6 Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Benar Agar Tidak Boros

Ada sebagian orang yang lebih senang menggunakan kartu kredit ketika melakukan pembayaran ketimbang pakai uang cash. Ya, penggunaan kartu kredit saat ini memang sudah menjadi hal yang umum ditengah masyarakat khususnya perkotaan. Memakai kartu kredit untuk berbelanja, sah-sah saja asalkan bijak dan tidak sampai over limit dalam menggunakannya. Terkadang, saking asiknya belanja dan terus menggesek kartu kredit, sampai tidak sadar jika tagihan melebihi batas. Sebenarnya tidak mejadi masalah dengan tagihan kartu kredit yang besar, asalkan memang sanggup membayarnya, yang jadi masalah jika pendapatan atau gaji kamu tidak sebanding dengan tagihan, tentu ini jadi masalah besar. Agar tidak kebablasan dalam menggunakan kartu kredit, simak beberapa tips menggunakan kartu kredit yang benar berikut ini!

6 Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Benar Agar Tidak Boros

1. Cukup 1 atau 2 Kartu Kredit Saja
Untuk memuaskan hasrat belanja, kamu mungkin saja bisa membuat beberapa macam kartu kredit. Namun, sebaiknya jangan lakukan hal ini jika hanya memberatkan kamu dikemudian hari. Jika memang harus memiliki kartu kredit, cukupkan dengan 1 atau 2 kartu kredit saja. Pembatasan jumlah kartu kredit ini perlu dilakukan untuk mencegah pemborosan dan membengkaknya tagihan.

2. Pilih Batas Limit Terkecil
Setiap jenis kartu kredit biasanya memberikan pilihan limit, jangan kalap dan tergoda untuk langsung memilih limit terbesar. Cobalah untuk memilih limit terkecil lebih dahulu atau pilih yang menurut kamu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu membayar. Jangan sampai dengan adanya kartu kredit yang berlimit besar menjadikan kamu lebih boros dan susah mengatur keuangan.

3. Siapkan Dana Saat Mendekati Tempo
Catat dan ingat selalu tanggal berapa kamu harus membayar tagihan kartu kredit. Usahakan untuk menyediakan dana khusus bayar tagihan sebelum jatuh tempo. Ini salah satu konsekuensi yang harus kamu terima sebagai seorang pengguna kartu kredit. Jika kamu tipe orang pelupa, tidak ada salahnya mencatat atau memasang reminder di ponsel setiap kali mendekati tanggal bayar tagihan. Dengan begitu, kamu tidak perlu panik!

4. Cek Tagihan
Tidak ada salahnya melakukan cek tagihan setiap kali ingin membayar. Periksa secara cermat dan teliti apakah rincian tagihan yang kamu bayar memang sesuai dengan aktifitas kamu berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Jika memang sesuai, tentu tidak masalah! Namun, jika dirasa tidak pas atau ada yang janggal, kamu bisa segera mengkonfirmasinya pada pihak penerbit kartu kredit.

5. Manfaatkan Reward
Salah satu kelebihan dari menggunakan kartu kredit adalah adanya point reward yang biasanya didapatkan setiap kali kartu kredit digunakan. Poin ini nantinya akan terakumulasi dan pada jumlah tertentu, bisa ditukarkan pada produk pilihan seperti barang, voucher dan lainnya. Jika kamu aktif menggunakan kartu kredit, bisa jadi point reward kamu juga banyak. Manfaatkan point reward ini dengan cara menukarkannya, siapa tahu kamu bisa dapat barang menarik.

6. Tetap Bawa Uang Cash
Untuk mencegah penggunaan kartu kredit over limit, sebaiknya bawa serta uang cash kemanapun kamu pergi. Jika hanya mengandalkan kartu kredit saja, hal ini sangat memungkinkan terjadinya tagihan yang besar. Selain itu, dengan membawa uang cash, kamu jadi lebih mudah dalam berbelanja dimanapun karena tidak semua penjual atau orang mau menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Itu tadi 6 tips menggunakan kartu kredit yang benar, bagi kamu yang masih pemula menggunakan kartu kredit, bisa langsung dicoba. Semoga berhasil dan bermanfaat!

Ayied Muhammad Riduan

Advertorial Blogger Banua - Saya memiliki beragam blog/website yang siap menerima Placement, Blogpost, Review Produk dan lainnya. Jika berminat bekerjasama dengan saya bisa menghubungi saya melalui email ayiedmr@gmail.com dan WA 082154295557