Baca Juga :

5. Membuat Daftar Belanja
Tanpa kita sadari, salah satu hal yang paling sering membuat kita boros adalah pergi ke supermarket tanpa membuat daftar belanja. Nah, salah satu cara hidup hemat ibu rumah tangga yang patut kamu lakukan adalah membuat daftar belanja sebelum mengunjungi supermarket untuk berbelanja.

Sesampainya di supermarket, langsung ambil barang-barang kebutuhan yang sesuai dengan list kebutuhan yang telah disiapkan sebelumnya. Hindari berkeliling supermarket terlalu lama karena kamu akan menjadi lebih mudah tergiur dengan diskon, promo, hingga membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan.

6. Kurangi Penggunaan Kartu Kredit
Kartu kredit merupakan salah satu alat penunjang gaya hidup hedonis. Karena berbelanja menjadi lebih mudah, tinggal menggesek kartu, kadang membuat kita terlupa bahwa uang yang kita miliki tidak sebanyak yang dikira. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan kartu kredit saat berbelanja.

Nah, itu dia ulasan mengenai 6 cara hidup hemat ibu rumah tangga yang bisa kamu coba. Tidak perlu menjadi ibu rumah tangga untuk melakukan tips-tips di atas, kamu yang masih bekerja dan single pun bisa juga menerapkan berbagai cara di atas agar lebih hemat. Jadi, bagaimana? Siap untuk hidup hemat ala ibu rumah tangga?

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557